LANGKAH KECIL UNTUK MASYARAKAT AGAM

2 min


 

Virus Covid-19 sudah menyerang hampir seluruh negara di dunia.

Bagaimana dengan Indonesia?

Ekonomi melemah, banyak pekerja di PHK, rakyat kecil tidak makan, sektor perdagangan, seni, pendidikan, sampai pariwisata lumpuh tak berjalan. Tak hanya itu, masyarakat dihimbau di rumah saja , bekerja dari rumah, bersekolah dari rumah dan semua kegiatan yang awalnya dilakukan bersama-sama seperti kegiatan Pramuka pun sekarang harus dilakukan secara individu dari rumah. Memakai masker, menjaga jarak dan mengukur tangan sudah tak asing di telinga. Tapi nyatanya kasus penderita positif Covid-19 di Indonesia masih belum mereda.

Lalu, apa peran kita sebagai anggota Pramuka dalam membantu pandemi yang selama ini membuat kita tidak bisa berkegiatan seperti hari yang lalu?

Berikut beberapa kegiatan yang dapat kita lakukan untuk turut serta melindungi masyarakat Indonesia dari virus covid-19:

1.     Memberikan Edukasi Kepada Masyarakat di Lingkungan Sekitar

Tetangga adalah keluarga terdekat kita. Jika kita atau tetangga kita sakit, maka akan berpengaruh terhadap lingkungan sekitar tempat tinggal. Sebagai generasi muda yang berwawasan, anggota Pramuka harus dapat turut serta memberikan edukasi tentang apakah pandemi yang sedang terjadi sekarang, bagaimana cara mencegahnya, dan bagaimana agar lingkungan bisa terhindar dari wabah yang ada. Protokol kesehatan dengan Gerakan 3M (Mencuci tangan, Memakai masker dan Menjaga jarak), menjaga emosional tubuh, menjaga imunitas tubuh dan menerapkan pola hidup sehat dan bersih dalam kehidupan sehari-hari adalah hal yang harus diketahui dan dilaksanakan oleh masyarakat agar bisa terlindungi dari virus covid -19. Edukasi bisa diberikan ke seluruh lapisan masyarakat, mulai dari anak-anak sampai orang lanjut usia.

2. Memberi Contoh Baik Kepada Masyarakat   

Selain memberikan edukasi, anggota Pramuka juga harus menjadi teladan bagi orang-orang di sekitarnya. Hal ini sebagai wujud pengamalan Tri Satya dan Dasa Dharma yang selama ini kita pegang. Ketika kita melakukan hal baik dan berdampak baik bagi diri kita serta lingkungan, maka masyarakat akan menentukan apa yang telah kita lakukan, tentu dengan harapan masyarakat tersebut dapat mendapatkan hal baik yang diinginkan.

3. Tidak Lengah Menuju Indonesia Sehat Kembali   

Virus covid-19 memang ada, namun seperti kata pepatah, akan lebih baik jika kita mencegah kita mencegah harus dirawat. Saling mengingatkan akan protokol kesehatan saat peringatan, peringatan etika batuk yang benar, tak lupa selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat adalah langkah untuk mencegah covid-19 menyerang tubuh kita. Selain itu, jika ada masyarakat sekitar yang sudah terpapar covid-19 hal yang pertama dilakukan adalah tidak panik. Selanjutnya, sebagai warga negara yang baik, masyarakat juga tidak diperbolehkan untuk mengucilkan warga yang terpapar virus covid-19, akan lebih baik jika masyarakat justru memberikan dukungan kepada warga yang terpapar tersebut agar bisa pulih kembali dan bisa melakukan aktivitas bersama-sama.  

Dengan semangat gotong royong, bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan saling bahu membahu menciptakan lingkungan bersih dan sehat, maka langkah kecil kita sebagai anggota Pramuka akan berarti besar bagi negara yang besar ini.

 

 #jatimguyub

# Peransakajatim2020

# lembarartikelsaka2020

 

 

 

BIODATA

Nama               : REGINA NOVI RAHMADHANI

TTL                 : Malang, 24 November 2001

Alamat            : Jl. Bima Sakti 1 RT 03 RW O6 Bedali, Lawang, Malang

Saka                : Pariwisata

 

Kwarcab          : Malang


Regina Novi

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Meme
Upload your own images to make custom memes
Gif
GIF format