PENGHIJAUAN KOTA SAMPANG

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pelestarian lingkungan hidup merupakan suatu hal yang sangat penting di lakukan dilakukan demi keberlangsungan hidup di masa depan, lahan hijau semakin sulit di temukan karna sebagian besar beralih fungsi menjadi bangunan-bangunan. Seperti halnya di Kota Sampang.

 

Berkurang nya pepohonan di suatu daerah dapat menyebabkan polusi udara maupun  banjir. Bencara banjir terjadi akibat sempitnya lahan hijau. Lahan hijau dibabat kemudian didirikan bangunan-bangunan hunian maupun perindustrian. Adanya bangunan tersebut membuat air hujan terhambat dan tidak dapat terserap secara optimal ke tanah, sehingga memicu adanya banjir.

 

Melihat kejadian itu, kami satuan karya pramuka Wanabakti melalukan penanganan berupa menanam pohon yang bertujuan untuk penghijauan di kota sampang dan berharap bencana banjir di kota sampang dapat lebih teratasi. Selain untuk menghambat terjadinya bencana  banjir, penghijauan memiliki banyak manfaat lainnya, seperti sarana untu melestarikan lingkungan, agar lingkungan kembali asri dan sehat tanpa adanya pencemaran. Banyaknya oksigen yang dikeluarkan oleh tumbuhan akan membuat ligkungan lebih segar, teduh, nyaman, dan asri. Adanya penghijauan akan memberikan perlindungan. Pohon-pohon besar akan melindungi kita dari paparan sinar matahari. Selain itu juga dapat melindungi dari angin kencang, dan terutama penghijauan dapat mengurangi pencemaran yang dikarenakan karbondioksida yang berasal dari kendaraan bermotor dan asap pabrik dapat diserap oleh daun-daun pepohonan hijau tersebut. Penghijauan sebagai saran pencegah terjadinya bencana banjir dan erosi tanah. Dengan banyaknya pohon besar dan tinggi, air hujan akan diserap oleh akar tumbuhan. Kemudian air hujan tersebut diubah menjadi air tanah yang dapat memenuhi kebutuhan manusia dan makhluk lainnya.

 

Kesimpulan yang dapat kita  ambil adalah, penghijauan merupakan salah satu hal yang sangat penting di lakukan di setiap daerah karna penghijauan dapat mencegah dan mengatasi segala hal yang mengancam nyawa kita  dan merupakan bakti masyarakat yang sangat mudah kita lakukan oleh siapapun. Mari jaga bumi kita, rawat tumbuhan yang ada di sekitar kita demi masa depan bangsa dan negara.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Wilda Ayu Pramudiningtyas “Penghijauan Kota Sampang” (25 november 2020)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BIODATA PENULIS ARTIKEL

 

Nama                        :  WILDA AYU PRAMUDINING TYAS

Tempat Tgl. Lahir    :  Sampang, 27 Juni 2004

Alamat Rumah         :  Jl. Kramat 2 Kabupaten Sampang

Asal Sekolah            :  SMA Negeri 4 sampang

Satuan Karya           :  Wana Bakti

Pangkalan                :  KPH Madura / Wilker Sampang

HP/WA                    :  082331266002

Email                       :  [email protected]

 

Judul Artikel           : PENGHIJAUAN KOTA SAMPANG UNTUK MENGHAMBAT  TERJADINYA KOTA SAMPANG


Like it? Share with your friends!

Wilda Ayu

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Meme
Upload your own images to make custom memes
Gif
GIF format
Send this to a friend