APEL HBS AKSI PRAMUKA PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT

4 min


APEL HBS

AKSI PRAMUKA PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT

SAKA KENCANA KWATIR

CABANG BONDOWOSO

2020

Pada hari kamis, tanggal 19 November 2020. Anggota Saka Kencana mengadakan APEL HBS atau ( AKSI PRAMUKA PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT ). Yang dimulai pada jam 07.00 pagi.

Kegiatan aksi pramuka peduli lingkungan melalui perilaku hidup bersih dan sehat, di buka oleh PIN SAKA dan PAMONG SAKA KENCANA. Yang dimana pin saka dan pamong saka kencana memberi pengarahan kepada anggota saka kencana untuk menjaga diri agar tetap selalu sehat, dan selalu mematuhi protokol kesehatan serta memberikan semangat walaupun disaat masa covid-19 ini. Aksi pramuka peduli lingkungan melalui perilaku hidup bersih dan sehat ini di lakukan di wilayah Bondowoso Jalan Curahdami 1249. Yang dimana kegiatan ini menumbuhkan cinta alam dan kasih sayang sesama manusia serta untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitar kita.

Aksi pramuka peduli lingkungan melalui perilaku hidup bersih dan sehat merupakan langkah kecil untuk sebuah impian yang besar yakni masyarakat yang sadar akan kebersihan dan perilaku hidup sehat. Bukan hanya Pramuka, namun dibutuhkan peran serta seluruh element masyarakat, ormas dan tokoh agama untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat. Perilaku ini berkarakter dapat muncul berkembang, dan menguat pada diri kita, apabila dimulai dari pentingnya hidup sehat dan menjaga lingkungan. Sehingga kita bisa merasakan, dan memiliki sikap positif terhadap lingkungan sekitar kita, baik didalam keluarga ataupun dimasyarakat sehingga terbiasa melakukannya. Sampah-sampah yang berserakan hampir disepanjang taman magenda, jalan dan sudut pertokoan. wilayah badean menjadi Pekerjaan bersama, karena

hingga saat ini banyak masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan serta belum tersedianya Tempat Pembuangan Sampah yang cukup banyak. Aksi pramuka peduli lingkungan melalui perilaku hidup bersih dan sehat merupakan salah satu implementasi penanaman pendidikan karakter kepada generasi muda tentang pentingnya hidup bersih dan sehat serta cinta lingkungan. Sikap positif yang harus kita sebar luaskan kepada masyarakat untuk terus menjaga kebersihan, keindahan, dan kerindangan sebagai Pola Hidup yang Bersih dan Sehat (PHBS) agar terus dilakukan. Aksi pramuka peduli lingkungan melalui perilaku hidup bersih dan sehat merupakan bentuk perwujudan orientasi hidup sehat dalam perorangan, keluarga, masyarakat,yang bertujuan untuk meningkatkan, memelihara, dan melindungi kesehatannya baik secara fisik, mental, spiritual, ataupun sosial dan semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggota keluarganya mampu menolong diri sendiri di bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat. Aksi pramuka peduli lingkungan melalui perilaku hidup bersih dan sehat ada beberapa penerapan manfaat yaitu: di sekolah menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat sehingga dapat mendukung kelancaran proses belajar mengajar, di tempat kerja mendukung kesehatan pekerjaan sehingga menciptakan lingkungan kerja yang positif dan produktif, kalau dikeluarga, rumah tangga atau tempat tinggal liainnya bisa tumbuh dan berkembang dengan sehat serta meningkatkan kesejahteraan, sedangkan dimasyarakat meminimalisir penyebaran penyakit dan mengoptimalkan pemanfaatan Ada beberapa cara dari aksi pramuka peduli lingkungan melalui perilaku hidup bersih dan sehat yaitu:

 Rajin cuci tangan pakai sabun ( CTPS ) dengan benar,

 Menggunakan air bersih ,

 Makan dengan gizi yang seimbang dan sehat,

 Rajin berolahraga dan istirahat yang cukup,

 Jaga kebersihan lingkungan,

 Tidak merokok,

 Minum air mineral 8 gelas/hari,

 Makan makanan yang dimasak dengan sempurna dan jangan makan daging dari hewan yang berpotensi menularkan,

 Jika demam dan sesak nafas, segera ke fasilitas kesehatan ,

 Gunakan masker bila batuk atau tutup mulut dengan lengan atas bagian dalam,

 Gunakan masker jika hendak keluar rumah atau beraktifitas di lingkungan,

 Gunakan hand sanitizer dan,

 Membuang sampah pada tempatnya.

Dengan meningkatkan kesehatan diri sendiri dan keluarga, dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan dapat mengurangi risiko terkena penyakit.

Setelah membersihkan Taman Magenda dari sampah-sampah yang berserakan kami para anggota saka kencana melanjutkan dengan penyemprotan antiseptik dan desinfektan.

Kenapa kita melakukan penyemprotan antiseptik dan desinfektan? karena untuk mencegah penularan Covid-19. Apa sih covid-19 itu?

Covid-19, merupakan penyakit yang disebabkan oleh jenis virus corona yang menyerang ke sistem pernapasan. Virus corona sebenarnya pertama kali diidentifikasi pada tahun 1960-an. Umumnya virus ini ditemukan pada hewan dengan spesies yang berbeda-beda seperti unta, sapi, kucing, dan kalelawar. Namun yang terjadi saat ini merupakan jenis baru dari virus corona yaitu Covid-19. Penyakit ini telah mencapai kriteria epidemiologis yang sekarang disebut dengan pandemi yang mendunia karena telah berhasil menginfeksi lebih dari 100.000 orang dari 100 negara.

Banyak orang berpikir bahwa penularan Covid-19 masih bisa dihindari hanya dengan menjauhkan diri dari penderita saja, padahal penyakit ini dapat menyebar melalui partikel-partikel yang menempel pada barang-barang disekitarnya. Virus dapat ditularkan dari 1 hingga 2 meter melalui batuk atau bersin. Cara transmisi virus yang lain adalah melalui kontak tangan, ataupun lingkungan yang terkena virus seperti gagang pintu, meja dan kursi. Sanitasi yang dapat dilakukan salah satunya adalah mencuci tangan dan biasakanlah gunakan hand sanitizer setiap selesai memegang benda apapun itu.

Salah satu cara untuk mencegah penularan dan penyebarannya adalah dengan senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan dapat dilakukan dengan cara menggunakan antiseptik dan desinfektan. Antiseptik merupakan zat yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan mikroorganisme tanpa harus membunuh mikroorganisme tersebut di jaringan hidup. Antiseptik biasanya mengandung alkohol, chlorhexidine, dan anilides. Sedangkan Desinfektan merupakan zat yang dapat membunuh patogen di lingkungan. Desinfektan biasanya mengandung glutaraldehid dan formaldehid.Penggunaan zat-zat tersebut sebelumnya lebih menjadi tanggung jawab tenaga medis, namun untuk sekarang penggunaan zat-zat tersebut dapat digunakan, tidak hanya di rumah sakit, namun di rumah pun akan sering digunakan.

Maka dari itu kami para anggota saka kencana sangat memperhatikan akan hidup bersih dan sehat. Dengan adanya Aksi pramuka peduli lingkungan melalui perilaku hidup bersih dan sehat, kita bisa menjaga kebersihan baik itu lingkungan keluarga atau lingkungan masyarakat serta menjaga diri dari adanya virus-virus yang tidak di inginkan misalnya seperti covid-19 yang saat ini sangat meluas akan penyebaran virusnya. Adanya aksi pramuka peduli lingkungan melalui perilaku hidup bersih dan sehat sehingga masyarakat merasa kagum atas kegiatan yang dilakukan oleh para pelajar anggota saka kencana, karena masih mempunyai semangat untuk selalu cinta lingkungan, sehingga dengan semua yang dilakukan itu, masyarakat sangat senang sekali, karena anggota saka kencana ternyata mempunyai rasa cinta tanah air terhadap bangsa ini sangat tinggi , terbukti dengan membersihkan lingkungan dan menjaga agar tidak terjadi pencemaran lingkungan terutama pada saat sekarang ini covid-19.

Demikian artikel ini saya buat, Perlu disadari bahwa dalam penyusunan artikel ini masih jauh dari kesempurnaan. Disamping itu artikel ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi masyarakat untuk selalu esktra menjaga diri, agar lingkungan kita terhindar dari penyakit dan terhindar dari lingkungan yang kurang bersih. Sebab itu saran dan kritik sangat diharapkan demi perbaikan dan penyempurnaan artikel ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semua.

Daftar Pustaka

 https://kemsos.go.id/Infografis/topic/1783

 UK Government, department of health and Social Care, Coronavirus action. [Diakses Maret 2020]. Tersedia online :https://www.gov.uk.government/publication/coronavirus-action-plan

 Lachenmeir. Antiseptics and Disinfectans . Side Effects of Drugs Annual, Volume 38 2016. ISSN: 0378-6080

 Arif Sumantri. Lakukan Desinfektan Secara Aman. [Diakses April 2020]Tersedia online https://bnpb.go.id/berita/lakukan-disinfeksi-atasi-covid-19-secara-amanperhatikan-beberapa-prosedur

 Killito. Disinfectans to Combat Coronavirus.[Diakses April 2020] Tersedia online: https://www.kiilto.com/en/newsroom/news/disinfectants-combat-coronavirus/

 Medical Guideline [Diakses April 2020]. Tesedia online : https://medicalguidelines.msf.org/viewport/EssDr/english/antiseptics-anddisinfectants-16688206.html

BIODATA

Nama : HINDI NABELLA NOVITASARI

Tempat/Tgl lahir : Bondowoso,26 November 2003

Jenis Kelamin : Perempuan

Agama : Islam

Anak ke : 2

Alamat : Jln. Abdul Wahid No.50 ( RT: 32 RW : 04 )

Telepon : 081332481101

Status : Pelajar

Email : [email protected]


guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Meme
Upload your own images to make custom memes
Gif
GIF format