84 shares

FESTIVAL WIRAKARYA KAMPUNG KELIR PRAMUKA, JANJI PRAMUKA ITU NYATA!

         Banyak yang bertanya tanya, apa sih manfaat mengikuti pramuka? Nah sebelum saya jelaskan, saya akan menceritakan salah satu pengalaman dalam kegiatan kepramukaan, yaitu Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka. Kegiatan apa sih itu? Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka atau yang biasa disingkat FWKKP merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menjalankan janji pramuka yang kedua “Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat.” Dari janji itu sudah bisa ditebak, FWKKP diadakan untuk  pengabdian anggota pramuka kepada masyarakat dengan turun tangan langsung menolong masyarakat. Kegiatan ini dilakukan dengan mengecat 100 rumah warga dan 2 pemugaran rumah warga yang tidak layak huni. Diikuti oleh 987 anggota pramuka penegak. Selain untuk mengabdi pada masyarakat, kegiatan ini bertujuan untuk membantu anggota pramuka agar dapat berinteraksi sosial, mendapatkan banyak teman baru, saling berbagi, dan saling menolong baik kepada sesama anggota maupun warga.Tahun 2019 ini, FWKKP bertempat di kelurahan Petamanan dengan Kota Pasuruan sebagai tuan rumah yang dilaksanakan 4 hari 3 malam pada tanggal 9-12 Maret.

           Apa aja sih acaranya selama 4 hari 3 malam itu? Hari pertama dilakukan bakti pengecatan sebanyak 1x dilanjutkan ishoma, lalu berkumpul di lapangan depan pentas untuk acara Opening Ceremony FWKKP. Di hari kedua dilakukan bakti pengecatan sebanyak 2× sehari, pukul 08.00-11.00 dan 13.00-16.00, malamnya kembali berkumpul ke lapangan depan pentas untuk menyaksikan malam keakraban, peserta dipersilahkan untuk menampilkan bakat mereka seperti menari, karawitan, albanjari bahkan fashion show. Hari ketiganya dilakukan pengecatan sebanyak 1×, dilanjut dengan lomba cerdas cermat. Pada lomba ini, diambil 4 pemenang untuk diloloskan ke babak final. Jika di final lolos, maka mereka akan mendapatkan Tiket Study Banding ke Negara Taiwan. Keren kan? Malam terakhir masih sama, berkumpul di lapangan depan pentas untuk menyaksikan Closing Ceremony yang dimeriahkan oleh Band Klantink. Seluruh peserta terlihat sangat ceria, bernyanyi, bergoyang, tertawa bahkan melompat lompat saat band Klantink mengumandangkan lagu.

           Pengecatan rumah warga dilakukan dengan sistem kelompok, 2 tim berisi 5 putra dan 5 putri dari sekolah berbeda untuk 1 rumah. Fasilitas pengecatan yang didapat yaitu 1 cat per hari , 2 kuas, 2 roll dan 2 wadah cat. Bagaimana sih mengecatnya? Bagian yang dicat yaitu bagian rumah yang terlihat seperti bagian depan dan samping rumah. Pengecatannya terserah mau dikasih warna apa, tapii harus tanya dulu sama yang punya rumah, mau dicat seperti apa? Tidak boleh digambar kecuali garis garis abstrak. Selain itu juga ada 3 lomba tambahan: Lomba menulis cerpen, lomba foto keren dan lomba vidio yang dikumpulkan melalui akun e-mail dan akun IG yang sudah ditentukan panitia.

           Nah, sekarang gimana? Dari cerita diatas sudah jelas kan apa saja manfaat pramuka? Baik untuk masyarakat maupun anggota pramuka itu sendiri. Yuk gabung dipramuka sebagai perekat NKRI!

Amalia Rizqi Ramdani

031220020227
Dusun Bandilan RT 05 RW 01 Gg.Wayang Desa Ranuklindungan-Grati
085737532832
Fb : Amaliaa Rizqi
Ig : amaliarzq02

Like it? Share with your friends!

84 shares
Admin DKD

Emperor

Ini biografi di profile tesss saasdftasdfasdf

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Meme
Upload your own images to make custom memes
Gif
GIF format
Send this to a friend