ARTIKEL

2 min


PRAMUKA SADAR AKAN PENTINGNYA MENJAGA LINGKUNGAN SEKITAR

Gerakan Pramuka  mendidik dan membina kaum muda Indonesia dengan tujuan agar mereka menjadi manusia berkepribadian, bertakwa dan berbudi pekerti luhur sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. Salah satu janji pramuka (Trisatya) berbunyi “menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri/ikut serta membangun masyarakat.Bentuk implementasi dalam keikutsertaan Pramuka dalam membangun masyarakat adalah Bakti masyarakat. Bakti masyarakat mengandung arti mengerjakan sesuatu secara sukarela untuk kepentingan masyarakat. Sebagai mahluk Individu  Seorang pramuka  selalu berproses sepanjang hayatnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya baik lahir maupun batin.

 

Sebagai mahluk sosial seorang pramuka selalu berusaha untuk dapat menyesuaikan diri dengan anggota masyarakat yang lainnya, hidup berdampingan, saling menghormati, saling menolong, saling bekerja sama dan bantu membantu, sehingga akan terjalin kehidupan bermasyarakat yang harmonis, dan sebagai mahluk tuhan seharusnyalah seorang pramuka selalu berusaha meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang maha Easa dengan berusaha beribadah sesuai dengan petunjuk-petunjuk Nya dan meninggalkan larangan-larangan Nya.

Apa yang kita tempati sekarang ini merupakan tempat tinggal juga bagi seluruh makhluk hidup tidak hanya manusia tetapi tanaman juga hewan. Dalam roda ekosistem itu sendiri semua memiliki peran dan fungsinya masing – masing.  Keberadaannya bisa berdampak baik ataupun buruk ,karena dari alam atau dari ulah manusia tersebut.

 

Agar ekosistem seimbang manusia bisa menjaga ekosistem tersebut, tetapi tak banyak juga manusia yang merusaknya. Kita harus sadar akan pentingnya menjaga lingkungan terutama lingkungan sekitar kita agar tercipta keseimbangan ekosistem.

 

Dalam memeperingati hari bumi pramuka SMA NEGERI 1 KUNIR melaksanakan kegiatan penanaman pohon dan kerja bhakti bersama seluruh warga sekolah dan masyarakat sekitar. Yang berlokasi di SMA NEGERI 1 KUNIR. Yang dilaksanakan pada hari jumat, 22 april 2019. Acara dimulai dengan pembukaan di lapangan belakang sekolah yang buka langsung oleh kelapa sekolah SMA NEGERI  KUNIR Bapak Drs. Akip Effendy M.Pd.

 

Penanaman dimulai setelah apel pembukaan selesai dan semua menuju ke area penanaman masing – masing. Penanaman simbolis yang di lakukan kepala sekolah sebagai wujud kepedulian seluruh warga sekolah terhadap lingkungan sekitar. Dan dilanjut seluruh siswa yang sangat antusias terhadap kegiatan yang dilaksakan. Selesai melaksanakan kegiatan penanaman dilanjut dengan melakukan kerja bhati di lingkungan sekolah dan sekitarnya. Kegiatan tersebut juga dibantu warga sekitar yang ikut kerja bhakti membersihkan lingkungan sekitar sekolah.

 

Dalam kegiatan tersebut juga mengajak masyarakat sekitar dan seluruh sekolah akan pentingnya menjaga lingkungan. Untuk kelangsungan hidup seluruh makhluk dan terciptanya keseimbangan lingkungan.

 

BIODATA PENULIS

Nama : Febrian Dewa Valentino

Tempat Tanggal Lahir : Lumajang, 14 februari 2003

Alamat Rumah : Dsn. Gogosan, RT:011/RW:006, Ds. Sukorejo, Kec. Kunir, Kab. Lumajang

No yang Dapat dihubungi : 087782983419

#jatimguyub

#Peransaka2020

#Lombaartikelsaka2020


guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals