ArtikelPeran SakaTulisan Pengunjung

Operasi Perut Lapar | Giat Bakti Masyarakat | Saka Pariwasata

OPERASI PERUT LAPAR

Disusun oleh:

MADA SEPTILANI WIDIA PUTRI

 

 

SAKA PARIWISATA KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA KABUPATEN PACITAN

1301-007

 

A.    PEMBUKAAN

 

Bukankah kalian pernah mengikutin bakti masyarakat? Tentunya pernah bukan, nah oleh karena itu maka itu semua tentu pernah berkecimpung langsung di kemasyarakatan. Perkemahan biasanya tidak luput dengan bakti sosial ke rumah-rumah warga untuk membantu membersihkan rumah dan halaman, selain itu kita  juga membersihkan jalanan. Di dalam bakti masyarakat ini Saka Pariwisata Kwarcab Pacitan memilih untuk membantu masyarakat di sekitar Kabupaten Pacitan yang sedang bekerja di bawah panas sinar matahari yang terik seharian, kegiatan ini kita namakan  “OPERASI PERUT LAPAR” mengapa demikian? Karena kita di kegiatan ini memberi atau memberi bantuan berupa makanan untuk membasmi perut yang lapar akibat bekerja seharian. Saya berterimaksih kepada semua pihak yang terlibat karena sudah mempercayakan tugas ini kepada saya dan saya meminta maaf jika dalam pembuatan artikel ini ada kurang lebihnya karena manusia tidak luput dari kesalahan.

1.     LATAR BELAKANG

            Pramuka adalah suatu organisasi yang bertujuan membina gemerasi muda yang terampil, kreatif dan  beriman, bertaqwa kepada tuhan YME, sehingga nantinya siap terjun ke masyarakat dan dapat mengabdikan di tengah tengah masyarakat dengan baik dan penuh tanggung jawab sesuai dengan tri satya dan dasadarma. Untuk mewujudkan hal ini perlu adanya sebuah kegiatan yang membangkitkan motivasi anggota gerakan pramuka mulai dari tigkat penggalang sampai penegak dsan orang yang memiliki jiwa pramuka untuk ikut dan berperan sertasecara aktif membuat sebuah kegiatan-kegiatan yag positif dan dapat menumpuk rasa percaya diri, tanggung jawab, kreatif, dan dapat bersaing secara sehat dalam memberikan pemahaman kepada anggota promuka

Latar belakang dari kegiatan ini adalah membantu masyarakat di Kabupaten Pacitan yang bekerja di bawah terik matahari juga untuk mengikuti kegiatan Peran Saka Jawa Timur 2020. Kita memilih untuk membantu masyarakat yang bekerja dibawah terik matahari karena pekerjaan itu cukup berat menurut kita karena mereka lebih sering menahan lapar untuk mencari rezeki, contohnya tukang becak, tukang becak berangkat petang pulang petang bahkan bisa sampai larut  malam dan mereka lebih sering menahan laparnya karena sebelum mendapat uang mereka belum bisa makan dan terkadang mereka belum makan karena keluarga yang dirumah belum makan. Kenapa kita memilih Alun-Alun Kota Pacitan? Karena disana banyak bapak bapak tukang becak dan bapak bapak pekerja.

2.     RUMUSAN MASALAH

a.     Dimana kegiatan ini dilaksanakan?

b.     Mengapa pekerja menjadi sasaran bakti ini?

c.     Kapan kegiatan ini dilaksanakan?

d.     Siapa saja yang terlibat dalam kegiatan bakti ini?

e.     Bagaimana proses dari kegiatan ini?

f.      Apakah ada kendala di dalam kegiatan bakti ini?

 

 

3.     TUJUAN

Tujuan dilaksanakannya kegiatan bakti masyarakat ini adalah untuk membantu masyarakat yang sedang bekerja di bawah terik matahari. Selain itu, kegiatan ini dilakukan sebagai kegiatan Peran Saka Jawa Timur 2020. Dalam kegiatan ini diharapkan bisa membantu masyarakat sekitar,dan juga memberikan bantuan berupa makanan untuk para pekerja di sekitar Alun-Alun Kota Pacitan. Kegiatan bakti masyarakat ini ditujukan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan terutama makanan,karena kemungkinan besar para pekerja yang dari pagi sampai sore belum makan karena masih berusaha mengais rezeki sehingga mereka kami jadikan sebagai sasaran utama dari Kegiatan Bakti Masyarakat oleh anggota SAKA PARIWISATA

B.    ISI.

1.     PEMBAHASAN

a.    Kegiatan ini di lakukan di area Alun-Alun Kota Pacitan yang beralamatkan di Jl.Sugiyo Pranoto No. 01, RW 1, Krajan, Kec. Pacitan, Kab. Paitan, Jawa Timur.

b.    Pemilihan tempat itu untuk melakukan giat bakti memiliki alasan yaitu tempat yang strategis, dan biasanya di sana banyak bapak bapak tukang becak yang mangkal menunggu penumpang karena banyaknya pengunjung di Alun Alun Kota Pacitan. Disana juga terdapat kuli bangunan yang sedang memperbaiki fasilitas umum.

c.    Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 22 November 2020, kita mempersiapkan makanan yang akan kita bagikan sekitar jam 11.00 dan kita berangkat ke Alun Alun Pacitan pada jam 14.00, setelah semua makanan sudah di bagikan dan  habis kita kembali ke tempat awal sekitar jam 16.00.

d.    Yang terlibat dalam kegiatan ini adalah kita semua perwakilan dari Saka Pariwisata Kota Pacitan.

e.     Kita memiliki beberapa rangkaian proses dalam kegiatan itu yang pertama kita menyusun perencanaan kegiatan giat bakti ini kita menyusun kegiatan kita menyusun kegiatan ini satu hari sebelum kegiatan bakti dimulai.kita menyusun kegiatan ini sekitar setengah hari dan menyiapkan apa saja yang di butuhkan, setelah hari bakti sosial ini tiba kita memasak makanan yang akan di bawa ke Alun-Alun ,setelah makanan matang kita berangkat ke Alun-Alun dan setelah sampai di sana kita parkir di halaman Gasibu Pacitan, kita disana membagi tugas untuk bakti sosial, tidak berlama lama disana kita segera bergerak ke Alun-Alun Kota Pacitan. Kita langsung menghampiri bapak-bapak tukang becak dan setelah itu kita lanjutkan ke bapak bapak kuli (pekerja bangunan), kita memutari Alun-Alun kota Pacitan satu kali,saat nasi yang kita bawa sekitar 20 bungkus sudah habis kita segera kembali ke halaman Gasibu karena mengingat waktu yang semakin petang. 

f.     Mengenai kendala dalam kegiatan ini ada tapi tidak ada kendala yang besar atau bisa di katakan bisa diatasi contohnya hujan , kita merencanakan kegiatan ini jam 9 pagi tapi karena jam 9 pagi di daerah Pacitan hujan jadi kita undur sampai hujan reda sekitar jam 11 siang, setelah itu ternyata jam 11 masih hujan, tapi kita tetap mempersiapkan semuanya sembari berharap hujan reda setelah menunggu sampai jam 2 siang hujan di Kota Pacitan reda. Saat reda kita segera berangkat ke tempat giat bakti.

 

 

C.    PENUTUPAN

1.     KESIMPULAN

             Kegiatan bakti masyarakat ini dilakukan di Alun-Alun Kota Pacitan,yang merupakan tempat strategis.Kegiatan ini yaitu dengan melakukan “OPERASI PERUT LAPAR” dengan memberikan bantuan berupa makanan kepada para pekerja yang ada di sekitar Alun-Alun Kota Pacitan. Kegiatan bakti masyarakat ini sendiri dilakukan pada Minggu, 22 November 2020 yang beranggotakan 5 orang peserta PERAN SAKA JAWA TIMUR           2020. Kegiatan ini sudah direncanakan jauh-jauh hari,ketika hari pelaksanaan kegiatan bakti masyarakat kami para anggota PERAN SAKA JAWA TIMUR 2020 mempersiapkan makanan yang akan diberikan kepada para pekerja di sekitar Alun-Alun Kota Pacitan. Setelah semua persiapan selesai kami lalu langsung menuju lokasi untuk memberikan bantuan berupa makanan kepada para pekerja. Untuk kendala sendiri hanya kendala kecil yang dapat diatasi. Lalu kita telah berhasil melakukan kegiatan Bakti Masyarakat.

2.     SARAN

Kita harapkan untuk kedepannya kita lebih sadar akan keadaan masyarakat lain yang ada di sekitar kita,jika kita mampu mengapa tidak untuk membantu.

 

 

 

 

Leave your vote

Related Articles

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x