FWKKP yaitu sebuah kegiatan bakti kepada masyarakat di daerah Jawa Timur yang diselenggarakan oleh DKD Jawa Timur, dengan pelaksananya anggota Pramuka Penegak di Wilayah Jawa Timur. FWKKP kepanjangannya adalah Festival Wirakarya Kampung Keliar Pramuka. Kegiatan ini tidak hanya bermanfaat bagi kami anak Pramuka, tetapi bermanfaat juga bagi masyarakat dengan kegiatan baktinya. Kegiatannya ialah pengecatan rumah warga sekitar, dengan tujuan memperindah daerah tersebut, tetapi bagi kami ini adalah ajang bagi kami untuk berkumpul dengan Pramuka dari daerah lain dan saling bertukar pikiran serta pengalaman. Selain kegiatan bakti kepada masyarakat, ada juga festival seperti pentas seni yang menampilkan hiburan dari pentas anggota Pramuka dan penampilan yang menarik dari Klantink.

FWKKP di zona 3, dilaksanakan pada tanggal 26 Februari – 1 Maret 2019 dengan pesertanya anggota Penegak se-Kabupaten Tulungagung dan se-Kabupaten Trenggalek. Lokasi buper kali ini yang sangat strategis, yaitu di Pantai Gemah, sehingga bisa menambah semangat para peserta FWKKP Zona 3 Tulungagung. Awal kedatangan kami disana sangat malu, karena ini kali pertama Pramuka Ambalan kami mengikuti kegiatan besar yang diikuti oleh ribuan peserta, kurang lebih 500 peserta dari Tulungagung dan 500 peserta lainnya dari Trenggalek. Namun hal ini justru membuat rasa kami yang ingin memajukan Pramuka Ambalan di sekolah semakin kuat. Kami disana belajar mengabdi dan berbaur dengan masyarakat dan menjaga fasilitas umum di Pantai Gemah.

Berlalu di hari pertama, yaitu mengecat rumah warga di daerah sekitar Pantai Gemah, dilanjutkan pada malam harinya dengan pentas seni. Sebelum itu, kegiatan ini dibuka dengan upacara pembukaan yang dihadiri oleh Plt Bupati Tulungagung. Di dalam pembukaan tersebut disisipkan pelantikan pengurus kwarcab Tulungagung. Semoga kegiatan FWKKP ini berjalan dengan lancar dan tidak ada halangan, dan untuk pengurus kwarcab yang baru saja dilantik, semoga menjadi pengurus yang amanah dan bertanggungjawab, serta dapat memajukan Pramuka di Tulungagung.

Di hari kedua, kami mengecat rumah warga dengan jumlah sekitar 24 rumah yang harus dicat oleh peserta Pramuka Putra, namun untuk hari ini pengecatan dilaksanakan di Pantai Klatak. Dalam kegiatan ini, kami dianjarkan untuk disiplin dan berjiwa kepemimpinan. Selama kegiatan, sangat terasa sekali suasana persaingan untuk menciptakan jiwa kepemimpinan untuk berani maju di depan, tak hanya persaingan dalam hal kepemimpinan, tetapi juga dalam hal memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Sampai hari ketiga, ini adalah hari terakhir untuk melaksanakan kegiatan bakti kepada masyarakat. Untuk menumbuhkan semangat kami dihari terakhir bakti masyarakat, kami melaksanakan bugar pagi dengan senam Pramuka. Dan kemudian dilanjutkan lagi dengan mengecat rumah di Kawasan Pantai Gemah, dan pada malam harinya adalah acara puncak dari FWKKP di zona 3 kali ini, yang menampilkan penampilan menarik dari Klantink untuk para peserta FWKKP yang telah berlelah – lelahan dalam melaksanakan kegiatan bakti kepada masyarakat.

Dan datang saat – saat yang tidak ingin kami lewati, yaitu perpisahan. Saat dimana semua hanya sebatas patok tenda, kebersamaan hanya disaat perkemahan. Hasil yang didapat dari kegiatan ini adalah memberi banyak pengalaman baru serta membangun potensi masyarakat agar dapat lebih peduli terhadap lingkungan, serta menanamkan jiwa gotong royong serta menumbuhkan jiwa kemanusiaan. Harapan kami, semoga Pramuka di Indonesia selalu menjadi wadah terbaik untuk mengembangkan bakat dan minat remaja yang dapat menjadi tempat menyenangkan bagi semua remaja Pramuka.

Nama                : Habib Nashiruddin

Kwarcab            : Kota Surabaya

Media Sosial       : ig @habib_nashiruddin

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here