Kegiatan Bakti Masyarakat- Gerakan Pramuka Satuan Karya Bhayangkara

Kegiatan Bakti Masyarakat yang terselenggara atas inisiasi Pramuka Saka Bhayangkara Polres Tulungagung diadakan hari Kamis 19 November 2020 di Area Perumahan Desa Tunggulsari, Kabupaten Tulungagung yang sudah mendapatkan izin dari Polres Tulungagung dan juga Kepala RT,RW setempat. Tujuan di adakannya kegiatan ini adalah untuk membangkitkan jiwa  Nasionalisme serta Jiwa sosial anggota pramuka khususnya, memberikan edukasi  bahwa manusia tidak mampu hidup sendirian. Manusia selalu membutuhkan bantuan orang lain, maka dari itu kita sebagai manusia harus bisa bersikap Humanis, kegiatan ini juga berisi sebuah ajakan kepada masyarakat untuk kembali membudayakan pentingnya melestarikan alam, salah satunya yaitu melalui “Bersih Desa”.

Pepohonan, Hutan sebagai sumber daya alam yang terbarukan, memiliki berbagai manfaat penting bagi keberlangsungan hidup mahluk hidup. Pengelolaan pepohonan yang baik harus dapat memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat. Tidak hanya itu, pengelolaan  yang baik juga  harus memperhatikan aspek-aspek kelestarian  hutan, seperti:

aspek ekologi, produksi, serta sosial ekonomi dan budaya masyarakat sekitar (Purnawan, 2006). Paradigma baru dalam pengelolaan dan pembangunan hutan yang melibatkan masyarakat merupakan

harapan baru untuk dapat memecahkan permasalahan yang terjadi dalam pelestarian lingkungan. Adanya hal ini juga memberikan kontribusi secara langsung terhadap beberapa aspek dalam perkembangan seseorang  diantaranya: 1) pembentukan fisik yang sehat, bugar, tangguh, unggul dan berdaya saing; 2) pembentukan mental meliputi: sportivitas, toleran, disiplin dan demokratis; 3) Pembentukan moral menjadi lebih tanggap, peka, jujur dan tulus; 4) pembentukan kemampuan sosial, yaitu mampu bersaing, bekerjasama, berdisiplin, bersahabat, dan berkebangsaan.

Masa pandemi covid-19 sudah bukan lagi alasan untuk menjadi generasi rebahan, karena mau tidak mau kita harus berdamai dengan keadaan, membiasakan beraktivitas berdampingan dengan covid, tentunya dengan memperhatikan protocol kesehatan yang ditetapkan. Anggota pramuka telah membuktikan bahwa mereka  mampu menysuaikan diri dengan perkembangan zaman khusunya dalam menghadapi era 5.0.

Daftar Pustaka :

Bahruni. 1999. Penilaian Sumberdaya Hutan dan Lingkungan. Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor.

Darusman, D. 1992. Laporan Akhir Pola Pengusahaan Hutan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Sekitar Hutan. Bogor: Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor.

Girsang, R. E. 2006. Pemanfaatan Sumberdaya Hutan oleh Masyarakat Sekitar Hutan Jati di BKPH Bancar, KPH Jatirogo, Perum Perhutani Unit II Jawa Timur.

[Skripsi]. Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor.

Nurrochmat, D.R. 2005. Strategi Pengelolaan Hutan. Upaya Menyelamatkan Rimba yang Tersisa. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Purnawan, R. 2006. Pemanfaatan Sumberdaya Hutan Sebagai Ekoturism Berbasis Kemasyarakatan. Surili 2 (39): 14.

Biodata Penulis

 

Data Pribadi :

Nama          : Lucyana Ratna Timor

TTL            : Kediri, 01 April 2003

Alamat        : RT.002 RW 001 Ds. Ringinpitu, Kec. Kedungwaru, Kab.

Tulungagung Hobby          : Memasak

Motto          : Keep Morals!

Ig /FB         : lucya_naa/ –

Email          : [email protected]

Riwayat Pendidikan

SDN O2 Ringinpitu

MTs. Al-Maarif

SMA. PGRI 01 Tulungagung

Riwayat Organisasi :

Satuan Karya Bhayangkara ( anggota aktif )

OSIS SMA PGRI

Drumband SDN 02 Ringinpitu

#Peransakajatim2020

#Jatimguyub

#Lombaartikelsaka2020


Like it? Share with your friends!

lucy timor

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Meme
Upload your own images to make custom memes
Gif
GIF format
Send this to a friend