Aksi Bakti Pramuka Ke Masyarakat

2 min


Nama : Gusti Bhaskara Agung Putra Pratama
Kwarcab : Kabupaten Malang (Kepanjen)
Satuan Karya : Saka Bahari (001)

Hadapi Covid-19, Pramuka Saka Bahari Lanal Malang Tak Lelah Bergerak untuk Kemanusiaan

Kondisi pandemi Covid-19 memaksa berbagai perubahan dalam berbagai agenda dan tak kunjung berakhir.Jika biasanya dipusatkan di tengah lapangan, kali ini dilaksanakan dirumah masing-masing. Tetapi, dalam masa pandemi Covid-19 ini, banyak mengundang rasa kepedulian dari sejumlah elemen. Tak kecuali Pramuka Saka Bahari Lanal Malang yang terus bergerak dalam penanganan virus asal Wuhan, China tersebut.

Hal ini terungkap dalam siaran Live Instagram Paspotmar Lanal Malang sekaligus Pinsaka Lanal Malang Mayor Laut (T) Heru Setiawan, bersama ketua Kwarcab Kota dan Kabupaten Malang mengungkapan bahwa peran Pramuka Saka Bahari dalam menangani Covid-19 sangatlah besar. Mayor Heru menyampaikan, anggota Pramuka Saka Bahari Lanal Malang wajib menjaga keutuhan bangsa dan negara berdasarkan Dasadharma pramuka untuk mejaga keutuhan Republik Indonesia.

Dan juga menurut Dewan Kehormatan Saka Bahari Lanal Malang Briter Ovandika Kurniawan, sejak awal penyebaran Covid-19 saka bahari sudah berperan aktif menekan penyebarannya dengan bersinergi menekankan protocol kesehatan, Kami juga membagikan masker kepada masyarakat, harapannya semoga masyarakat bisa mematuhi protokol  kesehatan, sehingga pandemi Covid-19 segara usai dan masyarakat terhindar dari Covid-19.

Meski sekarang Indonesia masih diselimuti wabah pandemi, lanjut dia, semangat setiap insan pramuka tetap harus terjaga. Menurutnya, selama pandemi korona, pramuka saka bahari Lanal Malang turun secara langsung untuk memberi bantuan sosial. Sebagai salah satu wujud nyata kepedulian Satuan Karya Pramuka BAHARI Lanal Malang, melalui Bidang Pengabdian Masyarakat dan Penggulangan Bencana wabah COVID-19, SAKA BAHARI melaksanakan kegiatan bakti masyarakat membagikan masker disekitar wilayah Lanal Malang

Dewan kehormatan saka bahari Briter Ovandika Kurniawan menjelaskan bahwa aksi berupa pembagian masker ini guna mendapat respect yang baik terhadap masyarakat

Terpantau sejak siang hingga malam, Pramuka secara bergantian berjaga didepan gereja kristus raja di jln. Kota raja Tj. Karang. “Untuk besok Selasa, kami membantu kelancaran lalu lintas di Gereja Katedral Teluk Betung” jelas Lia melalui pesan Whatsapp.

Karya Bakti ini merupakan program rutin bidang Abdimasgana Kwarda untuk membantu pengamanan dan kelancaran masyarakat yang merayakan hari besar agama.

Saat ini juga Pramuka Peduli bahu membahu membantu masyarakat yang terdampak bencana tsunami selat sunda. “Ini semua bukti nyata kepedulian Pramuka” pungkasnya. (Pusinfoda)

Briter Ovandika Kurniawan selaku dewan kehormatan Saka Bahari Lanal Malang juga mengajak pramuka Saka Bahari seluruhnya untuk saling menjaga hidup. “Siapapun anggota pramuka saka bahari, yang lama atau yang baru, yang terdaftar atau tidak terdaftar, ketika dia berani pakai baju pramuka serta pakai hasduk merah putih, maka dia harus dan wajib menerapkan nilai dasa dharma pramuka,” pungkasnya.

Dikatakan, awalnya mereka membagikan masker yang saat itu sulit diperoleh. Kalau pun ada,harganya terhitung mahal. Upaya mereka tak berhenti. Kini Pramuka Saka Bahari Lanal Malangsudah membuat program Lumbung Kemanusiaan. Melalui program tersebut pihaknya bergerak membantu masyarakat yang terdampak.

“Kami punya beberapa anggota Saka Bahari Lanal Malang yang tersebar dari beberapa kwarcab Kabupaten dan Kota. Mereka yang akan memantau langsung di lapangan, dan memberikan laporan kondisi masyarakat,” paparnya.

Pramuka Saka Bahari Lanal Malang, kata Briter, bantuan social ini akan berlangsung hingga masa pandemi Covid-19 berakhir. “Tidak hanya sampai hari ini sampai akhir tahun. Bagaimana dengan tahun depan, ya kita mulai lagi,” tegasnya.

Paspotmar Lanal Malang Mayor Heru beserta Ketua Kwarcab Kabupaten dan Kota Malang mengapresiasi kegiatan bansos pramuka Saka Bahari Lanal Malang, dan daerah lain di Jawa Timur. Mereka tak lelah bergerak melakukan kegiatan kemanusiaan. “Saya mengapresiasi apa yang telah dilakukan Pramuka Saka Bahari Lanal Malang yang peduli dalam melawan Covid-19, dan membantu sesama,” tuturnya.

“Sejak terjadinya wabah covid-19 yang telah melanda Indonesia, gerakan pramuka khususnya Saka Bahari Lanal Malang selalu tanggap dan mengambil bagian dalam upaya penanggulangannya,” sambungnya.

Hal ini, menurut Ketua Kwarcab Kabupaten dan Kota bersama Mayor Heru, menunjukkan betapa pramuka khususnya Saka Bahari Lanal Malang ini berusaha menepati janjinya, yang antara lain mengatakan Demi Kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku terhadap tuhan dan negara kesatuan republlk indonesia. Pihaknya berkomitmen agar pramuka menjadi organisasi yang dapat lebih diperhatikan

“Pramuka memiliki potensi yang sangat bermanfaat apabila dapat dimaksimalkan pimpinan saka nya. Karenanya, bantuan pemerintah dan semua pihak sangat diharapkan, agar gerakan pramuka dapat semakin berkembang untuk menjadi bagian penting, dalam mewujudkan negara kesatuan republik indonesia yang adil dan sejahtera berdasarkan pancasila dan UUD 1945,” pungkasnya

. Ia berpesan bahwa pramuka memang sudah seharusnya memiliki rasa tenggang rasa, terutama di saat pandemi kali ini. Pramuka dituntut kreatif dan inovatif dalam menyikapi kondisi yang dihadapi.

“Kita harus bergotong-royong tenggang rasa saling membantu. Tapi untuk kegiatan harus tetap mengikuti protokol kesehatan. Jaga jarak, pakai masker, dan cuci tangan,

 


Gusti SkeJo

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals