BAKTI SOSIAL PRAMUKA SEBAGAI ALTERNATIF MENUJU LINGKUNGAN MASYARAKAT PEDULI ALAM

2 min


Salah satu Organisasi terbesar di dunia adalah pramuka. Siapa yang tidak kenal denga organisasi ini, Praja Muda Karana atau yang biasa kita kenal dengan sebutan PRAMUKA adalah sebuah organisasi yang di ciptakan oleh Lord Baden Powell of Gill Well.

Baden Powell telah banyak memberikan kontribusnya untuk organisasi ini, mulai dari alam, sosial, dan memperkuat dengan sang pencipta.Hal inilah yang membuat PRAMUKA diterima baik oleh masyarakat, bahkan sudah sangat banyak anggota yang bergabung dengan dalm organisasi ini.

Organisasi ini memberikan dampak yang positif bagi Alam dan Masyarakat. Para anggota anggota PRAMUKA dalam tugasnya selalu memberikan peran yang krusial dan bermanfaat bagi khusunya di lingkungan masyarakat.

Satuan Karya Kalpataru atau saka Kalpataru mengadakan BAKSOS atau bakti sosial dalam rangka membentuk karakter masyarakat peduli alam.Saka Kalpataru ini mengadakan bakti sosial di perkampungan Gunung Maddah dan Jl. Durian kabupaten Sampang Jawa Timur pada kamis siang. Walaupun mereka menggelar Bakti Sosial ini di tengah Covid 19, namun mereka tidak akan melupakan protokol kesehatan, Dalam perannya mereka terlihat membantu masyarakat dalam membersihkan Tempat Pembuangan Air (selokan), Hal ini bertujuan menjaga agar selokan tetap bersih sehingga tidak menjadi sarang nyamuk.

Bakti Sosial yang dilaksanakan merupakan wujud kepedulian kepada masyarakat yang berada di kota Sampang.Kegiatan ini juga merupakan inisiatif rekan Saka Kalpataru yang di tuangkan dalam bentuk bantuan yaitu turun langsung ke dalam lingkungan masyarakat guna menciptakan masyarakat peduli Alam.Baksos ini memang bukan peran yang besar, namun bagi harapan dapat berguna dan bermanfaat masyarakat.

Selain membantu masyarakat dalam membersihkan lingkungan, Gerakan Pramuka ini juga memberikan peran dalam pesan karakter sosial yang tinggi karena Di zaman sekarang ini tingkat kepedulian sosial benar-benar sangat minim, sebagian orang menganggap hal itu tidak penting, padahal jika kita lihat dari konteks yang terjadi seperti seorang ibu yang ingin anaknya dapat bersaing dalam hal akademik dengan mengikutkannya les dan semacamnya, sehingga ada satu aspek yang di tinggalkan yaitu aspek kepekaan sosial menajadi buruk. Dan disinilah Gerakan Pramuka memberikan peran yang sangat besar di lingkungan Masyarakat.

Peran yang dilakukan oleh Gerakan Pramuka di lingkungan Msayrakat adalah

1.       Membentuk karakter kepedulian sosial dan kemandirian, Peran ini secara langsung di tujukan khusus untuk anak anak yang memiliki moral dan karakter sosial yang kurang.Dengan bergabungnya anak anak tersebut dalam organisasi Pramuka diharapkan dapat mendidik mental, karakter, dan kepribadiannya, sehingga dapat menjadikan dan menciptakan seorang anak yang berjiwa sosial tinggi khusunya di lingkungan masyarakat

2.       Mengedukasi Masyarakat dalam upaya melestarikan alam karena seperti yang kita ketahui Alam saat ini bencana bencana yang terjadi bencana bencana yang tak lain bencana tersebut datang karena ulah dari manusia, maka dari itu gerakan Pramuka turun langsung ke masyarakat guna mengedukasi betapa pentingnya kita membantu alam. Dalam melakukan arahan dan bimbingan kepada masyarakat, mereka tidak memberikan saran secara lisan, namun mereka melakukan tindakan lisan dan bukti nyata seperti: Membantu masyarakat dalam membersihkan sampah, penanaman / penghijauan di lahan sukar akan pepohonan, sampai turun langsung ke jalanan hanya untuk memungut sampah yang berserakan.

 

Hal ini bukan tanpa tujuan, Mereka yang bergabung di Pramuka tidak mencari keuntungan atau sanjungan, namun mereka hanya menginginkan lingkungan Masyarakat yang bersih, asri dan berdampingan dengan Alam.Itulah mengapa Bakti Sosial di Lingkungan Masyarakat harus di lakukan, mengingat betapa luar biasanya hasil yang di berikan ketika kita berhasil mengajak masyarakat dalam Bakti Sosial yang di lakukan.

 

Dalam melakukan Bakti Sosial kita bukan ingin meminta pujian atau hanya sekedar ingin mendapatkan foto dan dokumenter akan tindakan yang kita lakukan. Bakti Sosial di sini tidak lain hanya untuk memberi tahukan kepada Masyarakat bahwasanya ketika kita mencintai dan menjaga Alam maka akan ada suatu hal yang diberikan alam untuk kita. Tentunya hal tersebut sangat menguntungkan Masyarakat.

 

Bakti Sosial ini merupakan tindakan yang menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan masyarakat, akan semakin pentingnya melestarikan dan menjaga Alam.Tindakan ini merupakan suatu hal yang mulia yang dapat dilakukan oleh orang lain.

Maka kita sebagai seorang yang memiliki akal, marilah kita terus memelihara Alam, dengan ada Dampak / Keuntungan yang akan mendapatkan kelak.


guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals