39 shares

Pembagian masker dan penyemprotan disinfektan

 

Pramuka (praja muda karana) ialah sebuah kawah candimuka pembentukan karakter generasi milenial indonesia yng berlandaskan pancasila.integrasi gerakan pramuka kedalam pendidikan formal didasari atas pentingnya generasi milenial untuk mewarisi,melanjutkan perjuangan, dan merawat bangsa yang telah diperjuangkan oleh para pendahulunya.dimasa pandemi sepert ini kita sebagai anak pramuka apalagi kita mempunyai 3 janji dan 10 bakti pramuka. Seperti isi Tri Satya yang ketiga yaitu menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat. Serta isi dari dasa dharma yang kedua dan kelima yaitu cinta alam dan kasih sayang  sesama manusia, rela menolong dan tabah.

 

Saka Wirakartika adalah sebuah wadah untuk menyalurkan minat dan bakat pramuka penegak dan pandega dalam luang lingkup kemiliteran darat (TNI AD). Dalam masa pandemi seperti ini kita sebagai pramuka sekaligus anggota Saka Wirakartika kita ikut berpartisipasi dalam menanggulangi Covid-19 ini. Sejak awal Maret sampai saat ini bulan November semua kegiatan kita terhalang oleh pandemi, meskipun seperti itu tidak berarti kita tetap diam dan berpangku tangan. Kita sebagai penggerak pramuka di satuan karya Saka Wirakartika harusnya mampu berinovasi untuk kegiatan-kegiatan baru di era pandemi. Seperti halnya kita melakukan melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang covid 19, penyemprotan serta bagi-bagi masker.

Guna untuk meminimalkan angka persebaran covid-19 yang ada di Indonesia khususnya Jawa Timur dan untuk Kabupaten Tuban. Inovasi-inovasi baru untuk kegiatan yang semula dilakukan tatap muka dan kini harus dilakukan secara Daring atau online, maka kita sebagai pemuda yang bernaungan di suatu organisasi harus memutar pemikiran dan menciptkan inovasi baru untuk jalannya kegiatan yang menarik dan tetap diminati kaum muda pada umumnya.

 

Namun pada masa pandemi Covid-19 ini hal yang pertama yang kita lakukan adalah pencegahan. Maksudnya pencegahan akan segala penyebab yang memungkinkan bisa menjadikan terpaparnya covid-19. Seperti di tempat umum, fasilitas umum, dan tepat yang sering dikunjungi masyarakat.

Maka anggota saka wirakartika pada hari Minggu, tanggal 8 November 2020 bertempat di Desa Bulu Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban,  berinovasi kegiatan untuk pembagian masker dan penyemprotan disinfektan wabah virus Covid-19. Pembagian masker dilakukan di jalan desa bulu dan diperuntukkan untuk pengguna jalan yang tidak membawa masker. Dengan jumlah 1.000 masker. Penyemprotan disinfektan juga dimaksimalkan di sepanjang jalan Desa Bulu, fasilitas umum, dan rumah warga.

Kegiatan pembagian masker dan penyemprotan disinfektan adalah hal yang utama dan paling utama untuk mencegahnya wabah covid-19. Dengan padatnya penduduk yang ada di desa Bulu maka saka wira kartika melakukan dengan tujuan pencegahan pertama terhadap wabah corona virus. Kegiatan ini diikuti seluruh anggota saka wirakartika koramil Bancar, dan di dampingi anggota TNI AD koramil 11/12 Bancar.

Dengan adanya pembagian masker dan penyemprotan disinfektan ini, dapat membantu mencegahnya penyebaran wabah virus corona yang ada di Tuban dengan angka penyebaran yang cukup tinggi. (Rokhmah, Firda Ainur, 2020)

 


Like it? Share with your friends!

39 shares
Firda Ainur

Novice

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Meme
Upload your own images to make custom memes
Gif
GIF format
Send this to a friend