Perkembangan Benteng Efpriens

3 min


Perkembangan Benteng Erfprins dan Mercusuar

Sebagai Bangunan Bersejarah

 

 

Benteng Erfprins

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pada tahun 1747, setelah menguasai Madura Barat  VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie) membangun sebuah benteng yang gedungnya memiliki luas sekitar 980 meter dan lahan yang memiliki luas sekitar 7,249 meter. Benteng ini dulunya digunakan untuk mengawasi keluarga kesultanan Bangkalan. Hal ini diketahui dari kumpulan Surat-surat yang dimiliki oleh Bupati Bangkalan.

Ada yang menarik dari benteng ini, sebelumnya benteng ini tidak memiliki nama. Hingga suatu saat ada surat datang dari KITLV (Koninklijk Instituut Voor Tall Land En Volkenkude) ditujukan kepada Kepala Museum Bangkalan. Ada sebuah arsip Belanda yang menyatakan bahwa benteng ini dulunya bernama Erfprins. Dalam Bahasa Indonesia Erfprins memiliki arti warisan pangeran.

Benteng yang berada di tengah Kota Bangkalan tepatnya Jl. K. S. Tubun, Dusun Sumur Kembang, Kelurahan Pejagan, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan ini berkaitan erat dengan sejarah kependudukan VOC atas Madura barat.

Benteng ini dulunya adalah Gudang tempat persenjataan VOC, yang mana VOC membangun sebuah kekuatan militer yang berada di Madura dengan tujuan menumpas berbagai pemberontakan yang ada di Cirebon, Jambi, Bone, Bali, dan Jawa.

Akan tetapi, ada keterangan lain yang menjadi alasan mengapa Benteng ini dibangun. Pakubuwono II dapat bertahta Kembali jika VOC menjadi penguasa di Madura Barat dengan menyingkirkan kekuasaan raja-raja Tjakraningrat seperti yang sebelumnya telah disepakati dalam perjanjian antara Mataram dan VOC yang dilakukan pada tanggal 11 bulan November tahun 1743

Selain digunakan sebagai tempat mengawasi keluarga kesultanan Bangkalan, Benteng Erfprins sendiri juga digunakan sebagai tempat dimana pasukan militer kolonial Belanda berpusat. Benteng Erfprins berhasil di rebut oleh pejuang kemerdekaan yang ada di Bangkalan saat pasukan sekutu kalah dalam perang kedua.

Sejak saat itu, Benteng erfprins beralih fungsi menjadi pusat pertahanan pejuang kemerdekaan yang ada di Bangkalan, bahkan saat para pejuang akan mengirim Cakra Madura seagaia pasukan bantuan untuk pejuang yang ada di Tuban dan Surabaya.

Pasukan yang dikirim sebanyak satu batalyon, namun pasukan tersebut dihadang di beberapa titik. Pada saat itulah benteng yang telah dikuasai oleh pejuang menjadi benteng  terakhir mereka dari serangan musuh.

Dahulu juga benteng Erfprins digunakan oleh para pejuang kemerdekaan  sebagi tempat untuk mempersiapkan sebuah pertempuran, merencanakan strategi yang akan digunakan dalam peperangan melawan penjajah.

Bisa dilihat, tembok ini hanya seperti tembok biasa yang ditumbuhi oleh berbagai lumut hijau. Namun nyatanya tembok ini adalah bagian dari sejarah yang ada di pulau madura, lebih tepatnya di kabupaten Bangkalan. Benteng ini merupakan bukti yang nyata adanya jejak Belanda di Bangkalan, Benteng Erfprins digunakan sebagai tempat pertahanan tentara Belanda pada masa itu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Banyak sekali kerusakan yang ada di benteng ini, bangunan bangun yang ada di dalam benteng sebagian besar sudah ditumbuhi lumut, tumbuhan-tumbuhan paku hidup di tembok-tembok bangunan,

Di dalam area benteng terdapat beberapa bangunan yang merupakan bangunan tempat tinggal. Kondisi temboknya banyak yang sudah ditumbuhi lumut, bahkan tumbuh-tumbuhan paku ada yang hidup di temboknya. Akar Pohon yang tumbuh disekitar telah mendesak tembok sehingga suatu ketika bisa merobohkannya.

Kerusakan  yang paling pada parah benteng ini terdapat di bangunan bagian barat, bahkan jika dilikat sekilas sudah sangat kentara tembok-tembok yang sudah retak dan bangunan yang sudah hamper roboh karena danya akar pohon yang tumbuh dengah liar di bangunan tersebut.

 

Menurut informasi yang ada, pada belasan tahun yang lalu Benteng Erfprins ini masih terlihat bersih dan terawat. Namun sekarang Benteng Erfprins yang seharusnya kita banggakan sebagai bukti sejarah ini keadaan berubah  menjadi sangat mengenaskan. Benteng Erfprins hanya menjadi tembok tua yang dipenuhi lumut hijau, tumbuhan yang menjalar di dinding-dinding benteng, akar-akar pohon yang tertanam di dalam atau sekitar benteng.

Ditambah lagi adanya banyak pedagang kaki lima (PKL) di sekitar benteng membuat benteng terlihat tak terawat, sesak dan sangat kumuh. Sekarang Benteng ini seolah menjadi tembok tua biasa yang tidak memiliki banyak sejarah.

Benteng Erprins ini memiliki kegunaan yang Panjang mulai dari menjadi benteng tempat pertahanan pada saat masa penjajahan, menjadi tempat kresidenan madura, lalu dialih fungsikan menjadi markas Brimob yang dihuni sekitar 25 Keluarga, hingga pada 12 Desember 2003 benteng Erfprins telah ditetapkan sebagai cagar budayay dan sudah terdaftar di Balai pelestarian peninggalan purbakala Trowulan (BP3 Trowulan).

Namun meski sudah terdaftar sebagai cagar budaya, Benteng efprins tetap saja tidak terawat dan tetap kumuh padahal bangunan ini seharusnya dilestarikan dan  dilindungi karena menjadi salah satu bukti sejarah yang ada.

Hal ini dikarenakan minimnya kesadaran Masyarakat sekitar atas keadaan Benteng, juga karena minimnya pengetahuan masyarakat atas adanya salah satu peninggalan sejarah ini.

Masih banyak masyarakat yang tidak tau jika di bangkalan juga ada benteng peninggalan Belanda, Mungkin yang umum diketahui di lokasi tersebut hanyalah ada tembok tua dan pasa Pejagan.

Jika saja benteng Erfprins ini lebih dirawat serta dilestarikan mungkin saat ini benteng tersebut menjadi tujuan wisata yang banyak digemari wisatawan lokal maupun dari luar untuk diulik sejarahnya seperti Mercusuar di sembilangan, selain itu jika ditata dan diperbaharui lagi Benteng Erfprins bisa saja menjadi ikon dari Kota Bangkalan.

 

 

Referensi :

Benteng Erfprins, Warisan Kolonial Belanda

Benteng Erfprins, Situs Sejarah Kemerdekaan Yang Terlupakan


guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Meme
Upload your own images to make custom memes
Gif
GIF format