Bakti Masyarakat

Pada masa pandemi ini, gerakan Pramuka makin gencar melakukan bakti sosial terhadap masyarakat yang membutuhkan. Hal ini didasarkan pada Dasadharma yang ke-2 yaitu “Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia”. Tiap-tiap gugus depan (Gudep) dan satuan karya (Saka) di setiap daerah melakukan kegiatan tersebut. Mulai dari bakti sosial secara formal maupun informal. Bakti sosial informal biasanya diadakan secara spontan dan atas dasar anggaran perseorangan. Sedangkan bakti sosial formal diadakan secara terstruktur dan atas dasar anggaran kelompok/organisasi.

 

 

 

PENGERTIAN UMUM

Bakti masyarakat mengandung arti mengerjakan sesuatu secara sukarela untuk kepentingan masyarakat. Bakti masyarakat dikerjakan dengan perasaan kebersamaan dan saling melengkapi. Karena hal ini disebabkan perbedaan kondisi sosial yang mengharuskan kita untuk saling berbagi. Dengan saling berbagi tersebut kita dapat meraih sesuatu bersama. Tidak ada kesusahan apabila di kerjakan bersama.

Bakti masyarakat adalah bukti penerapan salah satu janji Pramuka(Trisatya) berbunyi “menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri/ikut serta membangun masyarakat”, sehingga kegiatan bakti masyarakat adalah kegiatan kepramukaan yang menjadi penanaman media dan menjadi pengawas Kode Kehormatan Pramuka.

 

 

 

TEMPAT PELAKSANAAN

Pada dasarnya, tempat bakti masyarakat adalah di lingkup masyarakat itu sendiri. Tidak lepas dari peran para pemuda yang dekat lingkungan tersebut. Tempat bakti dapat dilaksanakan di perkampungan, perkotaan, perkebunan, persawahan dan lain sebagainya. Di perkampungan biasanya banyak masalah tentang saluran air yang tercemar limbah sampah. Hal ini dapat menyebabkan banjir ataupun bau busuk yang sangat menggangu. Selain penyebab diatas  limbah sampah juga dapat menjadikan lingkungan sekitarnya di pandang kumuh. Maka dari itu Pramuka biasanya bergerak untuk membantu masyarakat di tempat tersebut untuk melakukan pembersihan saluran air. Tak hanya membantu pemberaihan, namun juga memberikan edukasi tentang cara membuang sampah yang baik dan hal ini sangat efektif apabila disampaikan langsung secara bertatap muka. Sudah di sebutkan perkampungan, hal ini sebaliknya yaitu di perkotaan dimana mungkin masalahnya tak jauh beda dari permasalahan di perkampungan. Apabila di perkotaan lebih identik dengan kurangnya lahan hijau. Dari kurangnya lahan hijau tersebut berdampak pada kualitas udara yang ada. Maka, pramuka punya peran untuk menanami lahan kosong yang ada serta memberikan edukasi tentang pentingnya ruang lingkup hijau.

 

 

 

LEMBAGA YANG BERTANGGUNG JAWAB

Biasanya Pramuka berkegiatan di lingkungan sekolah, maka yang menaungi adalah pihak sekolah.

Apabila di luar sekolah bisa di naungi oleh lembaga kepramukaan. Seperti kwaran hingga kwarnas, yang hal tersebut supaya para Pramuka memiliki pengawas sehingga tidak asal dalam mengambil tindakan.  Dalam bakti masyarakat, Pramuka biasa di naungi oleh lembaga pemerintah. Dalam hal ini seperti Dinas lingkungan hidup, kepolisian, dll.

 

 

TUJUAN PELAKSANAAN

Bakti masyarakat punya tujuan secara jangka pendek dan jangka panjang. Hal ini dibagi kembali menjadi beberapa indikator. Indikator tersebut adalah manfaat diri sendiri serta manfaat orang lain. Pada jangka pendek untuk manfaat diri sendiri adalah sebagai pembangkit rasa peduli kepada sesama. Selain peduli sesama, juga menjadi seseorang yang nantinya dapat diandalkan di tengah-tengah masyarakat. Untuk jangka panjang manfaat diri sendiri maka kita dapat melihat dari sisi pengalaman yang dapat digunakan dalam dunia kerja di kemudian harinya.

Manfaat orang lain dari jangka pendek maka dilihat dari perasaan gembira ataupun senang dari masyarakat yang sudah terbantu akan bakti masyarakat. Hal tersebut dibuktikan dengan ekspresi wajah yang bahagia saat para pramuka membantu untuk melakukan tugas kemasyarakatan. Untuk jangka panjangnya diharapkan bahwa masyarakat dapat mengambil hikmah maupun mengaplikasikan edukasi-edukasi yang telah disampaikan oleh para kakak-kakak Pramuka yang melakukan bakti masyarakat.

 

 

 

 

BENTUK STRUKTUR KEGIATAN

Untuk bentuk struktur kegiatan biasanya tergantung dalam tempat atau daerah yang akan di laksanakan bakti masyarakat itu sendiri. Apabila di daerah pegunungan maka struktur kegiatan nya diambil dari kakak-kakak yang memiliki sertifikasi ataupun pengalaman dalam melakukan kegiatan di pegunungan. Beda lagi apabila di daerah perkotaan maka spesifikasi nya berbeda , yaitu lebih ke kemampuan berbicara di depan umum.

 

 

KESIMPULAN

Bakti masyarakat adalah kegiatan yang bertujuan untuk membantu masyarakat yang sedang membutuhkan bantuan. Dilain dibutuhkan untuk melakukan bantuan secara fisik, namun juga secara jiwa yaitu di saat terjadi bencana alam.

 

 

 

 

 

 

Daftar Pustaka

1. https//antik65.blogspot.com/2016/08/bakti-masyarakat.html?m=1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BIODATA

Nama : Zaky Amrullah Ramadhan

TTL : Madiun, 04 November 2003

Alamat : Jl. Brotoseno – Dusun II Kincang Wetan, Jiwan, Kab. Madiun

Saka : Dirgantara

Pangkalan : Lanud Iswahjudi Kota Madiun

Kwarcab : Kota Madiun

No. WhatsApp : 085334974261

 

 

 


Like it? Share with your friends!

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Meme
Upload your own images to make custom memes
Gif
GIF format
Send this to a friend