DKC TRENGGALEK PERAIH DKC TERGIAT III SE- JAWA TIMUR

2 min


DKC TRENGGALEK PERAIH DKC TERGIAT III SE- JAWA TIMUR

Dewan Kerja Cabang Trenggalek adalah salah salah satu peraih DKC Tergiat se-Jawa Timur di Tahun 2020 ini . DKC Trenggalek merupakan badan kelengkapan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Trenggalek yang beranggotakan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang saat ini berjumlah 17 orang dalam Pergantian Antar Waktu Masa Bakti 2016-2021. Dalam satu Masa Bakti DKC Trenggalek melakukan pergantian kepemimpinan sebanyak dua kali. Pertama tahun 2016-2018 yang di Ketuai Oleh Kak Agung Mustofa dan tahun 2018-2021 diketuai oleh Kak Monika Ajeng Pramita. Adapun beberapa Prestasi yang diperoleh oleh DKC Treenggalek antara lain sebagai berikut :

      Tahun 2016 peraih Juara I Lomba Senam Pramuka Jilid II se Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kwarda Jatim

      Tahun 2017 sebagai Tuan Rumah Terbaik Festival Wirakarya Kampung Kelir.

      Tahun 2020 mendapatkan prestasi dengan predikat Dewan Kerja Cabang Tergiat ke III se Jawa Timur sebagai apresiasi Dewan Kerja Daerah Jatim kepada kami Dewan Kerja Cabang se Jatim.

“Hal tersebut tidak bisa kami raih tanpa peran Dewan Kerja Ranting, Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Se Trenggalek dan  anggota dewasa yang selalu senantiasa memberikan motivasi serta tantangan agar menjadi seorang Pramuka yang tangguh dalam ber organisasi dan siap dalam menghadapi kondisi apapun”, ucap Kak Monikaselaku Ketua DKC Trenggalek

            DKC Trenggalek merupakan salah satu DKC aktif yang ada di Jawa Timur. DKC yang selalu mengikutsertakan T/D Trenggalek untuk mengikuti kegiatan tingkat daerah.

“Kami sangat bersyukur karena dalam kurun waktu 5 tahun ini DKD Jatim beserta Kwarda selalu menyelenggarakan banyak kegiatan terkhusus untuk para pramuka T/D, sehingga para pramuka T/D mempunyai wahana guna untuk mengaktualisasikan potensi kreatifitas serta inovasi didalam kegiatan tersebut.”, ungkap Kak Monika.

Selain itu ada pula pesan dari temen-temen DKC Trenggalek kepada DKD Jatim dalam melaksanakan kegiatan selama 1 masa bakti ini.

“Dalam kurun waktu 5 tahun ini DKD Jatim sudah banyak melaksanakan berbagai macam kegiatan untuk Pramuka T/D, serta dalam pelaksanaannya DKD Jatim juga sering berkolaborasi dengan DKC dan Pramuka T/D yang ada diwilayahnya, mengharapkan DKD Jatim mampu meningkatkan komunikasi secara intensif dan interaktif guna   menghindari adanya kesalahpahaman, mengkaji ulang  evaluasi di masing-masing kegiatan yang di selenggarakan guna untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang sama terulang kembali, dan tetap guyub,solid dan menjaga kekompakan untuk terselenggaranya kegiatan T/D se Jawa Timur yang berkualitas.”

Selaku DKC Tergiat III se-Jawa Timur, DKC Trenggalek memberikan tips dan trik sebagai DKC Tergiat se-Jawa Timur, antara lain sebagai berikut :

a.       Selalu menumbuhkan dan menjaga rasa solidaritas antar sesama anggota DKC maupun struktural pengurus Kwarcab lainnya   dengan cara melukan kegiatan olahraga/beribadah bersama, melakukan diskusi ringan terkait aktifitas sehari-hari tanpa menyinggung hal-hal yang bersifat personal  dan saling berkunjung kerumah satu dengan yang lain.

b.      Berusaha untuk selalu peka dan tanggap dengan segala urusan kegiatan yang kami selenggarakan maupun kegiatan partisipan.

c.       Berusaha untuk menanamkan sifat saling percaya satu sama lain guna untuk menjaga kekompakan.

d.      Menjaga Komunikasi dengan Dewan Kerja Daerah dan Dewan Kerja Ranting serta T/D se Trenggalek

Bukan hanya itu, DKC Trenggalek memiliki ciri khas tersendiri dalam membuatanggota DKC nya menjadi lebih kompak atau yang sering disebut guyub oleh masyarakat Jawa Timur. Beberapa sifat yang harus diterapkan dan ditanamkan antar pengurus DKC adalah komunikasi yang efektif dan jelas, tranparansi, selalu antusias/semangat, selalu Tanggap dengan tanggung jawab dan kewajiban, dan yakin dengan apa yang dijalani dan dalam membuat keputusan setelah adanya pertimbangan.

“Dalam Tim kami selalu memperhatikan 5 hal tersebut, karena kami percaya secara tidak langsung hal-hal tersebut bisa mempengaruhi segala aktifitas/kegiatan yang kami jalankan,” ujar Kak Monika.


Puan, berkata.Pemuja aksara tanpa suara.Penulis kata tanpa pena.
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Meme
Upload your own images to make custom memes
Gif
GIF format