39 shares

 

Bakti sosial atau lebih dikenal sebagai baksos merupakan salah satu kegiatan wujud dari rasa kemanusiaan antara sesama manusia. Bakti sosial antar warga yang dilakukan oleh anggota Pramuka adalah untuk mewujudkan rasa   cinta kasih, rasa saling menolong, rasa saling  peduli anggota pramuka kepada masyarakat luas yang sedang membutuhkan uluran tangan mereka.

Bakti sosial memiliki tujuan untuk  memberi motivasi kepada masyarakat tentang pentingnya ilmu pengetahuan, sebagai sarana mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan, dan dapat mempererat hubungan kekeluargaan dan sikap empati dilingkungan masyarakat. Rasa empati dibutuhkan untuk membangun hubungan sosial dengan orang lain.

Empati adalah kemampuan untuk memahami apa yang dirasakan orang lain, melihat dari sudut pandang orang tersebut, dan juga membayangkan diri sendiri berada pada posisi antara sesama manusia. Dengan empati, kita akan mampu memahami apa yang dipikirkan dan dirasakan orang lain. Dengan sikap empati yang tinggi kita dapat membangun hubungan sosial, kita dapat terlatih dalam memberikan respons yang tepat dalam segala situasi  sosial. Kemudian sikap empati bisa mengatur emosi diri sendiri. Dan sikap empati dapat melatih prilaku tolong menolong.

Kegiatan bakti sosial tidak hanya dengan membagikan bantuan secara material tetapi bisa juga dengan melakukan kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan. Seperti yang dilakukan oleh Saka Wira Kartika kec. Bancar  dan Saka Wira Kartika kec. Jatirogo dapat menjadi contoh bahwa anggota pramuka itu sangat peduli terhadap lingkungan. Sesuai dengan dasa dharma pramuka bunyi kedua yaki “cinta alam dan kasih sayang sesama manusia”.  Melalui kegiatan baksos bersih bersih pantai yang dilakukan pada tanggal 9 Februari 2020  oleh para anggota Pramuka (Wira Kartika kec. Bancar dan Saka Wira Kartika kec. Jatirogo) ini telah memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar, lingkungan kembali bersih sehingga ekosistem alam tidak terganggu oleh sampah sampah yang berserakan. Tak hanya melakukan kegiatan bersih bersih saja baksos gabungan dari 2 saka wirakartika ini juga memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar pantai tentang pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat.

Penting sekali dilakukanya baksos lingkungan. Kita bisa membentuk status norma saling percaya untuk melakukan kerjasama dalam menangani permasalahan yang menjadi kepentingan bersama dengan menerapkan pengetahuan yang telah dipelajari dalam organisasi kepramukaan kita bisa menerapkannya secara langsung kepada masyarakat.

Kegiatan baksos lingkungan ini juga sangat erat kaitanya dengan sikap gotog royong. Gotong royong memiliki arti bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan. Gotong royong merupakan budaya yang telah tumbuh dan berkembang dallam kehidupan sosial masyarakat indonesia yang majemuk. Sekaligus ada sebagai warisan budaya yang telah lama menjadi kebiasaan secara turun temurun. Gotong royong itu sendiri memiliki manfaat untuk mempercepat pekerjaan supaya cepat selesai, meringankan pekerjaan dan memupuk toleransi antar sesama ditengah keberagaman masyarakat.

Dalam kegiatan ini  para anggota pramuka juga dibentuk karakternya untuk lebih berani menyampaikan informasi kepada masyarakat, selain itu para anggota pramuka juga bisa mengaplikasikan sikap kepemimpinanya dalam bermasyarakat sehingga para anggota pramuka siap terjun langsung dalam tatanan bermasyarakat.

Banyak sekali manfaat yang diperoleh dengan adanya kegiatan baksos. Manfaat bakti sosial lingkungan untuk masyarakat yakni diharapkan masyarakat memiliki kemampuan mengupayakan peningkatan kualitas kesehatan dan pendidikan khususnya di desanya sendiri yang kedua masyarakat akan mendapatkan pelayanan melalui berbagai rangkaian kegiatan baksos yang menunjang peningkatan kualitas kesehatan,kebersihan lingkungan dan  pendidikan.

Yang kedua manfaat yang didapat oleh anggota Pramuka atau penggerak bakti sosial yakni para anggota Pramuka mampu mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang didapat untuk kepentingan masyarakat secara langsung.  Sebagai  sarana pendidikan dan pelatihan non formal bagi anggota pramuka dengan terjun langsung ke masyarakat.

Dengan melakukan hal seperti diatas kita dapat mewujudkan bakti nyata kita dilingkungan masyarakat dengan mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar.

Nama:irsyad jauhari

Saka wirakartika kodim 0811

 


Like it? Share with your friends!

39 shares
Bang Raz

Novice

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Meme
Upload your own images to make custom memes
Gif
GIF format
Send this to a friend