Peran Serta Saka Bhayangkara Pangkalan Polres Madiun Kota dalam Giat Bakti Masyarakat

4 min


A Scout’s duty is to be useful and help other” -Scout Law

Tujuan utama Penegak adalah mengabdi. Sebagai Penegak harus bisa senantiasa diandalkan untuk siap mengorbankan waktu, bersusah-payah, atau jika dibutuhkan, menyelamatkan nyawa lain (Baden Powel: 301, 1992). Penegak adalah persaudaraan yang melakukan kegiatan di alam terbuka dan memberikan pengabdian. (Baden Powell: 284, 1992) Penegak siap dalam memberikan pelayanan untuk orang lain dan tanpa mengharapkan hadiah maupun upah.

Pandemi Covid-19 menjadi bencana yang mengejutkan bagi seluruh lapisan masyarakat, tidak hanya Indonesia melainkan seluruh dunia dibuat kacau dengan adanya pandemi Covid-19. Pandemi ini membuat perubahan yang besar dalam segala sektor kehidupan. Masyarakat diharuskan untuk mematuhi protokol kesehatan khusus dan mengurangi mobilasi keluar rumah. Sesuai motto seorang Pandu, yaitu Be Prepared, dalam situasi mengejutkan ini Pramuka sudah siap menghadapi dan membantu dalam penanganan Covid-19. Angka masyarakat dunia yang terkena Covid-19 ini mencapai jutaan, maka peran Pramuka adalah memperlambat atau menghentikan angka persebaran Covid-19 ini.

Menyebarnya Covid-19 pada sekitar bulan Maret 2020, membuat pemerintah mengupayakan berbagai hal dalam penanganan virus Covid-19 ini. Seperti menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), menerapkan kebijakan Work From Home dan Schooling From Home. Banyak elemen masyarakat yang turut berjuang dalam pemutusan rantai penyebaran Covid-19. Gerakan Pramuka juga mengupayakan hal yang sama dalam membantu mengurangi dampak penyebaran Covid-19. Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dalam upaya menanggulangi Covid-19 membentuk Satuan Tugas Pramuka Peduli Penanggulangan Pandemi Covid-19. Hal tersebut disahkan dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 057 Tahun 2020 tentang Satuan Tugas Pramuka Peduli Penanggulangan Pandemi Covid-19 pada 28 Oktober 2020.

Tidak hanya dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Kwartir Daerah, Kwartir Cabang, Kwartir Ranting, hingga Gugusdepan maupun Satuan Karya juga terlibat aktif dalam penanganan Covid-19 di Indonesia. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan banyaknya laporan yang masuk dari Pramuka dalam Desk Relawan. Laporan Upaya Penanganan Covid-19 yang diterima Desk Relawan sebanyak 500 laporan.  Upaya penanganan Covid-19 yang dilakukan Pramuka beragam, mulai dari pemberian bantuan sembako kepada masyarakat terdampak ekonomi, pemberian masker, sosialisasi bahaya Covid-19, penyemprotan disinfektan, dan beragam aksi lainnya.

Satuan Karya Bhayangkara Pangkalan Polres Madiun Kota dalam upaya penanggulangan wabah Covid 19 telah melakukan berbagai giat bakti dalam masyarakat, seperti kegiatan PAM Covid-19. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan merabaknya Corona di Kota Madiun. Kegiatan dimulai pada tanggal 27 Juni hingga 1 November 2020. Pengamanan tersebut terbagi menjadi beberapa pos pengamanan seperti di Jl. Kol Marhadi, Tugu Proliman, Jl. Agus Salim, Jl. Mastrip dan beberapa tempat lainnya. Adapun teknis kegiatan tersebut adalah operasi masker, pembagian masker, pengaturan lalu lintas, dan pemberian sanksi bagi pengemudi yang tidak memakai masker.

Dokumentasi Saka Bhayangkara Madiun Kota PAM 2020

 

“Dalam pengamanan dan penjagaan pos Covid-19 ini saya meminta bantuan kepada Pamong Saka Bhayangkara untuk membantu dalam penjagaan pos.” tutur Bu Anis selaku Satbinmas Polres Madiun Kota. Beliau berharap dalam kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kedisiplinan penerapan protokol kesehatan di Kota Madiun. “Saya pribadi berterimakasih kepada adik-adik Saka Bhayangkara Polres Madiun Kota atas partisipasinya dalam giat bakti masyarakat ini, semoga lelah kalian dapat terbalaskan dengan kesuksesan kalian kedepannya” tambah beliau.

Satuan Karya Bhayangkara Madiun Kota dalam memperingati Hari Pramuka ke-59 pada 14 Agustus 2020 melakukan aksi bakti sosial untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19 secara ekonomi dengan cara pembagian 30 kantong beras yang masing-masing berisi 5kg kepada masyarakat kurang mampu di sekitar Kota Madiun. Masyarakat yang dijangkau yaitu sekitar Jalan Tangkuban Perahu, Kel Madiun Lor, Kec. Manguharjo dan di Jalan Pahlawan, Kota Madiun. Beras ini diperoleh dari berbagai elemen kepolisian seperti dari Satlantas, Satbinmas, Sabhara, dan lain sebagainya.

“Dengan adanya pembagian sembako ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian anggota Saka Bhayangkara dalam giat bakti masyarakat” tutur Kak Yasin selaku Pamong Saka Bhayangkara. Kendala dalam kegiatan ini adalah banyaknya warga yang kurang mematuhi protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung, tetapi anggota Saka Bhayangkara tidak bosan memberi peringatan dan memberikan masker kepada masyarakat saat aksi sosial tersebut berlangsung, sehingga masyarakat lebih sadar pentingnya mematuhi protokol kesehatan.

Masyarakat sangat senang atas bantuan sembako yang diberikan, “Kami sangat terbantu dengan adanya pembagian sembako ini, karena jujur saja selama pandemi ini ekonomi keluarga kami mengalami penurunan apalagi sekarang kami harus membiayai sekolah online anak kami yang membutuhkan banyak kuota internet.” ungkap Bu Sri sebagai salah satu warga yang menerima sembako dari Saka Bhayangkara Madiun Kota.

Pramuka adalah pelopor bagi anak muda lainnya untuk terus bergerak dalam penanganan pandemic Covid-19. Sudah seharusnya bagi Pramuka Penegak untuk terjun langsung dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Banyak aksi yang dapat dilakukan oleh Pramuka dalam penanganan pandemi Covid-19 ini. Pramuka tidak harus turut serta dalam mengobati pasien, tetapi dapat dengan aksi lain, misalnya penyemprotan disinfektan, sosialisasi protokol kesehatan atau gaya hidup sehat, pembagian masker atau bantuan lainnya, dan masih banyak lagi. Semua berharap Indonesia dapat pulih seperti sedia kala, sehingga Pramuka maupun semua masyarakat dapat melakukan aktivitas normal tanpa disertai rasa takut dan was-was akibat pandemi pada saat ini.

 

Biodata Penulis

Penulis adalah seorang gadis yang dilahirkan di sebuah desa di Kabupaten Madiun, Jawa Timur pada tanggal 07 September 2004. Gadis berusia 16 tahun ini bernama lengkap Firyal Lutfi Fauziah., biasa dipanggil Lutfi. Penulis bertempat tinggal di Desa Kwangsen, Rt 09 Rw 03, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Saat ini penulis sedang menempuh pendidikan di MAN 1 Kota Madiun dan berada di kelas 11.

Mulai aktif menulis pada jenjang SMP, ia tergabung dalam ekstra Jurnalistik di MAN 1 Kota Madiun. Kegiatan menulisnya dimulai dari hobi menulis puisi dan narasi berita di sekolahnya. Selain aktif dalam beberapa ekskul di sekolahnya, penulis juga mengikuti Satuan Karya Pramuka Bhayangkara yang berpangkalan di Polres Madiun Kota. Sebagai seorang Pramuka Penegak di lingkungan Kwarcab Kota Madiun, penulis mempunyai nomer KTA SIPA  070920040416. Jika ingin berkenalan dengan penulis silahkan di cek di akun Instagram pribadinya @Firyalltf, facebook Firyal Lutfi, dan email [email protected]

 

Daftar Pustaka

Isha. 2020. Pramuka Paling Aktif Memberikan Laporan Penanganan Covid-19. https://www.pramuka.id/berita-pramuka/pramuka-aktif-memberikan-laporan-penanganan-percepatan-covid-19/ (diakses tanggal 22 November 2020)

Powell, Baden. 1922. Rovering to Success. Leinovar. 2019. Renebook: Jakarta Selatan, Indonesia.

Pusinfo. 2020. Kwarnas Gerakan Pramuka Membentuk Satgas Penanggulangan Covid-19. https://www.pramuka.id/berita-pramuka/kwarnas-gerakan-pramuka-membentuk-satuan-tugas-pramuka-peduli-penanggulangan-pandemi-covid-19/ (diakses tanggal 22 November 2020)


guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Meme
Upload your own images to make custom memes
Gif
GIF format