Sejak tanggal 23 Maret 2019, alun – alun Kabupaten Situbondo dibanjiri ratusan anggota pramuka dari 5 kabupaten di Jawa Timur. Diantaranya, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Banyuwangi. Kedatangan anggota pramuka tersebut sebagai wujud partisipasi mereka terhadap kegiatan rutin Dkd Jatim dan DPR komisi E wilayah Jawa Timur yakni dalam kegiatan Festival Wirakarya Kampung Kelir 2019.

Kegiatan yang berlangsung 3 hari tersebut menjadi pusat perhatian warga masyarakat sekitar alun – alun Kabupaten Situbondo. Karena selain  mengusung kegiatan bakti pengecatan 160 rumah dan pemugaran 23 rumah yang ada di sekitar kawasan Dam Situbondo, kegiatan ini juga memiliki segudang pertunjukan menarik yang siap menghibur peserta sekaligus warga masyarakat sekitar yang sedang berkunjung ke alun – alun Kabupaten Situbondo.

Festival yang berlangsung satu tahun sekali ini mendapat respon positif dari sejumlah tokoh penting dari Kabupaten Situbondo, termasuk Bapak Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto. Beliau menyampaikan terima kasih banyak kepada DKD Jatim dan menyampaikan sedikit sambutan singkat, “Orang Situbondo patut bersyukur karena merasakan karya – karya bersejarah, karena apa yang dikerjakan pramuka – pramuka ini menjadi kesan bagi generasi sekarang, meskipun nantinya terdapat pengecatan ulang atau pemugaran rumah, tapi kesannya pasti tetap melekat.”

Respon positif juga datang dari warga masyarakat Situbondo. Perasaan senang, kagum, dan bangga menjadi yang paling dominan di benak warga masyarakat Situbondo. Salah satunya adalah Ibu Indah Puji Astuti, seorang guru sekaligus Ibu rumah tangga yang kebetulan rumahnya menjadi salah satu tempat bakti pengecatan. Beliau menyampaikan, ” Sebagai masyarakat Situbondo saya merasa senang sekaligus bangga terhadap festival Wirakarya ini, apalagi baru kali ini terdapat kegiatan semacam ini di Kabupaten Situbondo. Karena selain dapat memperkenalkan kebudayaan dan berbagai kekhasan dari Situbondo, kegiatan ini juga merupakan sarana  pendidikan karakter serta usaha nyata dalam menumbuhkan jiwa sosial kepada para peserta yang merupakan pelajar sekaligus anggota pramuka dari daerah – daerah di sekitar Kabupaten Situbondo. Kegiatan ini juga sangat menghibur, karena setiap malam terdapat pentas seni yang menampilkan kesenian daerah dari masing – masing kabupaten asal peserta kegiatan”.

Selain itu, bakti pengecatan 160 rumah yang dilaksanakan di perkampungan sekitar Dam Situbondo juga memiliki kenangan yang akan terus membekas bagi masyarakat Situbondo terutama bagi pemilik rumah. Banyak rasa terima kasih diucapkan oleh warga dan pemilik rumah terhadap  kegiatan yang tergolong jenis perkemahan bakti bagi anggota pramuka ini. Ibu indah puji astuti sebagai tuan rumah menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat berkesan dan sangat berterimakasih kepada anggota pramuka yang telah ikhlas dan tulus melakukan kegiatan sosial ini. “Ya tentunya saya berterima kasih kepada adik – adik semua, karena sudah dengan ikhlas mengecat rumah saya dengan ikhlas. Nanti kapan – kapan kalau main ke Situbondo jangan lupa mampir ke rumah Ibu ya. Biasanya waktu ada anak pramuka yang menginap disini, rumah Ibu rame banget, bentar lagi udah pulang semua, jadi sepi lagi”, tutur Ibu Indah.

Sudah sepantasnya bila kegiatan ini mendapat banyak tanggapan positif dari warga masyarakat Situbondo. Karena selain dapat menunjukkan kepedulian anggota pramuka terhadap lingkungan, kegiatan ini juga menjadi ajang untuk melatih para peserta dalam membina hubungan dan komunikasi yang baik di lingkungan masyarakat. Harapannya, kegiatan ini dapat berkesinambungan setiap tahunnya. Karena dengan kegiatan semacam ini, sedikit demi sedikit dapat membantu pembenahan rupa lingkungan khususnya di kawasan Jawa Timur, dan juga benar – benar menjadi wujud nyata pramuka bagi masyarakat.

Nama        : Achmad Fathul Akbar

Kwarcab    : Jember

Instagram  : @akbaar_fthl

Facebook   : Achmad Fathul Akbar

Twitter      : Le – Minerale

3 COMMENTS

  1. Hi there! I know this is kinda off topic but I was wondering if you knew where I could find a captcha plugin for my comment form? I’m using the same blog platform as yours and I’m having problems finding one? Thanks a lot!

  2. I’m still learning from you, as I’m making my way to the top as well. I definitely love reading everything that is written on your site.Keep the information coming. I enjoyed it!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here