JADIKAN NYATA DHARMA PRAMUKA

1 min


 

            Satyakuku Dharmakan   Dharmaku ku Baktikan. Gerakan pramuka adalah wadah bagi para pemuda untuk mengembangkan kepribadian yang ada didalam diri mereka masing-masing. Kepribadian anggota Pramuka bisa dilihat didalam Dasa Dharma yang wajib bagi setiap anggota Pramuka memahami dan mengamalkan kandungan yang ada didalamnya.  Dengan begitu, bukan tidak mungkin anggota Pramuka yang ada bisa dijadikan cerminan anak muda zaman sekarang.

            Bila Dasa Dharma bisa dipahami maknanya betul-betul,  maka anggota pramuka akan terbentuk karakter yang disiplin dan tanggung jawab serta amanah dalam segala urusan. Namun perlu diingat pula, bahwa tidak semudah membalikkan tangan agar dapat paham makna kandungan Dasa Dharma . Harus ada tahapan-tahapan yang harus dilalui dengan ke ikhlaskan dan kesabaran.

            Salah satu Dharma yang bisa diterapkan yakni rela menolong dan tabah. Hal ini bisa diterapkan langsung dilingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Kita mengetahui bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tidak mungkin bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Jadi, sangat penting kita tanaman jiwa peduli dengan sesama. Dengan begitu akan tercipta keharmonisan dan persaudaraan yang kuat.

            Dalam wujud nyata yang kita lakukan di lingkungan masyarakat, lebih tepatnya di pasar banyak sekali pedagang yang membutuhkan bantuan saat mengemas sebelum pulang. Mereka kesulitan sebab disamping sudah lelah berjualan juga karena barang dagangan yang masih ada. Tapi disamping itu, semangat mereka masih terlihat karena mereka bekerja untuk menghidupi keluarga. Tidak hanya para pedagang, para penjual pun juga sama, masih ada yang kesulitan apalagi yang membawa anak kecil.

            Jadi, kita sebagai anggota Pramuka yang paham akan makna Dharma bisa menerapkan sikap tolong menolong kepada mereka bila berada di pasar atau tempat umum lainnya. Tidak perlu takut mendapat cibiran dari orang lain atau prasangka buruk dari mereka. Yang terpenting niat ikhlas membantu tanpa mengharapkan imbalan sedikitpun dari mereka.Saat dipasar, saya sempat bertemu dengan salah seorang pembeli, dan saya meminta pesan untuk kita sebagai  anak pramuka yang aktif di masyarakat. Pembeli itu berpesan agar anggota pramuka lebih bertanggung jawab dan menumbuhkan sifat kedewasaan diri. Dan tak lupa pembeli itu memberikan semangat kepada saya.

            Masih ada banyak lagi  Dharma Pramuka yang bisa diterapkan langsung dimasyarakat, tinggal kita semdiri yang harus bisa melihat kepada siapa kita melakukannya.

 

 

#jatimguyub

#Peransakajatim2020

#lombaartikelsaka2020

Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
X-NONE

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}


TARMI JGRT

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Meme
Upload your own images to make custom memes
Gif
GIF format