Menjadi Generasi Muda yang SUKSES

4 min


Menjadi Generasi Muda yang SUKSES

Siapa Generasi Muda itu?

Generasi muda adalah generasi penerus bangsa,Yang mana merupakan aset penting suatu generasi muda mana yang tidak menginginkan kesusksesan dalam hidupnya. Sukses yang terukur dari berbagai macam hal seperti nilai akademik yang tinggi,memiliki banyak uang, keluarga yang harmonis, prestasi yang semakin meningkat,dan lain sebagainya Semua hal tersebut tentu merupakan harapan harapan yang diinginkan oleh setiap generasi muda yang menjadi bagian hidupnya didunia. Hanya saja standar kesuksesan tiap individu itu berbeda dikehidupannya masing masing.Ada yang memiliki banyak uang tapi masih merasa itu tidak cukup, nilai akademik tinggi masih kurang tinggi, dan sebagainya.

Dari sinilah Peran Pramuka sangatlah dibutuhkan generasi muda untuk mewujudkan apa itu arti kesusksesan yang sebenarnya. Generasi muda yang sukses tidak hanya diukur oleh harta, nilai, dan prestasinya saja melainkan ada standart lain yang diajarkan dalam pendidikan kepramukaan. Dunia,harta,dan nilai hanyalah hal yang mampir sementara sehingga ia bukanlah sebagai tujuan utamanya.

Berikut adalah arti Sukses yang Sebenarnya:

1.SUKSES,KARENA BERMANFAAT

Dalam agama Islam Dikatakan “Sebaik baik manusia adalah manusia yang memberikanmanfaatnya pada orang lain(HR Bukhari) Dari Kalimat tersebut dapat diartikan bahwa kita generasi muda pramuka diajarkan untuk menjadi manusia yang bermanfaat bagi Orang lain. Dalam hal ini dapat di Implementasikan bahwa sejatinya seorang Pramuka itu melekat dengan masyarakat, meringankan tangannya untuk menolong sesamanya.

Mengapa demikian? Karena Hal itu merupakan suatu keharusan dan Kewajiban bagi seorang Pramuka. Bahkan memberikan manfaat kepada manusia yang lain adalah Kebutuhan,karena kita akan merasakan kebermaknaan jika apa yang kita miliki diberikan untuk menolong orang lain. Apalagi jika orang tersebut memiliki banyak Potensi dan segudang kemampuan, tentu saja akan lebih bermakna jika dapat Membantu orang lain.

Bangga ketika kwarnas gerakan pramuka memiliki semboyan “Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita” Dari Kalimat tersebut merupakan langkah awal dimana pramuka memiliki peran penting di lingkungan masyarakat dalam hal pengelolaan berita. Hal Tersebut merupakan salah satu Bentuk bakti masyarakat dalam hal pemberian informasi yang Faktual.

Tidak hanya berhenti disitu saja, Banyak Agenda Agenda kegiatan dari gudep,DKR,DKC,DKD,DKN,dan Saka yang berbakti pada masyarakat. Salah satunya adalah Satuan Karya Wira Kartika, yang Mana Satuan tersebut lebih melekatkan diri untuk bersatu padu pada masyarakat, Sama seperti apa yang dilakukan babinsa (TNI) yang mengabdikan diri untuk Membantu masyarakat dilingkungan masyarakat. Pertanyaannya mengapa manusia harus memberikan manfaatnya? Dan mengapa hal tersebut merupakan kunci sukses Sebenarnya? Berikut Penjelasannya.

Karena memberikan manfaat kepada sekitar adalah Kebutuhan.

Namun sering kali generasi muda saat ini lupa pada sekitarnya dan berkutat hanya pada persoalan dirinya sendiri. Padahal dibalik usianya yang muda, banyak yang bias dilakukan untuk memberikan suatu yang berarti di masyarakatnya. Misalnya saja memberikan barang-barang yang tidak digunakan pada orang yang membutuhkan, mengumpulkan uangjajan untuk memberikan bantuan sosial pada yang kurang mampu bersama rekan rekan, mengajarkan belajar pada anak-anak yang kurang mampu, dsb. Daripada uang jajan kita dihamburkan untuk suatu yang sia-sia, mengikuti kegiatan yang tidak bermanfaat, bernilai hedonisme semata, Iebih baik digunakan untuk hal yang bermanfaat bagi masyarakat (Orang lain) dan berpahala akhirat.

Kita tidak perlu bangga memiliki berbagai prestasi yang tinggi. Penghargaan yang banyak, kecerdasan, harta berlimpah, ilmu yang segudang andai ha-hal tersebut tidak memberikan kebermanfaatan bagi bangsa,Agama,dan sesama. Itulah ukuran utama kesuksesan kita. Bukan hanya mendapatkan apa yang kita inginkan, mencapai impian-impian tertinggimu, namun seberapa manfaat yang dapat diberikan dari yang kita dapat dan capai.

#manusiahidupsecarasosialisdanbukanindividualis,Kita butuhmasyarakatdanmasyarakatbutuhkita

2.SUKSES,KARENA MEMBANGUN MASYARAKAT

Jati diri generasi muda sebagai seorang pramuka,adalah pemimpin/pengelola.layaknya seorang pemimpin,yang memiliki Kewajiban untuk menjadi teladan bagi yang lain. Hal tersebut telah tertuang pada janji seorang Pramuka yakni pada Tri Satya poin Ke 2 yang bunyinya “menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat

Generasi muda pramuka semestinya tidak hanya jadi penonton di tengah proses pembangunan yang berlangsung, melainkan ikut berpartisipasi dalam pembangunannya. Poin ke 2 tri satya tersebut harus dapat diwujudkan oleh semua generasi muda,salah satu caranya adalah dengan melakukan pengabdian bakti masyarakat. Sebagaimana contohnya,yakni dengan kita berbaur kedalam masyarakat,ikut dalam pengelolaannya dan membantu pengembangannya,intinya kehadiran kita disuatu lingkungan masyarakat membuat masyarakat semakin dipermudah dan menguntungkan bagi keduabelah pihak.

Adanya Program Gerakan Pramuka Peduli sebagaimana tercantum dalam keputusan Kwarnas Gerakan PramukaNomor 148 tahun 1999,Juga membuat generasi muda pramuka semakin melekat dilingkungan masyarakat,sehingga meningkatkan kinerja pengabdiannya dibidang pembangunan masyarakat

Pertanyaanya? Mengapa hal demikian juga dapat dikatakan sukses yang sebenarnya? Karena sama seperti poin yang pertama dimana sukses tidak mesti kita memliki segala sesuatunya dan tercapai seagala keinginannya.Melainkan ketika kita berguna bagi orang lain dan berada ditempat dimana orang lain merasa terbantu oleh adanya kita para generas muda pramuka.

#Kita datang membawa manfaat dan pulang membawa berkat.

3.SUSKES,DI AKHIRAT

Dalam agama islam dikatakan

Dan tiadalah kehidupan dunia ini selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertaqwa.maka tidakkah kamu memahaminya?”(QS.AlAn’am:32) kehidupan kita di dunia bukanlah apaapa. Ada masa depan akhirat yang akan kita hadapi nantinya. Jika ukuran sukses kehidupan kita hanya di dunia, tentulah itu bukan sukses yang sebenarnya. Keselamatan di akhirat lah yang menjadi ukuran utama kesuksesan kita. Dan tentunya dengan berbekal amalan- amalan di dunia lah yang bias menyelamatkan hidup di akhirat. Disinilah letak pramuka dalam mendidik generasi mudanya,ketika kita membantu orang lain,mempermudah pekerjaannya, menjadi teladan bagi yang lain,mengabdi dan berbakti untuk masyarakat,membuat orang lain senang atas kehadiran kita disuatu lingkungan masyarakat tersebut. Tentu hal hal tersebut tidaklah sia sia kita lakukan,sembari kita melakukan agenda kegiatan dalam waktu yang bersamaan kita juga membutuhkan amal untuk diri kita.

Kesempatannya hanya saat ini, ketika kita masih di dunia. Itulah kelak masa depan dan kesuksesan yang sesungguhnya. Bukan hanya kesuksesan di mata manusia, melainkan di dalam penilaian Allah.Seperti yang tertuang dalam agama Islam yang bunyinya,

Hai orang-orang yang beriman,bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat): dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah maha mengetahui apa yang kamu kerjakan(QS. AlHasyr: 18)”

#Sukses yang Sebenarnya adalah Ketika kita Dapat bermanfaat bagi orang lain, kita merasa senang karena dapat Membantu orang lain, orang lain merasa Senang karena Terbantu oleh kita,dan hal tersebut Berdampak pada kehidupan kita baik didunia maupun Akhirat.

 

 

Daftar pustaka :

1.https://muallimin.sch.id/2016/01/20/jadilah-orang-yang-bermanfaat/

2.https://kumparan.com/gerakan-pramuka/ini-pengertian-setiap-pramuka-adalah-kantor-berita

3.https://www.jurnalponsel.com/teks-tri-satya-pramuka/

4.https://pramukapedulikabupatenbekasi.wordpress.com/profile/sk-kwarnas/

5.https://tafsirweb.com/2156-quran-surat-al-anam-ayat-32.html

Karya : Taufik Hidayat Septian,

Pangkalan : Saka Wirakartika Kodim 0807 Tulungagung


guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Meme
Upload your own images to make custom memes
Gif
GIF format