Aksi Bakti Masyarakat oleh Saka Kencana Kota Blitar

3 min


           Gerakan pramuka mendidik dan membina pemuda Indonesia khususnya pemuda yang aktif dalam kegiatan pramuka. Pramuka tidak hanya aktif di gugus depan saja, tetapi anggota pramuka juga bisa aktif berkegiatan di Satuan Karya atau yang biasa disebut Saka. Pendidikan pramuka sangat memiliki banyak tujuan, seperti agar mereka menjadi manusia berkepribadian, bertakwa, dan berbudi pekerti luhur sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

Salah satu janji pramuka (Tri Satya)  yang berbunyi “Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri/ikut serta membangun masyarakat.” Dari salah satu janji tersebut, dapat diimplementasikan dengan kegiatan bakti masyarakat. Bakti masyarakat sendiri mempunyai arti mengerjakan sesuatu secraa sukarela tanpa adanya paksaan, serta tidak mengharapkan sebuah imbalan dari apa yang telah ia kerjakan.

            Sebagai makhluk sosial yang tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri, kita sebagai bagian dari anggota pramuka, kita berusaha menyesuaikan diri dengan masyarakat di lingkungan kita hidup, seperti hidup berdampingan tanpa adanya perseteruan, saling tolong menolong, saling membantu ketika ada yang terkena musibah, dan lain sebagainya. Dengan begitu akan terbentuk kehidupan masyarakat yang harmonis.

            Dalam unggahan akun resmi instagramnya, Dewan Keja Daerah (DKD) Jawa Timur menyampaikan bahwa kegiatan Peran Saka Jatim 2020 diselenggarakan pada 23 Novemer 2020 sampai 29 November 2020. “Pandemi Covid 19 memang belum berakhir, namun semangat bergiat tidak boleh padam. Menjawab persoalan giat dimasa pandemi, kegiatan Peran Saka akan hadir sebagai ajang pertemuan anggota Saka Tingkat Daerah dengan konsep yang menarik,” tulis DKD Jatim pada postingan instagramnya.

            Peran Saka merupakan kegiatan pramuka penegak dan pramuka pandega yang menjadi anggota Satuan Karya Pramuka (Saka), berbentuk perkemahan besar, yang diselenggarakan oleh kwartir gerakan pramuka. Namun, karena keadaan sedang pandemi covid 19 ini, kegiatan Peran Saka Daerah dilakukan secara virtual melalui aplikasi online zoom dan streaming youtube. Pada tahun 2020 ini, Peran Saka Daerah Jawa Timur mengambil tema ‘Create a Superior Generation for Indonesia’.

            Dewan Kerja Daerah (DKD) Jawa Timur sebagai Pimpinan Satuan Karya yang bertugas memberi bimbingan organisatoris dan teknis kepada Satuan Karya ang bersangkutan ini, mengemas kegiatan Peran Saka Jatim 2020 menjadi kegiatan dengan konsep yang menarik. Terdapat banyak kegiatan ang diselenggarakan dalam Peran Saka Jatim tahun 2020 ini, seperti kegiatan webinar Satuan Karya Pramuka, pendalaman krida dari setiap saka, gelar aksi Satuan Karya, pengenalan Satuan Karya, aksi bakti masyarakat, kewirausahaan, dan giat persahabatan.

            Saka Kencana Kota Blitar berada di bawah tanggung jawab Dinas  Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kota Blitar yang beralamat di Jl. DR. Sutomo No.50, Sananwetan, Kec. Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur 66137.

Saka Kencana Kota Blitar ikut berpartisipasi dalam Peran Saka Jatim 2020. Salah satunya yaitu aksi bakti masyarakat di lingkungan masyarakat. Anggota dari Saka Kencana Kota Blitar yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 5 anak. Pada hari Kamis, 26 November 2020, kelima anggota saka yang tergabung dalam kegiatan Peran Saka, melakukan aksi bakti masyarakat dengan tujuan ikut berpartisipasi mensukseskan kegiatan Peran Saka Jatim 2020.

            Kelima anggota Saka Kencana ini, memilih aksi bakti masyarakat berupa aksi bagi masker, membantu orang, dan membersihkan lingkungan. Kegiatan aksi bagi masker ini dilakukan di Istana Gebang dan PIPP Kota Blitar. Pembagian masker ini diutamakan kepada warga di lingkungan Kota Blitar dan pengunjung ziarah Makam Bung Karno yang tidak memakai masker. Tidak hanya membagikan masker saja, tetapi anggota Saka Kencana Kota Blitar juga mengingatkan kepada warga di Kota Blitar, untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah guna mengurangi penyebaran covid 19 ini.

            Kegiatan membantu orang lain juga dilaksanakan di dalam PIPP. Anggota Saka Kencana di sini sangat tanggap ketika melihat ada pengunjung ziarah Makam Bung Karno yang terlihat kesusahan dalam membawa barang atau buah tangan untu keluarga di rumah mereka. Raut wajah senang terlihat dari wajah Bapak dan Ibu yang dibantu oleh anggota Saka Kencana ini. Ucapan terima kasih terlontar dari bibir beliau. Bapak dan Ibu tersebut juga mendoakan semoga anggota Saka Kencana dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan Saka Kencana dapat terus berkembang.

            Aksi ketiga, anggota Saka Kencana membersihkan dedaunan yang berjatuhan di aspal PIPP. Kegiatan ini bertujuan membersihkan lingkungan Kota Blitar (PIPP) agar terlihat lebih rapi dan enak ketika dipandang. Dengan adanya kegiatan membersihkan lingkungan di PIPP ini, akan membawa banyak manfaat, khususnya penjual di PIPP dan pengunjung Makam Bung Karno. Anggota Saka Kencana Kota Blitar juga mengingatkan kepada penjual yang ada di PIPP dan pengunjung ziarah Makam Bung Karno untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Bila lingkungan bersih, suasana menjadi nyaman, udara segar, dan pemandangan enak untuk dilihat.   

 ***

biodata penulis :

Nama : Alfina Nurul ‘Izzah

TTL : Blitar. 22 Mei 2003

Instagram : @alfinanurizz22

FB : Alfina Nurul Izzah

 

 


guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals