Siapa sih  yang gak tau FWKKP? Anak Pramuka pastinya udah pada tau ya kak,FWKKP atau Lebih di kenal dengan (Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka)  yakni adalah Festival yang diadakan oleh Kwarda Jatim,Untuk para Pramuka Penegak,lalu apa sih tujuan dari fwkkp ini? Nah FWKKP ini adalah ajang di mana para Pramuka Penegak dapat melatih kedisiplinan, jiwa patriot,tanggung jawab,dan masih banyak lagi.Pelaksanaan FWKKP 2019 ini di 11 Zona di Daerah Jawa Timur . FWKKP ini adalah FWKKP tahun ke Tiga, Yang pelaksanaanya sama dengan tahun kemarin namun Untuk Tahun ini tuan rumah berasal dari Pacitan,kota mojokerto,Tulungagung,Blitar,kotaBlitar,KotaPasuruan,Nganjuk,KotaProbolinggo,Ngawi,Situbondo,dan Pamekasan. Kali ini di zona 7 Nganjuk yang di laksanakan pada 15-18 Maret 2019 tepatnya di lapangan Kel.Kramat Kec/Kab Nganjuk .

# Day 1

Kontingen Asal Kab.Madiun Yang terdiri dari 250 peserta ,125 peserta Putra dan 125 peserta putri ini berangkat dari kwarcab jiwan pada pukul 4.50 am .Sesampainya di Nganjuk sekitar pukul 6.00 am setelah menurunkan barang dari bus yang dibawa untuk perlengkapan selama mengikuti FWKKP 2019.Mereka segera berkumpul di Base Came yang tepatnya berada di SMK Augustinus Katolik.Disana mereka di kumpulkan untuk sarapan pagi dan pengarahan kelas-kelas yg akan di gunakan untuk bermalam.Setelah pengarahan selesai seluruh peserta membawa barang-barang mereka ke kelas masing-masing.

Dari  250 peserta di bagi untuk kelompok pengecatan sekitar 25 kelompok yang setiap kelompok terdiri dari 5 Putra dan 5 Putri.Setiap kelompok memiliki pinkon dan wakil pinkon, untuk pinkon di diambil yang putra dan wakil pinkon di ambil yang putri.

Dilapangan Base Came  mereka di berikan pengarahan untuk sosialisasi terhadap masyarakat untuk pinkon mengikuti TM juga BPOM dan wakil pinkon mengikuti PHBS dan Genre.Untuk tempatnya Sosialisasi ini diadakan di dua tempat yang pertama di Kelurahan Kramat untuk TM dan BPOM,tempat ke 2 berada di Kampus IAI untuk PHBS dan Genre.

Di gedung Serbaguna IAI (Diponegoro) pelaksanaan Sosialisasi PHBS, Yang diikuti oleh wakil pinkon dari  setiap kelompok pengecatan,disana  juga ada kontingen dari kota Madiun,Jombang,,dan nganjuk.Dengan di adakanya sosialisasi  PHBS ini  kepada peserta Fwfkkp sangat bermanfaat karena menambah pengetahuan para peserta tentang bagaimana cara hidup dengan bersih dan sehat di manapun berada.

Disini juga di adakan sosialisasi untuk Genre atau biasa di kenal dengan sebutan ( Generasi Berencana )nah dapat kita lihat bahwa sudah ada kakak kakak dari Duta Genre yang sedang mensosialisasikan Genre itu kepada Peserta FWKKP Nganjuk,tentang PUP (Pentingnya Usia Perkawinan)

Di Kel.kramat sosialisasi tentang BPOM yang di ikuti pinkon tiap kelompok pengecatan.BPOM menjelaskan tentang bahaya narkoba yang mengancam generasi muda kita, bahaya kosmetik,obat -obat yang belum ada penilaian SNI / obat legal ,dan masih banyak lagi.

Setelah melaksanakan kegiatan sosialisasi tersebut para peserta FWKKP untuk yang laki -laki terutama yg beragama Islam di  wajibkan Shalat Jum’at berjamaah karena bertepatan pada hari Jum’at dan untuk yang perempuan Isoma sampai jam 12.55 pm.

Sekitar pukul 01.00 pm Para Peserta FWKKP Nganjuk mempersiapkan bakti pengecatan kepada  masyarakat .Mereka di kumpulkan di lapangan sekolah dan berangkat bersama ² ke rumah – rumah warga yang menjadi bakti pengecatan.

Kemudian setiap kelompok mendatangi rumah yang akan mereka jadikan sebagai rumah bakti pengecatan. Setiap kelompok sudah di berikan no urut rumah dan mereka mendapat peralatan untuk mengecat yang terdiri dari 2 kuas  Roll ,2 Kuas besar,3 Tempat cat untuk Roll.

Nah sebelum bakti pengecatan itu di mulai pinkon dan wakil pinkon di wajibkan untuk mensosialisasikan apa yang sudah mereka dapatkan setelah mereka mengikuti sosialisasi di kelurahan keramat dan kampus IAI tersebut.

Kali ini  pinkon dan wakil pinkon memberikan pengarahan kepada warga tentang BP POM dan PHBS.Setelah melaksanakan sosialisasi Bakti pengecatan pun di mulai.

Ini salah satu foto dari kegiatan bakti pengecatan yang di lakukan kelompok asal kontingen Kab.Madiun.Mereka melaksanakan bakti pengecatan mulai dari sekitar pukul 01.00 sampai 05.00.Setelah Bakti pengecatan dilaksanakan mereka kembali ke Base Came untuk Isoma.

Malamnya yakni Upacara pembukaan FWKKP  Zona 7 nganjuk 2019 yang di awali dengan menyayikan lagu kebangsaan Indonesia raya,Mengheningkan cipta,dan Mars jayalah pramuka semua peserta berdiri dan menyayikannya dengan hikmat.Setelah itu ada sambutan dari Cak Ipul (Syaiful yusuf) ketua Kwartir Daerah Jawa timur.kemudian di tabuhlah gong sebagai pembukaan Fwfkkp pada Malam itu.Setelahnya di putarkan film persembahan dari Daerah Nganjuk perwakilan Kangmas Airlangga dan Mbakyu Rahayu yang menunjukkan keelokan wisata yang ada di Kota Nganjuk.Di lanjut Pentas Seni tuan rumah sendiri.

# Day 2

Di hari kedua Para peserta FWKKP zona 7 Nganjuk mengikuti senam pagi yang dilaksanakan dilapangan utama.Setelah itu mereka sarapan pagi dan langsung menuju ke rumah warga untuk melanjutkan bakti pengecatan.

Mereka Melaksanakan bakti pengecatan mulai pukul 8.00 am sampai 11.00 am Kemudian di lanjut Isoma sampai jam 1:00 pm Setelah Isoma mereka melanjutkan bakti pengecatan hingga pukul 5.00 pm

Dihari kedua ini adalah hari terakhir untuk bakti pengecatan,sehingga mereka harus menyelesaikan tugas mereka pada sore itu.

Pada Malam harinya di tampilkan pentas seni dari beberapa kontingen dan penampilan pertama adalah dari kontingen kabupaten Madiun yang menampilkan Dongkrek  Wabah Pagebluk .Kemudian di lanjut pentas seni dari 4 kontingen lainya

# Day 3.

Di Hari ketiga ini setelah sarapan pagi mereka di kumpulkan di lapangan Base came dan di jadikan beberapa kelompok lagi untuk mengikuti kegiatan diantaranya Ekowisata ,Membuat jamu beras kencur,Bawang cookies, Tahu Pong dan juga ada game Grobaksodor,Nyungi tampah,dan masih banyak lagi

Nah Kali ini kita akan membahas soal ekowisata di Nganjuk dari Tuan rumah memberikan kesempatan kepada 200 peserta FWKKP untuk mengikuti ekowisata di Air Terjun Sedudo .Mereka berangkat sekitar pukul 6:00 am dan sampai pukul 7:00 am

Disini mereka di berikan pengarahan untuk bakti kebersihan di sekitar Air Terjun Sedudo.MerekaSaling gotong royong bahu membahu membersihkan tempat itu.mungkin TK ada kata lelah di benak mereka karena apa mereka saling bekerja sama ,mau susah senang bersama dan jika semuanya di lakukan secara bersama-sama pasti semuanya akan berjalan dengan baik.

Nah pada kesempatan kali  yang paling di  tunggu tunggu para peserta fwkkp 2019 yakni festival kecerdasan  mereka beradu pengetahuan di bidang kepramukaan dan umum,nah disini sistem gugur ya kak,jika gagal menjawab 1 soal saja maka akan langsung tersingkir.setiap kontingen akan di ambil 1 PA dan 1 PI untuk perwakilan ke babak selanjutnya.Nah jika sudah mendapatkan juara dari zona 7 ini maka mereka akan masuk grand final untuk bertanding memenangkan hadiah jalan-jalan ke luar negeri ….wahhh seru banget kannn

Pada malam harinya adalah malam keakraban yakni malam penutupan ,semua peserta berkumpul di lapangan utama ,dan dengan di pukulnya gong ,maka selesai pula perkemahan wirakarya kampung kelir Pramuka zona 7 Nganjuk.

Pada malam itu pula malam keakraban/Malam Brawijaya yakni  malam terakhir di tanah Nganjuk,tak seperti malam -malam sebelumnya karena pada malam itu di datangkan group bank Klantink .Pada malam itu juga setiap kontingen  menyanyikan   yel-yel di tengah hujan yang deras,udara yang dingin,baju basah kuyup karena hujan,tetapi semangat mereka tidak pernah padam.

Dari Pramuka saya mendapatkan sebuah pengalaman yang sangat mengesankan,awalnya saya tidak  tertarik sama sekali, karena dulu saya bersekolah di MI di sana Pramuka tidak terlalu di perhatikan,ketika SMP saya mencoba masuk Dewan penggalang dan apa yang saya rasakan … Saya merasa hidup kembali dengan keluarga kedua ini,jiwa kekeluargaan sangat melekat di utamakan,berlatih disiplin,tanggung jawab,bisa menjadi pemimpin yang baik,dan setelah itu saya menarik perkataan saya … setelah masuk SMA saya melanjutkan Pramuka sampai sekarang …dan sangat bersyukur sekali bisa mengikuti Festival ini,dimana saya banyak belajar dari kakak-kakak juga masyarakat sekitar…Terimakasih kepada Allah SWT …yang sudah memberikan kesempatan ini,akan tetap saya kenang sebuah pengalaman yang sangat berkesan ini.

#Salam Pramuka

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here