HASIL DAN REKOMENDASI SIDANG PARIPURNA DAERAH DAN MUSPPANITERA LUAR BIASA KWARTIR DAERAH GERAKAN PRAMUKA JAWA TIMUR TAHUN 2019

26 – 27 JANUARI 2019

HOTEL PERMATA BIRU, PRIGEN – PASURUAN

  1. Terpilihnya Ketua Dewan Kerja Daerah Jawa Timur Pergantian Antar Waktu masa bakti 2016-2020 yakni Saudara Moch. Shofwan Amrullah dari Dewan Kerja Daerah Jawa Timur.
  2. Orang dewasa di Gerakan Pramuka harus dapat menghadirkan ekosistem yang dapat membuat peserta bergairah dalam berinovasi serta gigih dalam memenangkan pertarungan pada abad digital ini.
  3. Revolusi peran Orang Dewasa di Gerakan Pramuka khususnya di Kwartir yang selama ini berperan sebagai sumber belajar atau pemberi pengetahuan, harus bergeser menjadi mentor, fasilitator, motivator, bahkan inspirator dalam mengembangkan imajinasi, kreativitas, karakter, serta team work dari peserta didik yakni Dewan Kerja.
  4. Metode Pembinaan pada Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega tidak hanya berfokus pada pendidikan karakter saja, namun juga dapat memunculkan enabling skill yang dapat menyelesaikan problem kontemporer bangsa seperti kemiskinan, kesenjangan social, budaya korupsi, radikalisme, lingkungan hidup, ekonomi, pengangguran, dan lain sebagainya, dengan inovasi dan kreativitasnya yang didapatkan ketika dia terlibat aktif dalam proses kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan oleh Dewan Kerja.
  5. Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega pada pemilu ini supaya dapat membantu penyelenggara Pemilu untuk turut berperan dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Mendorong masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya serta memberikan edukasi politik kepada masyarakat supaya masyarakat memilih peserta pemilu berdasarkan prestasi dan kualitas calon, dan tidak tergoda dengan politik uang.
  6. Jawa Timur mengusung hastag baru #DewanKerjaMelekPolitik dalam rangka memotivasi Dewan Kerja yang merupakan elite Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega sebagai kader Pramuka yang disiapkan untuk memimpin Indonesia dan Gerakan Pramuka Kelak.
  7. Dewan Kerja Daerah Jawa Timur suaya dapat melaksanakan Penyusunan Kajian terkait dengan kurikulum yang mendasar terhadap pelatihan maupun kursus yang diselenggarakan oleh dewan kerja untuk kemudian diusung pada Sidang Paripurna Nasional Tahun 2019.
  8. Badan Koordinator Wilayah (Bakorwil) di Dewan Kerja dikembalikan kepada esensinya yakni sebagai wahana informasi, koordinasi, dan konsultasi antara Dewan Kerja Daerah dan Dewan Kerja Cabang di Jawa Timur. Selanjutnya terkait komposisi Bakorwil supaya dapat dilakukan pengkajian oleh Dewan Kerja Daerah.
  9. Pemusatan media Informasi T/D se- Jawa Timur melalui Website Dewan Kerja Daerah Jawa Timur yang dapat diakses melalui https://dkdjatim.or.id.
  10. Membentuk dan mengembangkan Unit Usaha di masing masing Dewan Kerja guna mendukung dana kegiatan yang diselenggarakan oleh Dewan Kerja serta menjalin kerjasama dengan lembaga/instansi untuk mengoptimalkan Unit Usaha yang sudah ada.
  11. Pembentukan tim evaluasi terhadap kegiatan Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka seusai kegiatan terselenggara.
  12. Pembentukan unit unit yang dirasa perlu untuk pengembangan keterampilan dan minat dari Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yakni, Unit Protokol, Unit Multimedia, dan Unit Patriot Lingkungan.
  13. Rencana Program Kegiatan Rutin Dewan Kerja Daerah Jawa Timur Tahun 2019
    1. Rapat Rapat DKD Jawa Timur
    2. Open Discussion bersama DKD Jawa Timur
    3. Upgrading DKD Jawa Timur
    4. Hari Krida DKD Jawa Timur
  14. Rencana Program Kegiatan Dewan Kerja Daerah Jawa Timur untuk Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Tahun 2019
    1. Sidang Paripurna Daerah dan Musppanitra Luar Biasa Jawa Timur Tahun 2019.
    2. Rover Scout Council Leader Summit 2019 (RSCLS 2019). Peserta Rover Scout Council Leader Summit 2019 (RSCLS 2019) merupakan 16 orang anggota Dewan Kerja Ranting di Jawa Timur.
    3. Giat Prestasi Penegak 2019. Peserta Giat Prestasi Penegak merupakan Pramuka Penegak Garuda di Kwartir Cabang
    4. Jamboree on the Air and Jamboree on the Internet.
    5. Simposium Pramuka Perguruan Tinggi se-Jawa Timur Tahun 2019.
  15. Rencana Program Kegiatan Dewan Kerja Daerah Jawa Timur untuk Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Tahun 2020
    1. Sidang Paripurna Daerah Jawa Timur Tahun 2020
    2. Musppanitera Daerah Jawa Timur Tahun 2020
    3. Peran Saka Tingkat Daerah Jawa Timur Tahun 2020
    4. Kursus Pengelolaan Dewan Kerja (KPDK) Tahun 2020
    5. Jamboree on the Air and Jamboree on the Internet
    6. Perkemahan Bakti Perguruan Tinggi Jawa Timur Tahun 2020
    7. Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur supaya dapat memfasilitasi Dewan Kerja Cabang se-Jawa Timur untuk melakukan Study Banding Dewan Kerja Cabang se-Jawa Timur ke Kwartir Nasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here