PERAN GERAKAN PRAMUKA PENEGAK SAKA WIRA KARTIKA di TENGAH PANDEMI COVID 19

2 min


 

Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat. Matra darat sendiri dapat diartikan sebagai segala aktivitas dan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir, perorangan ataupun kelompok yang memanfaatkan kondisi alam di darat, seperti hutan, gunung, rawa, dan sungai.

             Saka Wira Kartika memiliki Program Pendidikan yang dibentuk dalam Satuan Krida, antara lain : Krida Navigasi darat, Krida Pionering, Krida Mountainering, Krida Survival, dan Krida Penanggulangan Bencana.

            Gerakan Pramuka Penegak Satuan Karya Pramuka Wira Kartika Kodim 0833 melakukan kegiatan dari salah satu Krida yaitu Penanggulangan Bencana, salah satu kegiatan nyata adalah melakukan penyemprotan di lingkungan yang kumuh, melakukan sosialisasi tentang pentingnya 3M (Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak), kegiatan ini dilakukan secara nyata serta membuat konten-konten di media sosial, diantaranya Facebook dan Instagram.

            Wabah Covid-19  yang berlangsung sudah hampir 8 bulan ini tentu memerlukan sebuah tindakan dan pemikiran yang cerdas. Sebagai anggota Gerakan Pramuka tingkat Penegak manajemen waktu sangatlah diperlukan, diantaranya menggunakan manfaat daring sebaik mungkin dan sisa waktu lainnya dengan melakukan pengabdian masyarakat. Ini adalah wujud salah satu implementasi dari Dasa Dharma ke 6 yaitu rajin terampil dan gembira. Rajin artinya menyelesaikan semua tugas yang diberikan oleh guru dengan tepat waktu, terampil artinya memanfaatkan waktu untuk melakukan kegiatan nyata atau melakukan wirausaha secara online, gembira artinya segala kegiatan dilakukan secara ihklas.

            Selanjutnya wujud nyata Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika melakukan serangkaian kegiatan baik yang terprogram maupun yang tidak terprogram, yang tidak terprogram maksudnya peka dan peduli terhadap lingkungan sekitar, mengatur lalu lintas, membagikan masker kepada pengguna jalan, membagikan sembako kepada warga  yang terdampak Covid-19, yang bekerja sama dengan pihak Kodim 0833 Kota Malang.

Berikut adalah beberapa dokumen nyata SWK bergerak, SWK bertindak

Gambar di ambil saat kami sedang bakti masyarakat

Gambar 1. Memplestêr dinding tepi jembatan

Gambar diambil saat kita sedang mengambil sampah-sampah disekitar markas

Gambar 2. Membersihkan sampah di sekitar pembangunan jembatan

Gambar 3. Mengkeduk / meratakan tanah

Gambar ini diambil saat kita ber koordinasi sebelum kegiatan

Gambar 4. Koordinasi sebelum melakukan kegiatan.

Gambar ini diambil saat kami sedang membersihkan mushola

Gambar 5. Membersihkan masjid

Gambar disamping diambil ssat kami membersihkan sekitaran lingkungan mushola

Gambar 6. Membersihkan lingkungan sekitar masjid.

Gambar diambil saat kita turun tangan karena ada kemacetan

Gambar 7. Mengatur lalu lintas

             Dari gambar-gambar di atas dapat disimpulkan bahwa sebagai anggota Gerakan Pramuka khususnya Saka Wira Kartika hendaknya senantiasa peka, peduli dan selalu menjadi inspirasi bagi orang-orang di sekelilingnya.

 

Wira Kartika “Jaya”… Wira Kartika “Jaya”… Saka Wira Kartika Kodim 0833 “Membangun karakter anak bangsa joss… joss… josss…”

 

Daftar Pustaka

Seeklogo.dalamhttps://seeklogo.com/vector-logo/213927/satuan-karya-wira-kartika diakses pada 18 November 2020

Literatur.dalam https://www.literasita.com/2020/04/saka-wira-kartika-pengertian-sejarah_27.html?m=1#:~:text=Saka%20Wira%20Kartika%20adalah%20wadah,keterampilan%20di%20bidang%20matra%20darat. diakses pada 18 November 2020

#jatimguyub

#Peransakajatim2020

#lombaartikelsaka2020


guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals