Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka 2019 Comeback

2 min


FESTIVAL WIRAKARYA KAMPUNG KELIR PRAMUKA 2019 COMEBACK

Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka 2019 kembali diadakan di Jawa Timur. Bentuk kegiatan bakti Pramuka yang diadakan setahun sekali ini merupakan kegiatan yang sudah memasuki tahun ketiga. Seperti ditahun sebelumnya, kegiatan bakti pramuka ini diadakan di 11 zona di Jawa Timur. Yaitu di Pacitan, Kota Mojokerto, Tulungagung, Blitar, Kota Blitar,  Kota Pasuruan, Nganjuk, Kota Probolinggo, Ngawi, Situbondo, dan Pamekasan. Kegiatan ini mulai dilaksanakan pada bulan Februari hingga Maret tahun 2019.  Dalam setiap zona ini, akan dipilih 5anak masing masing putra dan putri melalui seleksi kecerdasan untuk akhirnya difinalkan agar bisa melakukan study banding ke Singapura. Tak hanya itu saja, dalam festival ini juga diadakan beberapa lomba seperti lomba artikel menarik, lomba video kreatif, dan lomba foto keren pramuka. Tidak hanya peserta yang lolos seleksi kecerdasan yang bisa pergi secara gratis, bagi perserta yang bisa menjadi juara umum dalam lomba artikel menarik, lomba video kreatif, atau lomba foto keren pramuka juga akan mendapatkan hadiah study banding ke Yogyakarta. Tak tanggung tanggung, hadiah yang diberikan selain study observasi gratis adalah uang pembinaan, trophy, dan juga sertifikat.

Pada tahun ini, salah satu zona yang patut diacungi jempol adalah zona 5. Zona yang diselenggarakan di Kota Blitar dan diikuti oleh tiga kontingen ini, yaitu dari kontingen Kota Kediri, Kabupaten Kediri, dan Kota Blitar sendiri sebagai tuan rumah selalu diiringi oleh guyuran hujan, yang sama sekali tidak menyurutkan semangat para peserta untuk tetap melaksanakan bakti pengecatan dirumah rumah warga. Kegiatan ini telah menargetkan 100 rumah untuk dicat oleh 1000 peserta, dan dua rumah tidak layak huni untuk diubah menjadi rumah layak huni di setiap zonanya. Sempat terhenti pula kegiatan yang sudah disiapkan oleh para panitia kegiatan karena cuaca yang tidak mendukung, namun seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya hal ini sama sekali tidak menyurutkan semangat para peserta. Hingga pada akhirnya, pada malam terakhir kegiatan wirakarya ini harus dipindahkan ke tempat yang lebih nyaman agar kegiatan dapat berjalan dengan baik dan tidak mengganggu kesehatan peserta lainnya.

Kegiatan ini semakin sukses karena ikut dimeriahkan oleh guest star yang sangat mumpuni seperti Klanthink dan Jihan Auddy. Selain itu, ada penampilan dari masing masing kontingen yang juga mampu membuat suasana malam semakin menyenangkan. Tak hanya itu saya, kegiatan ini juga dihadiri oleh para tamu undangan seperti Walikota atau Bupati dari masing masing tuan rumah dan masih banyak lagi. Kegiatan yang menarik ini telah memenuhi salah satu kode etik pramuka penegak yaitu “Ikut Membangun Masyarakat”. Selain dapat meningkatkan dan menyalurkan bakat para peserta khususnya pramuka penegak Jawa Timur, kegiatan ini juga mampu membuat para peserta belajar menghargai dan bermasyarakat dengan warga sekitar dan mengembangkan sikap gotong royong antar peserta.  Kegiatan kegiatan positif yang diadakan oleh gerakan pramuka ini, selalu mendapatkan dukungan dari masyarakat khususnya dan para dewan yang duduk dikursi pemerintahan. Semua kegiatan ini adalah hasil dari kerja keras Dewan Kerja Daerah Jawa Timur yang telah mempersiapkan kegiatan dengan sebaik baiknya sehingga kegiatan yang memiliki jargon “Mari Warnai Jawa Timur”  ini dapat berjalan dengan lancar. Kesuksesan selalu datang pada sesuatu yang positif, semoga pramuka Jawa Timur mampu mewarnai pramuka Indonesia sehingga menjadi contoh bagi pramuka dunia.

Nama        : Fika Yuliana

Kwarcab     : Kota Kediri

Media Sosial: ig @fikayln_


Admin DKD

DKD Jawa Timur merupakan wadah pembinaan kaderisasi ditingkat kwartir yang diberikan kepercayaan khusus untuk mengelola secara penuh Pramuka Penegak dan Pandega se-Jawa Timur.

Yuk buat konten di website DKD Jatim, kamu bisa tulis artikel, berita, promosi kegiatan, poling, quiz dan konten lainnya. Dapatkan point dan tukarkan dengan hadiah kejutan dari DKD Jatim

Jangan lupa ikuti terus kabar dari DKD Jatim lewat Media Sosial kami.

guest
8 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Alalalal

Next

Domble

Mantap gan

Tasya

👍👍

Tasya

👍

Fika

Ahmad Husein

Mantul

Fika

Saya menunggu 🙏 Bismillah

8
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Meme
Upload your own images to make custom memes
Gif
GIF format