ArtikelPeran SakaTulisan Pengunjung

Masa Pandemi Tak Menghalangkan Bakti Pramuka Pada Masyarakat Tuban

ARTIKEL

Tema : “Wujud nyata Pramuka dalam Bakti Masyarakat di lingkungan Masyarakat”

“Masa Pandemi Tak Menghalangkan Bakti Pramuka Pada Masyarakat Tuban”

Oleh : SITI NUR ROHMAH

Pada hari Minggu, 20 September 2020 Pramuka IAINU Tuban mengadakan kegiatan bakti masyarakat dalam mencegah virus Covid-19. Di masa pandemi Covid-19 ini tidak menyurutkan semangat teman-teman Pramuka untuk terus melaksanakan kegiatan. Tidak hanya diam dan melihat kondisi Covid-19 ini, Saka Widya Budaya Bakti bersama dengan Tim Satgas peduli dampak Covid-19 melaksanakan Bakti Masyarakat dengan mengadakan penyemprotan disinfektan di setiap rumah dan ikut andil dalam kerja bakti di desa Tunah, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Tidak hanya penyemprotan disinfektan dan kerjabakti, kami juga membagikan masker kepada masyarakat dalam upaya pencegahan Covid-19.

Di samping itu, budaya memakai masker di masa kebiasaan baru masih saja belum dilaksanakan masyarakat dengan baik. Kesadaran untuk terus memakai masker belum dijalankan masyarakat saat bepergian rumah. Semua hal itu butuh adanya kesadaran diri dari masyarakat untuk selalu waspada dalam menghadapi Covid-19.

Padahal di tengah situasi pandemi Covid-19, pasien terus bertambah setiap harinya. Maka besar sekali dampak yang dirasakan oleh masyarakat, salah satunya yaitu faktor ekonomi. Nah, kegiatan bakti masyarakat diadakan dengan tujuan untuk melatih sikap kepedulian dan berusaha membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19. Selain itu, kegiatan ini juga dilakukan sebagai bentuk pengamalan nilai-nilai dari dasa dharma yang mengajarkan kita untuk selalu mencintai alam dan sesama.

Dengan usaha pecegahan virus Covid-19 yang dilakukan oleh Saka Widya Budaya Bakti dan Tim Satgas ini, kami harap tidak ada lagi yang terpapar virus Covid-19. Kami tekankan untuk menjaga kesehatan, rajin cuci tangan, dan memakai masker ketika beraktivitas di luar.

 

 

 

 

PROFIL PENULIS

 

Siti Nur Rohmah, lahir di desa Tunah, kecamatan Semanding, kabupaten Tuban, tepatnya pada 5 April 2000. Ia adalah anak bungsu dari 3 bersaudara. Masa kecil hingga MTs ia habiskan di tanah kelahirannya, MA di Lamongan, dan kuliah di tanah kelahirannya lagi, yaitu di IAINU Tuban, mengambil fakultas tarbiyah prodi Pendidikan Agama Islam.

Penulis bergelut dan mulai menyukai dunia literasi sejak MA. Berawal dari kebiasaannya menulis buku diary, hingga kini ia ingin merilis sebuah novel perjalanan semasa hidupnya. Doakan semoga segera tercapai, aamiiin.

Dan karyanya ini, semoga bisa bermanfaat bagi semua orang dimanapun berada.

Leave your vote

Related Articles

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x