Hasil Lomba Video Dokumenter Hari Pramuka Ke-59 Kwarda Jatim

1 min


Siaran Pers

Hasil Lomba Hari Pramuka Ke-59
Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur

Dalam rangka memperingati Hari Pramuka Ke-59, Kwarda Jatim menyelenggarakan Lomba Film Dokumenter dengan tema “Di Masa Pandemi Pramuka Berbakti Tanpa Henti”. Tema ini diambil atas dasar bentuk kepedulian Pramuka terhadap Pandemi Covid-19 yang tengah melanda. Dalam penyelenggaraan lomba video ini dikhususkan pada Jenis Film Dokumenter.

Film Dokumenter sendiri secara singkat dapat diartikan sebagai sebuah film yang mendokumentasikan kenyataan. Hal-hal prinsip yang menjadi pembeda dengan video jenis lainnya adalah adanya fakta, data dan peristiwa nyata yang terjadi. Mudahnya, Film Dokumenter dapat dianggap sebagai rekaman dari peristiwa yang aktual, potongan rekaman sewaktu kejadian sebenarnya berlangsung, saat ada orang yang terlibat di dalamnya berbicara, adanya data, dan lain sebagainya.

Selanjutnya apresiasi yang luar biasa disampaikan kepada seluruh peserta karena telah bersemangat dan melakukan hal yang terbaik dalam kegiatan bakti masyarakat dan pembuatan Film Dokumenter. Total sebanyak 64 Video Dokumenter Bakti Masyarakat Pramuka Jawa Timur telah masuk kedalam daftar panitia. Namun sangat disayangkan bahwa tingkat partisipasi di golongan Pandega masih kurang yakni hanya 3 video yang masuk. Sehingga diambil keputusan bahwa penggolongan jenis pemenang yang semula dipisah antara Penegak dan Pandega ditiadakan sehingga semua video dinilai dengan tanpa mempertimbangkan golongan.

Video yang dihasilkan oleh Peserta merupakan karya yang luar biasa. Perlu diketahui kepada seluruh peserta bahwa banyak dari video sudah memiliki kualitas teknik videografi diatas rata-rata, namun banyak diantaranya juga masih kurang sesuai dengan konsep Film Dokumenter itu sendiri. Peserta masih cenderung membuat video film pendek, drama, iklan layanan masyarakat, atau klip dokumentasi kegiatan. Ada juga beberapa video peserta memiliki kualitas videografi yang bagus, namun dalam komposisi pesan dan dokumenter masih sangat kurang. Bahkan ada beberapa peserta yang seharusnya masuk kedalam kriteria pemenang, namun musik yang digunakan ternyata mengandung hak cipta.

Seluruh video yang masuk telah dinilai secara adil dan telah melewati proses yang sangat panjang. Pertimbangan-pertimbangan secara mendetail terkait kriteria pemenang telah didiskusikan oleh dewan juri dengan matang. Adapun tambahan Juara Favorit yang diberikan khusus oleh dewan juri sebagai bentuk apresiasi luar biasa kepada salah satu peserta yakni kepada anggota Pramuka ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) yang ikut berpartisipasi dalam perlombaan. Sehingga pemenang Lomba Video Dokumenter Kwarda Jatim dengan tema “Di Masa Pandemi Pramuka Berbakti Tanpa Henti” sebagai berikut:

  1. Juara 1 – Mohamad Faizal Norhavid (Kwarcab Ponorogo) (https://youtu.be/bZs061cpNuo)
  1. Juara 2 – Rizky Hanum Kresna Putra (Kwarcab Kota Surabaya) (https://youtu.be/2NGRMroqfgA)
  1. Juara 3 – Java Chandra Darmawan (Kwarcab Lumajang) (https://youtu.be/0rBaiYr-gI4)
  1. Juara Favorit – Revi Eriliyanti (Kwarcab Malang) (https://youtu.be/8RVQHmf4dzU)

Informasi lebih lanjut melalui narahubung 0823-3530-1602 a.n Nunuk Hidayati.

 

Surabaya, 15 Agustus 2020

 

Hariadi Purwantoro

Waka Bina Muda Kwarda Jatim

Ketua Panitia Hari Pramuka 59 Kwarda Jatim


Admin DKD

DKD Jawa Timur merupakan wadah pembinaan kaderisasi ditingkat kwartir yang diberikan kepercayaan khusus untuk mengelola secara penuh Pramuka Penegak dan Pandega se-Jawa Timur.

Yuk buat konten di website DKD Jatim, kamu bisa tulis artikel, berita, promosi kegiatan, poling, quiz dan konten lainnya. Dapatkan point dan tukarkan dengan hadiah kejutan dari DKD Jatim

Jangan lupa ikuti terus kabar dari DKD Jatim lewat Media Sosial kami.

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals