Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan pemuda, berupaya untuk mengembangkan generasi muda melalui pendidikan karakter. Namun untuk mewujudkan hal tersebut tidaklah semudah Logo GP Jatimmembalikkan telapak tangan. Pada usia siaga, peserta didik dihadapkan pada kegiatan-kegiatan menyenangkan untuk melatih keberanian serta kepercayaan diri melalui permainan-permainan yang menyenangkan. Penggalang, merupakan golongan pramuka yang menyukai hal-hal baru yang bersifat menantang, sebagai wujud persiapan dirinya untuk membangun masyarakat. Penegak, merupakan usia produktif untuk pembentukan karakter calon-calon pemimpin bangsa. dan Pandega, merupakan golongan yang memandegani golongan-golongan pramuka di bawahnya. Pendidikan kepramukaan merupakan pendidikan yang senantiasa menyenangkan serta mengikuti arus perkembangan zaman dengan tidak meninggalkan prisip dasar kepramukaan.

Tahun 2019 yang merupakan tahun emas Gerakan Pramuka diharapkan dapat lebih meningkatkan citra Pramuka di kalangan masyarakat. Untuk mewujudkan hal tersebut perlu disiapkan kader-kader Pramuka, khususnya di tingkat Penegak untuk ikut serta membangun masyarakat. Salah satu kegiatan yang dapat digunakan adalah kegiatan Giat Prestasi Pramuka Penegak sebagai bahan evaluasi hasil belajar Pramuka Penegak di Gugusdepan. Dalam wadah ini digagas suatu konsep kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan tingkat pengetahuan pramuka penegak di segala bidang. Selain sebagai wadah berkumpulnya Pramuka, kegiatan ini juga merupakan salah satu ajang adu kreasi dan inovasi antar Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang kreatif dan mandiri. Dengan mengangkat tema Alami dan Ilmiah selain sebagai sarana untuk meningkatkan citra Gerakan Pramuka pada masyarakat pada era globalisasi sekarang ini, Giat Prestasi Pramuka Penegak Jawa Timur 2019 diharapkan mampu menghasilkan Pramuka Penegak yang kreatif dan berprestasi serta mampu menerapkan apa yang didapatkan dalam kegiatan ke dalam implementasi kegiatan di Gugusdepan. Selain itu, setiap elemen yang terlibat dalam kegiatan Giat Prestasi ini juga akan mampu saling memotivasi untuk berlatih, bertukar ide dan gagasan, pengalaman, sehingga bisa meningkatkan wawasan kepramukaan. Dengan demikian dapat mewujudkan cita-cita Gerakan Pramuka yaitu Satu Pramuka Untuk Satu Indonesia.

 

Download Petunjuk Pelaksana Giat Prestasi Jawa Timur 2019

Juklak GP Jatim 2019

2 COMMENTS

  1. Pretty portion of content. I just stumbled upon your web site and in accession capital to claim that I get in fact enjoyed account your blog posts. Any way I will be subscribing to your augment or even I fulfillment you get right of entry to constantly quickly.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here