PERAN PRAMUKA DALAM MEWUJUDKAN GENERASI MUDA PRAMUKA YANG MELEK TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

3 min


PERAN PRAMUKA DALAM MEWUJUDKAN GENERASI MUDA PRAMUKA YANG MELEK TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

 

PENDAHULUAN

Gerakan pramuka merupakan pendidikan non-formal bagi generasi muda Indonesia dan organisasi kepanduan di Indonesia. Kepanduan yang didirikan oleh Lord Robert Baden Powell dari Gilwell ini, kemudian dibawa oleh orang belanda ke Indonesia yang mana pada masa itu masih bernama kepanduan dan memiliki banyak organisasi. Kemudian kepanduan ini dibubarkan dan didirikan lagi dengan nama lain yaitu Gerakan Pramuka oleh Sultan Hamengkubuwono IX, yang mana gerakan pramuka ini menjadi satu-satunya wadah bagi penciptaan muda untuk berkegiatan, beraksi, berlomba, mencari ilmu, pengalaman, dan bisa juga untuk mencari jodoh bagi mereka yang beruntung.

Semakin banyak anggota gerakan pramuka dan semakin berkembangnya zaman, tidak adil jika kegiatan kepramukaan tidak diimbangi dan diadaptasikan dengan perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi yang meningkat pesat terutama teknologi informasi dan komunikasi, banyak membuatperubahan ditatanan hidup masyarakat. Barang siapa yang tidak mengikuti perkembangannya, dia akan habis dan terkikis oleh ganasnya zaman dan teknologi. Memang jika dilihat secara singkat, teknologi mungkin bagi orang-orang yang minoritas, akan tetapi bagi yang melek teknologi hal demikian bisa menjadi sumber kehidupan dan sumber kehidupan dan perekonomian.

Gerakan pramuka yang anggotanya adalah para pemuda yang melek teknologi yang diharapkan menjadi agen perubahan bagi masyarakat luas pada umumnya dan bagi lingkungan sekitarnya. Melek teknologi disini dapat diartikan sebagai orang yang mengerti tentang teknologi baik sedikit maupun memang sudah menguasainya. Selain berkegiatan diluar ruangan, pramuka juga berkegiatan didalam ruangan. Berkegiatan di dalam ruangan jangan hanya penyampaian materi yang terkait kepramukaan saja, tetapi juga harus diisi dengan materi perkembagan teknologi, baik teknologi tradisional maupun modern.

PEMBAHASAN

Pada era perkembangan industri 4.0, penguasaan terhadap teknologi memang diperlukan bagi seluruh lapisan elemen masyarakat, terutama untuk menciptakan pemuda. Teknologi bukan hanya dijadikan sebagai pemahaman saja, tetapi sebagai masyarakat juga dituntut untuk memanfaatkan teknologi tersebut. Teknologi informasi dan komunikasi yang merupakan teknologi yang berhubungan dengan studi, pengolahan, penyimpangan, penyebaran, dan penyajian informasi.

Menurut KBBI, pengertian dari teknologi, informasi, dan komunikasi berbeda-beda. Teknologi memiliki dua pengertian, pertama teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis atau ilmu pengetahuan terapan. Kedua teknologi adalah total sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Informasi mempunyai pengertian, pemberitahuan, kabar atau berita tentang sesuatu. Dan komunikasi juga memiliki pengertian, pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dilaksanakan. Komunikasi juga memiliki arti hubungan atau kontak.

Pramuka sebagai generasi penerus bangsa memiliki beberapa peran dalam mewujudkan pengabdiannya kepada masyarakat. Peranan tersebut di antaranya sebagai Agent of Change, Guardian of Value, Iron Stock, Moral Force, dan Sosial Control. Pertama Agen of Change, yaitu peran Pramuka sebagai penggerak masyarakat untuk melakukan perubahan arah yang lebih baik lagi dengan menggunakan ilmu, gagasan, dan pengetahuan yang dimiliki. Pramuka adalah golongan muda yang harus menjadi garda terdepan dalam melakukan perubahan, terutama tentang perubahan dan perkembangan teknologi, sebab di pundak Pramuka terdapat titik kebangkitan untuk bangsa dan negara. Jadi kamu para anggota gerakan pramuka sudah bukan saatnya untuk diam, ayo lakukan perubahan !.

Kedua Pramuka sebagai Penjaga nilai, artinya pramuka sebagai penjaga nilai-nilai dalam masyarakat. Nilai yang dimaksud adalah nilai kejujuran, keadilan, gotong royong, integritas, empati, dan lain-lain. Selain sebagai penjaga nilai-nilai, Pramuka juga sebagai penyebar, pembawa, dan penyambai nilai itu. Ketiga Pramuka sebagai Iron Stock, artinya Pramuka sebagai penerus bangsa. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa seluruh organisasi yang ada akan mengalir, yaitu dengan adanya pergantian kekuasaan dari golongan tua ke golongan muda. Pramuka saat ini merupakan aset, cadangan dan harapan bangsa di masa depan, sehingga Pramuka diharapkan memiliki kemampuan dan perilaku terpuji untuk dapat menggantikan generasi sebelumnya.

Keempat Pramuka sebagai Moral Force, artinya Pramuka sebagai insan yang memiliki tingkat intelektual dan pendidikan yang tinggi sehingga harus memiliki moral yang baik pula. Dengan demikian, Pramuka diharapkan menjadi contoh dan penggerak perbaikan moral pada masyarakat. Kelima Pramuka sebagai Social Control, artinya Pramuka diharapkan mampu menjadi pengontrol sebuah kehidupan sosial dalam masyarakat dengan cara memberikan saran, kritik, serta masalah untuk permasalahan sosial masyarakat atau permasalahan bangsa. Sebagai Pramuka yang memiliki sikap intelektual dan sikap yang tinggi, akan menjadi jembatan bagi masyarakat untuk melawan kebusukan dalam birokrasi yang bersifat lazim, untuk terciptanya pembangunan yang lebih baik bagi masyarakat.

Peranan-kepentingan Pramuka dalam mewujudkan bentuk pengabdiannya kepada masyarakat. Supaya dalam menjalankan perannya tidak tertinggal oleh pesatnya perkembangan teknologi, maka harus di imbangi dengan pemahaman dan penguasaan teknologi tersebut dan dapat menyampaikannya kepada masyarakat sekitar.

KESIMPULAN

Pramuka sebagai generasi penerus bangsa yang saat ini dituntut untuk menguasai tentang teknologi dunia informasi dan komunikasi. Selain penguasaan teknologi, Pramuka juga harus melakukan pengabdian di masyarakat. Dalam melakukan pengabdiannya, seorang Pramuka memiliki 5 peran yang harus dimainkan seperti, Pramuka menjadi Agent of Change, Guardian of Value, Iron Stock, Moral Force, dan Sosial Control.

DAFTAR PUSTAKA

Nurul Haq, Nadhiifah. 2020. Artikel internet “Peran Mahasiswa dalam Masyarakat”. HYPERLINK “https://www.idtimes.com/life/education/nadhiifah-nurul-haq/5-peran-mahasiswa-dalam-masyarakat-yang-harus-kamu-tahu-dan-laksanakan-c1c2” https: // www.idtimes.com/life/education/nadhiifah-nurul-haq/5-peran-mahasiswa-dalam-masyarakat-yang-harus-kamu-tahu-dan-laksanakan-c1c2

Sutrisni Putri, Arum. 2020. Artikel internet “Pengertian Teknologi Informasi dan Teknologi”. HYPERLINK “https://amp.kompas.com/skola/read/2020/09/10/194000969/pengertian-teknologi-informasi-dan-komunikasi-tik-dan-contohnya” https://amp.kompas.com/ skola / read / 2020/09/10/194000969 / pengertian-teknologi-informasi-dan-komunikasi-tik-dan-contoh

BIODATA PENULIS

Nama penulis: Azis Setiawan

Nama panggilan: Azis

TTL: Tuban, 18 Mei 2002

Alamat: Rt.03 Rw.06, Dsn. Karang Kidul, Ds. Sidomukti, Kec. Kenduruan, Kab. Tuban.

Email: [email protected]

No. HP: 085746529534

 


Aziz Setiawan

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Meme
Upload your own images to make custom memes
Gif
GIF format