Gerakan CERDIK PRAMUKA

1 min


GERAKAN CERDIK PRAMUKA

Praja Muda Karana (Pramuka) adalah suatu wadah dimana para generasi muda untuk berkarya . Remaja merupakan tunas penerus bangsa oleh sebab itu remaja menjadi fokus penting untuk kemajuan negara.Di bidang kesehatan sendiri terdapat Satuan Karya yang bernama Saka Bakti Husada. Di Saka Bakti Husada para remaja dapat memperdalami ilmu kesehatan dan diamalkan kepada masyarakat. Banyak sekali materi medis yang akan diterima oleh para Pramuka Saka Baktihusada. Di Saka Bakti Husada terdapat 6 Krida mulai dari Krida Bina lingkungan, Bina Keluarga, Bina gizi, Bina obat, penanggulangan penyakit,dan Bina perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Kakak – Kakak ada yang tahu tentang apa itu Krida penanggulangan penyakit ?. Krida penanggulangan penyakit adalah Krida yang bergerak untuk penanggulangan penyakit,salah satunya penanggulangan penyakit demam berdarah atau (DBD)

Demam berdarah merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk yang bernama AEDES AEGYPT. Nyamuk ini sangatlah berbahaya karena banyak sekali pasien yang meninggal karena tergigit nyamuk AEDES AEGYPT ini. Tempat berkembang biaknya nyamuk ini yaitu tempat penampungan air (TPA), tempat penampungan air bukan untuk keperluan sehari-hari tempat kubangan air di barang bekas, dan penampungan air alami seperti lubang pohon.

Di masa penghujan ini ini tidak bisa dipungkiri banyak sekali genangan air yang terdapat di sekitar rumah kita ataupun di pekarangan. Oleh sebab itu bagaimana sih caranya untuk menanggulangi penyakit demam berdarah.

Nah peran Saka Bakti Husada di sini yaitu sebagai Pelopor Pramuka kesehatan untuk masyarakat. Pramuka merupakan salah satu komponen masyarakat yang potensial sebagai agen perubahan perilaku masyarakat dalam pengendalian demam berdarah. Tak banyak dari masyarakat umum yang tahu bagaimana cara untuk menanggulangi penyakit demam berdarah ini. Di sini ini saya akan membagikan tips untuk menanggulangi penyakit demam berdarah yaitu dengan cara 3M Plus.

 

Apa saja sih 3 M Plus tersebut yuk simak penjelasannya. Emi yang pertama yaitu menguras tempat penyimpanan air yang ada di rumah kita seperti bak mandi bak penyimpanan air. M yang kedua yaitu menutup setelah dibersihkan bak atau timba penyimpanan air yang ada di rumah kita setelah dibersihkan tadi. M yang ketiga yaitu mengubur Apabila ada barang yang tidak dipakai dan sulit untuk didaur ulang silakan kubur barang tersebut agar tidak terjadi genangan air di di wilayah rumah kita yang akan menjadikan sarang untuk berkembang biaknya nyamuk DBD. Dan bosnya yaitu hindari gigitan nyamuk dengan cara sebelum tidur gunakan obat nyamuk ataupun memakai kelambu nyamuk.

Nah udah sekali kan agar kita terhindar dari penyakit demam berdarah. Mulailah aksi tersebut dari Rumah Kita Sendiri sayangi keluargamu dengan cara jauhkan mereka dari nyamuk demam berdarah. Dan jangan lupa untuk membagikan ilmu ini kepada ada sahabat ataupun tetangga kalian ya. Semakin banyak yang tahu semakin kecil juga kasus penyakit demam berdarah.


Dimas Fahmi

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals