PEMUDA YANG BERPERAN PENTING DALAM MENCIPTAKAN PEMBANGUNAN

2 min


Pemuda merupakan harapan masyarakat untuk menciptakan pembangunan. Maka dari itu pemuda harus memiliki kepedulian terhadap lingkungannya. Namun tantangan generasi muda saat ini adalah isu globalisasi yang memunculkan egoisme manusia. Kepedulian sosial menjadi sebuah hal yang langka dan berdampak pada sikap saling tidak peduli terhadap sesama.

Diadakannya peran Saka Jatim ini menjadi jembatan para generasi muda satuan karya untuk memberikan dan menuangkan bentuk kepedulian sosial mereka. Saka Wira Kartika ranting Bendo sebagai perwakilan dari cabang Magetan melakukan aksi bakti sosial di desa Soko kecamatan Bendo. Acara bakti sosial ini diisi dengan beberapa kegiatan seperti kerja bakti membersihkan lingkungan yang dirasa itu sebagai permasalahan lingkungan yang sangat banyak ditemui, tumpukan sampah anorganik yang merusak ekosistem dan banyak kaleng kaleng berisi air yang memungkinkan terjadinya perkembangbiakan jentik-jentik apa lagi musim hujan seperti ini.

Selain adanya kegiatan membersihkan lingkungan para anggota Saka Wira Kartika ranting Bendo menanam tanaman toga (tanaman obat keluarga). Tanaman toga adalah tanaman hasil budidaya yang berkhasiat sebagai obat. Mereka memilih menanam tanaman toga ini karena darah Soko sudah cukup hijau dengan pepohonan untuk keseimbangan ekosistem diwilayah itu tersebut sekaligus karakteristiknya cocok sebagai sarana untuk memperbaiki status gizi masyarakat, dan lazim digunakan sebagai obat di daerah pemukiman. Selain itu bisa dimanfaatkan untuk keperluan memasak. Karena apabila penanaman tanaman obat alam tidak diikuti dengan upaya upaya pembudidayaan kembali maka sumber bahan obat alami ini akan mengalami kepunahan. Tanaman toga memiliki nilai ekonomis sehingga hasil panen bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat.

Dengan acara ini diharapkan anggota Saka Wira Kartika bisa menjadi contoh untuk pemuda-pemuda lainnya agar menumbuhkan sikap peduli dengan sosial terutama lingkungannya, serta bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

 

Daftar Pustaka

 

1. https://www.kompasiana.com/petaniindo/bakti-sosial-dari-para-pemuda_550edb20a33311b52dba845f

2. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Tanaman_obat_keluarga


guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals