“Aksi Peduli Rakyat”

 

 

Kata “Pramuka” merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang memiliki arti rakyat muda yang suka berkarya. Bapak pramuka dunia bernama Lord Baden Powel of Gilwell sedangkan bapak pramuka indonesia bernam Sultan Hamengku Bowono IX. Di Indonesia sendiri pramuka sudah sah di peringati setiap tanggal 14 agustus. Biasanya kegiatan untuk memperingati pramuka pada tanggal 14 agustus masih hanya berupa upacara saja. Padahal kegiatan di pramuka sudah cukup banyak aksi dan kreas. Seharusnya bisa diadakan kegiatan lebih setelah upacara. Selain itu pramuka tidak hanya berkreasi di dalam suatu instansi saja tetapi sudah bisa sampai ke lur negeri dan bertemu lebih banyak teman disana. Yang nantinya diharapkan setelah mengikuti kegiatam di luar negeri, siswa bisa menyebarkan semua informasi yang di dapat ke cabang masing-masing.

 

Di kalangan masyarakat beberapa masih ada yang beranggapan bahwa pramuka kegiatanya hanya menginap, kemah, dan belajar hal-hal yang berkaitan dengan survival di alam bebas saja, bahkan dalam acara yang pesertanya adalah orang-orang kantoran saja mereka menanggap acara pramuka ya itu itu saja. Padahal jika kalian masuk kedalam pramuka dan menyelami lebih dalam disana. Kalian akan menjumpai banyak hal baru dan teman dari sifat dan watak yang berbeda. Pramuka memiliki 4 golongan yaitu siaga, penggalang, penegak, dan pandega.

 

Setiap daerah memiliki program dan alur kegiatan yang berbed-beda tetapi masih dalam 1 jalan salah satunya di daerah perkotaan yang padat akan penduduk. Biasanya dalam 2 atau 3 bulan sekali ada salah satu cabang pramuka yang pada bulan itu berkeliling kota mencari para orang yang sekiranya membutuhkan atau kekurangan dalam perekonomianya, seperti tukang becak, tunawisma, sampai dengan juru parkir. Anak” Pramuka berkeliling pada sore hari sekitar jam 3 atau setelah asyar dengan membawa 60 bungkus nasi kotak yang akan dibagikan. Kami membawa makanan itu dengan menggunakan mobil pik up dari salah satu anggota kami dan uang yang terkumpul untuk beli makanan adalah hasil dari kami mengumpulkan setidaknya 2rb rupiah setiap kali mengadakan kumpul.

 

Sayangnya tidak semua pramuka dari berbagai cabang melakukan aksi peduli rakyat. Terutama pramuka yang berada di instansi sekolah. Sudah sangat banyak orang yang mengikuti kegiatan pramuka. Bayangkan saja jika semua orang-orang yang terlbat dalam pramuka dalam beberapa bulan sekali melakukan aksi peduli rakyat bersama. Hanya dalam beberapa kali aksi saja pasti sudah viral di media sosial dan pastinya tidak butuh waktu yang lama pramuka akan diminati dan di ancungi bagus di kalangan masyarakat.


Like it? Share with your friends!

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Meme
Upload your own images to make custom memes
Gif
GIF format
Send this to a friend