82 shares

“Keseruan Festival Wirakarya Kampung Kelir 2019 Zona Empat Blitar”

FWKKP?? Siapa sih yang nggak tau tentang kegiatan ini, pastinya buat anak tunas kelapa atau anak pramuka tau dongg tentang salah satu kegiatan Se-Jatim ini dan kabarnya nih,, FWKKP digelar lagi loh gaes tahun ini, iya tahun 2019 ini nihh gaes,,. wahhh kabar bagus ya gaes buat kita-kita khususnya anak pramuka. So pasti, seneng banget dongg selain bisa dapat kenalan Se-Jatim, kita bisa juga lah yaa,..bagi pengalaman ke adik-adik kelas kita. Wah.. seru banget ya pastinya.

Oh iya ngomong-ngomong soal FWKKP nih, kalian tahu nggak sih apa itu FWKKP dan apa saja kegiatan yang ada di dalam kegiatan FWKKP 2019 tahun ini. Nah, pasti kalian penasaran kan,,iya kan,,iya kan,,. Nah biar kalian semua nggak pada penasaran nih, yuk ikutin cerita kakak kali ini.

FWKKP atau (Festifal Wirakarya Kampung Kelir Pramuka) adalah salah satu kegiatan yang dibentuk oleh Kwartir Daerah Jawa Timur. Terus apa sih maksud dari kegiatan ini??? Nah, jadi gini nih gaes maksud dari dibentuknya kegiatan ini adalah sebagai wadah untuk mengembangkan potensi masyarakat agar lebih senantiasa peduli dengan lingkungan. Selain itu, menjadikan seorang pramuka penegak sebagai patriot lingkungan di daerahnya masing-masing. Serta menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kesadaran terhadap lingkungan. Nah, lalu siapa saja sih kak yang menjadi sasaran dalam kegiatan ini?? OK, jadi sasaran dari kegiatan FWKKP Tahun 2019 ini sendiri adalah seluruh pramuka penegak Se-Jatim. Namun, dalam kawasan Jatim sendiri itu dibagi menjadi 11 zona gaes. Dan 11 zona itu sendiri antara lain:

  • Pacitan
  • Kota Mojokerto
  • Tulungagung
  • Blitar
  • Kota blitar
  • Kota pasuruan
  • Nganjuk
  • Kota probolinggo
  • Ngawi
  • Situbondo
  • Pamekasan

Nah, ditahun ini, Tepatnya pada zona keempat, Blitar mendapat kesempatan untuk menjadi tuan rumah dari kegiatan FWKKP Tahun 2019. Dan wilayah Kwarcab Blitar tahun ini terbagi menjadi 4 bagian. Diantara keempat bagian itu ialah,Blitar,Malang,Kota Malang, Dan Kota Batu. Untuk wilayah kwarcab Blitar sendiri lebih tepatnya dikawasan candi Penataran gaes, Nah udah pada tahu lah ya Candi Penataran. Nah, disinilah FWKKP Tahun 2019 diselenggarakan gaes. Namun, sebelum kalian mengikuti FWKKP kalian harus melakukan beberapa pembekalan seperti, Tecnichal Centre Dan Tecnichal Meeting, Ini dilakukan agar kalian tahu bagaimana kegiatan yang akan dilakukan pada FWKKP tahun 2019 gaes. Dan pada TC ataupun TM itu sendiri biasanya digelar disuatu tempat oleh beberapa anak pramuka dari beberapa sekolahan. Ya bisa dibilang juga kayak suatu pertemuan gitu.. tapi inget!! ini pertemuan anak pramuka yaahh gaes. Dan kemudian Setelah TC atau TM dilaksanakan tibalah pada hari-H atau hari dimana FWKKP Tahun 2019 itu dimulai. Nantinya pada FWKKP Tahun 2019 kalian akan diberi beberapa kegiatan mengenai bagaimana menjadi seorang pramuka sejati yang terjun langsung dalam masyarakat dan ikut membantu ketika masyarakat itu sendiri butuh kita.

Kemudian, Pada kegiatan FWKKP yang diselenggarakan pada Tahun 2019 ini, kita juga diberi beberapa kegiatan yang dibilang sangat berfaedah banget gaes.. Yaaa… seperti bakti pengecatan,pemugaran rumah warga,sosialisasi PHBS dan BPOM,festifal kecerdasan,dan yang terakhir adalah malam brawijaya atau malam pertunjukan pentas seni gitu. Nah, kakak ceritain satu persatu ya, biar semua nggak penasaran. Jadi begini, kegiatan ini berlangsung selama 4 hari 3 malam. Dan pada kegiatan FWKKP ini, kalian akan diberi pengarahan mengenai kegiatan pada hari pertama yaitu registrasi peserta,  kemudian TM yang disertai sosialisasi dari PHBS,BPOM,Dan GENRE gitu gaes. Wahh bermanfaat banget yahh.. dan lanjut pada kegiatan berikutnya yaitu ISHOMA dan dilanjut pada kegiatan intinya bakti pengecatan yang pertama, Nah ini nih yang paling seru apalagi buat kalian yang hobinya coret-coret dinding. Kemudian setelah itu, disini kalian akan diberi sosialisasi dari badan PHBS,BPOM,dan GENRE gitu gaes, Nah, kemudian kalian akan diajak untuk opening ceremony,dimana seluruh peserta dikumpulkan disebuah lapangan untuk melakukan opening ceremony dan setelah usai, kalian diperbolehkan untuk beristirahat. Hari H+2, disini kalian akan diajak untuk melakukan senam pagi tepatnya pada pukul 05.00 – 06.00 gitu, setelah senam selesai, kalian diberi kesempatan untuk giat pribadi. Yaa.. kurang lebih 2 jam-an gaes. Dan setelah itu, dilanjutkan dengan bakti pengecatan yang  ke-dua. Durasi waktunya cukup lama gaes yaa.. tiga jam-an sih.. kemudian setelah tiga jam-an kita diperbolehkan untuk ISHOMA setelah ISHOMA  kalian akan diajak untuk melakukan bakti pengecatan yang ke-tiga,nah dan pada kesempatan ini kalian juga bisa melakukan gladiresik untuk mengikuti pentas seni di Malam harinya gaes,dan setelah pengecatan ke-tiga selesai,barulah kalian dipersilahkan untuk beristiarahat, dan tiba pukul 19.00 – 21.00 acara yang paling ditunggu-tunggu yaitu malam keakraban, disini kalian diberi kesempatan untuk menampilkan pentas seni sesama peserta FWKKP. Dan disinilah kalian bisa saling mengenal jauh lebih dekat lagi dengan peserta FWKKP gaes, Nah kalau kakak sih dapat kenalan dari anak SMKN 2 Blitar. Hehehe.. setelah kegiatan malam keakraban telah selesai, barulah kalian diizinkan untuk berlayar kepulau kapuk…hahhh akhirnya selama seharian utuh kebayar juga dengan tidur pulas,hehehe…

H+3 kegiatan kalian disini masih sama gaes dengan kegiatan pada H+2 kemarin yaitu, senam pagi dan dilanjutkan dengan giat pribadi,bakti pengecatan ke-empat, kemudian dilanjut dengan ISHOMA. Namun,yang membedakan dari kegiatan yang sebelumnya yaitu Festifal Kecerdasan. Nah, pada kegiatan inilah yang paling kakak suka, sebab.. disinilah kita bisa beradu secara sehat dengan peserta FWKKP lainnya. Mengenai seberapa dalam pengetahuan kita tentang pramuka. Nah, pada festifal kecerdasan ini diikuti oleh 1000 peserta FWKKP tahun 2019. Dan difestifal kecerdasan ini berbentuk sistem gugur maksudnya, akan dipilih beberapa peserta PA dan PI masing-masing 5 orang, yang nantinya akan mengikuti puncak festifal kecerdasan itu sendiri gaes.

Dan nanti pada puncak festifal diikuti oleh 10 peserta FWKKP tahun 2019 yang telah lolos dari festifal kecerdasan sebelumnya. Dua PA dan dua PI dengan total peserta 44 orang dari masing-masing zona terbaik nantinya juga akan mengikuti festifal kecerdasan di tingkat provinsi. Nah, tidak sampai diprovinsi saja loh gaes, ternyata peserta festifal kecerdasan yang lolos dari tingkat provinsi akan dipilih sebanyak 16 orang dan diantaranya (8 PA dan 8 PI) untuk diberangkatkan ke luar negeri.  Wah. menarik yah gaes..Tapi sayangnya, susah-susah gampang juga sih beradu pengetahuan dengan peserta lainnya apalagi dari sekolah-sekolah kota. Hehehe.. dan setelah itu, pada pukul 17.00 – 19.00 kalian diizinkan untuk beristirahat gaes, dan setelah itu, tibalah yang paling kakak tunggu nih. Yappss,.. Malam brawijaya sekaligus penutupan kegiatan FWKKP tahun 2019. Namun, disini kalian tidak hanya sekedar penutupan biasa, kalian disuguhkan dengan penampilan guest start. Coba tebak siapa quest star nya hayo??? Yaps quest star nya adalah grup band ”Klantink”. Bagus banget loh gaes penampilan dari grub band klantink and cakep-cakep pula personilnya. Hmm..lengkap sudah yah cerita FWKKP tahun 2019 kakak ini. Memang pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan, mungkin ini akan jadi pengalaman yang sangat berarti selama kakak menjadi anggota pramuka. Seneng  banget rasanya jadi anak pramuka.

 

Diah Aprilia Sari

040420010182

Jabung,Talun,Blitar

Hp :085736814207

fb:April Lia
Tweeter:@AprielLia16
Ig:Apriellia01


Like it? Share with your friends!

82 shares
Admin DKD

Emperor

Ini biografi di profile tesss saasdftasdfasdf

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Meme
Upload your own images to make custom memes
Gif
GIF format
Send this to a friend