Penerapan Karakter Pramuka Saka Bhayangkara Melawan Covid-19 di Lingkungan Masyarakat

1 min


Penerapan Karakter Pramuka Saka Bhayangkara Melawan Covid-19

di Lingkungan Masyarakat

              

Satuan Karya atau sering disebut Saka adalah tempat pendidikan Kepramukaan untuk menyalurkan bakat serta minat kaum muda. Saka Bhayangkara Polres Kediri Kota merupakan wadah bagi kaum muda wilayah Kediri yang ingin berkarya di bidang Kepolisian. Saka Bhayangkara menjadi salah satu organisasi yang dapat berpengaruh besar dalam membentuk fisik dan mental seorang anggota. Lewat pembekalan setiap diklat, serta pembelajaran yang disampaikan Instruktur Saka Bhayangkara dapat membentuk karakter seorang anggota yang sanggup mengaktualisasikan dirinya menjadi seorang pemuda yang memiliki tombak kemajuan bagi generasi Milenial. Saka Bhayangkara dinaungi oleh POLRI. Dalam Saka atau Satuan Karya pembina tidak ada atau bisa dibilang pembina adalah Pamong Saka. Selain Pamong Saka dalam Satuan Karya ada juga yang bernama Instruktur Saka. Apa sih perbedaan Pamong Saka dan Instruktur Saka?? Sebelum lanjut, akan dijelaskan sebentar perihal Pamong Saka dan Instruktur Saka. Pamong Saka merupakan seorang Pembina jika di gugus depan. Sedangkan Instruktur Saka merupakan orang yang membimbing kegiatan praktek serta keterampilan seorang anggota.

Apabila ditinjau dari keadaan sekarang, banyak orang yang kesulitan mencari nafkah di pandemi seperti ini. Bahkan sampai banyak yang kehilangan pekerjaannya karena pandemi ini. Maka Binmas dan Saka Bhyangkara Polres Kediri Kota, membagikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 berupa sembako.

Keadaan Indonesia saat ini masih darurat Covid-19. Masyarakat dihimbau untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan, memakai hand sanitizer, menjaga jarak setidaknya 1 meter deangan orang lain. Tetapi masih banyak masyarakat yang lalai dengan tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak atau sosial distancing. Maka dari itu Pamong Saka dan Saka Bhayangkara Polres Kediri Kota membagikan masker kepada masyarakat serta memberi himbauan untuk tetap menjalankan protokol kesehatan sesuai arahan dari Pemerintah.

Peran Saka Bhayangkara  yaitu tetap mengikuti protokol kesehatan yakni menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker dimanapun berada. Tidak hanya itu, Saka Bhayangkara juga harus membantu masyarakat sekitar.

#jatimguyub

#peransakajatim2020

#lombaartikelsaka2020

 

Oleh :

ANNISA RIDHA NURCAHYANI

Saka Bhayangkara Polres Kediri Kota


guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Meme
Upload your own images to make custom memes
Gif
GIF format