Setelah menuai sukses pada dua gelaran pada tahun-tahun sebelumnya yakni tahun 2017 dan 2018, Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka (FWKKP) Jawa Timur kembali digelar pada tahun ini. Pada gelaran FWKKP merupakan kali ketiga yang dilaksanakan oleh Kwartir Daerah Jawa Timur. Kegiatan FWKKP merupakan ajang untuk Pramuka Penegak dapat membaktikan dirinya ke masyarakat melalui berbagai kegiatan yang ada didalamnya. Kegiatan kali ini kembali didukung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur, DBL dan Jawa Pos serta dalam pelaksanaannya memberlakukan sistem zona seperti tahun sebelumnya dengan pembagian menjadi 11 Zona yang dilaksanakan di berbagai Kota dan Kabupaten di Jawa Timur. Pelaksanaan dengan sistem zona ini dilakukan dengan mengambil salah satu Kota atau Kabupaten sebagai tuan rumah yang kemudian Kwartir Cabang yang berada di sekitar wilayah tuan rumah bergabung dalam zona tersebut. Tuan rumah dari 11 Zona pada FWKKP tahun ini adalah Pacitan (Zona 1), Kota Mojokerto (Zona 2), Tulungagung (Zona 3), Blitar (Zona 4), Kota Blitar (Zona 5), Kota Pasuruan (Zona 6), Nganjuk (Zona 7), Kota Probolinggo (Zona 8), Ngawi (Zona 9), Situbondo (Zona 10), dan Pamekasan (Zona 11).

Peserta yang turut berpartisipasi dalam kegiatan berjumlah kurang lebih 11.000 peserta yang berasal dari Pramuka Penegak yang berada di seluruh Kota dan Kabupaten di Jawa Timur. Kegiatan ini dilaksanakan selama bulan Februari hingga Maret 2019. Apabila merujuk dari data potensi anggota Pramuka Penegak di Jawa Timur yang tercantum pada website https://www.sipapramukajatim.or.id/ berjumlah 196.616 orang, baik putera maupun puteri (data diambil pada 15 April 2019 pukul 15.00 WIB) maka dapat diketahui bahwa potensi Pramuka di Jawa Timur sangatlah besar. Oleh karena itu, kehadiran FWKKP 2019 ini dimaksudkan agar potensi pramuka khususnya golongan penegak di Jawa Timur dapat dimaksimalkan untuk pengembangan dirinya dan dapat peduli terhadap lingkungan serta menanamkan jiwa gotong royong pada Pramuka Penegak Jawa Timur yang sekaligus merupakan implementasi dari Dharma Pramuka yang kedua yakni “Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia”.

Kegiatan FWKKP 2019 memiliki beberapa tujuan yang terarah yakni menciptakan lingkungan masyarakat yang bersih dan sehat, meningkatkan potensi wilayah yang dijadikan tempat kegiatan, menjadikan Pramuka Penegak sebagai patriot lingkungan di wilayahnya masing-masing, mewujudkan sinergisitas antara Gerakan Pramuka dengan Masyarakat yang dalam kegiatan ini diaplikasikan dengan karya bakti serta diharapkan juga dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kesadaran atau kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Pada kegiatan FWKKP 2019 ini terdapat berbagai kegiatan yang sangat menarik dan bermanfaat bagi peserta dan lingkungan sekitarnya, baik lingkungan sosial maupun lingkungan fisiknya. Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain : a) Bakti Pengecatan yang ditargetkan sebanyak 100 rumah pada tiap zona dan juga fasilitas umum, b) Pemugaran Rumah yang dilakukan dengan jumlah 2 rumah pada tiap zona, c) Sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), d) Sosialisasi Makanan, Obat Obatan, Kosmetik Aman, e) Sosialisasi Narkoba, f) Malam Brawijaya yang menjadi wadah peserta untuk menampilkan bakat, kreasi, serta seni dari para peserta, dan g) Festival yang merupakan ajang adu kecerdasan yang berkonsep perlombaan dimana peserta diberikan soal-soal yang berkaitan lebih spesifik dengan pengetahuan kepramukaan, dan ditunjang juga dengan soal mengenai pengetahuan sosial dan kebangsaan sehingga diharapkan yang lolos menjadi pemenang ialah orang yang paling mumpuni dalam bidang kepramukaan.

Pada kegiatan festival, seluruh peserta kegiatan berkesempatan untuk memenangkan hadiah berupa medali dan trofi juara. Selain itu, hadiah menarik untuk sang pemenang yang meraih medali emas yakni berkesempatan untuk berlibur ke luar negeri, sedangkan peraih medali perak akan diberikan hadiah liburan ke Yogyakarta. Dalam kegiatan ini para generasi muda diajak dan diarahkan kepada hal-hal yang bersifat positif agar tidak terpengaruh jeratan narkoba, minuman keras dan pergaulan bebas yang dapat meredupkan kreatifitas dan masa depan generasi muda.

Peserta kegiatan yang merupakan generasi muda harapan bangsa diharapkan dapat menjadi generasi yang tangguh, berkarakter dan berakhlak mulia. Kegiatan FWKKP 2019 dilaksanakan secara bergiliran pada setiap zonanya dengan rentang mulai tanggal 19 Februari sampai 29 Maret 2019. Kegiatan FWKKP 2019 Jawa Timur diawali di Kabupaten Pacitan sebagai tuan rumah zona 1 dan kemudian dilanjutkan dengan zona-zona lainnya yang pada tiap zona kegiatan dilangsungkan selama empat hari. Seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan baik dan lancar dan antusiasme peserta dapat terlihat dari semangat mereka pada saat mengikuti kegiatan, serta sinergitas dengan masyarakat telah terjalin dalam pelaksanaan kegiatan di setiap zona.

Rangkaian kegiatan FWKKP 2019 Jawa Timur berakhir di Kabupaten Pamekasan yang menjadi tuan rumah zona 11 sekaligus zona terakhir pada gelaran FWKKP tahun ini. Total peserta pada kegiatan FWKKP di tahun ini kurang lebih berjumlah 11.000 orang, yang berasal dari 11 zona dan pada setiap zona terdapat sekitar 1.000 peserta dari Pramuka Penegak ikut berpartisipasi. Penyelenggaraan FWKKP 2019 ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, serta mewujudkan sinergitas masyarakat dengan Pramuka, yang diwujudkan dalam karya bakti secara gotong royong.

Hal tersebut juga menjadi wujud pengamalan tri satya, yaitu “ikut serta membangun masyarakat” dimana peserta yang merupakan Pramuka Penegak benar benar diarahkan untuk praktek melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya. Salah satu contoh bakti yang dilakukan pada kegiatan FWKKP pada tahun ini yakni pengecatan 100 rumah dan pemugaran 2 rumah tak layak huni, yang berada di pemukiman nelayan pantai Gemah dan pantai Klathak, Tulungagung. Dari kegiatan ini juga diharapkan dapat menjalin dan memperkuat stakeholder terkait yang baik sehingga terjalin kerjasama dan kemitraan yang semakin kuat dan berujung pada kuatnya pendidikan kepramukaan.

Nama                        : M. Kahfi Maulana Anggara

Kwartir Cabang           : Kota Malang

Akun Media Sosial        :

  1. Instagram : m_kahfi_ma
  2. Twitter : @MKMAnggara_29BP
  3. Facebook : M Kahfi M Anggara
  4. Whatsapp : 0878-6996-1640

27 COMMENTS

  1. Keren banget artikelnya! 😍 Semoga FWKKP selanjutnya Kota Malang ikut lagi tanpa adanya konfrontasi dibelakang. Amiin

  2. Wahh keren kak.. Semoga pramuka jawa timur bisa tetap mrnjadi panutan untuk daerah daerah lain amin…

  3. Suatu kegiatan yang sangat positif yang bersentuhan langsung dengan masyarakat ini perlu dilestarikan dengan berbagai kreasi dan inovasinya, untuk mendidik generasi muda agar lebih baik dan lebih banyak berkarya daripada berhura-hura dan berfoya-foya, apalagi sampai menjadi budak narkoba … Good luck FWKKP 2019 …

  4. Artikelnya bagus Kak, memang kegiatan FWKKP ini sangat diperlukan bagi Penegak. Karena banyak sekali hal positif dan pengalaman yang menarik.
    Semoga untuk tahun depan masih ada pelaksanaan FWKKP. Aamiin.

  5. Pramuka semakin keren sekarang. Semoga semakin banyak adek-adek yang dengan senang hati mengikuti kegiatan pramuka. Bukan karena paksaan tapi karena kegiatannya yang keren dan menarik.

  6. Keren kak artikelnya, semoga kegiatan FWKKP terus berjalan dan semoga juga semakin banyak rumah maupun fasum yang dipugar. Selain itu semoga juga ditambahkan kegiatan-kegiatan lain seperti reboisasi, pembersihan sungai, dll.

  7. Luar biasa, semangat teruslah berkarya yg bermanfaat untuk lingkungan tunjukan Pramuka berkarakter demi bangsa dan negara indonesia

  8. I was just searching for this information for some time. After six hours of continuous Googleing, finally I got it in your site. I wonder what is the lack of Google strategy that don’t rank this type of informative sites in top of the list. Generally the top sites are full of garbage.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here