PERWUJUDAN KEBAKTIAN ANGGOTA GERAKAN PRAMUKA GRESIK PADA MASYARAKAT DI ERA PANDEMI COVID-19

2 min


Salam Pramuka !!

Bakti masyarakat merupakan hal yang senantiasa menjadi sarana sebuah kelompok untuk membantu serta berbakti kepada masyarakat. Tak hanya sekedar membantu atau hanya ikut berkecimpung dalam kegiatan tersebut, hal ini juga sebagai sarana silaturahmi antar anggota masyarakat supaya tercipta masyarakat yang makmur. Dengan adanya kegiatan seperti bakti masyarakat ini dapat mejadi cikal bakal untuk terciptanya kehidupan lingkungan masyarakat yang baik dan makmur, serta terwujudnya masyarakat yang senantiasa menjunjung tinggi kebersamaan dan gotong – royong.

Apalagi di era sekarang yang sedang marak akan pandemi dari virus Covid-19 yang begitu meresahkan rakyat Indonesia maupun dunia. Hal ini begitu mendorong banyak sekali kelompok kelompok untuk saling membantu sesama supaya dapat berhasil melewati krisis pandemi yang sedang melanda negeri ini. Mulai dari membagikan informasi mengenai virus beserta gejalanya, patroli masker, hingga penyuluhan ke desa – desa yang kurang mendapat informasi mengenai pandemi ini. Semuanya dilakukan dengan terorganisir dengan bantuan seluruh masyarakat Indonesia, tentunya hal itu mendapat sambutan positif di kalangan masyarakat pada umumnya.

Hal ini tidak hanya berlaku untuk kelompok – kelompok tertentu saja, Gerakan Pramuka juga biasanya ikut ambil peran dalam kegiatan seperti ini. Malah terkadang mereka menjadikan kegiatan semacam ini menjadi agenda dalam progam kerja mereka, sehingga hubungan mereka dengan masyarakat selalu terjalin secara terus –  menerus.

Banyak sekali bukti nyata dalam bakti masyarakat yang dilakukan oleh Gerakan Pramuka. Dapat dilihat di beberapa artikel di media maya, berita di televisi, atau kilasan berita pada sosial media menunjukkan peranan anggota Gerakan pramuka dengan sukarela membantu sesama hidup.

Seperti yang dilakukan oleh para anggota Satuan Karya Pramuka Bakti Husada Kwartir Cabang Gresik beberapa waktu lalu, mereka bersama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik membuat posko check point dan membagikan masker kepada para pengguna jalan, tepatnya di Desa Tanggul Rejo, Kecamatan Manyar yang merupakan perbatasan Kabupaten Lamongan dan Gresik. Tidak berhenti disitu, pramuka Saka Bakti Husada juga ikut serta dalam kegiatan sterilisasi di Gedung Pemkab Gresik, yakni dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan dan cek suhu badan para staf dan pegawai pemerintahan Kabupaten Gresik.

 

Foto: (Kiri) anggota Saka Bakti Husada Gresik mengecek suhu pengguna jalan di gerbang, (Kanan) anggota Saka Bakti Husada Gresik melakukan penyemprotan disinfektan di kantor Bupati Gresik (25/3).

Dalam kegiatan Pramuka, para pembimbing serta pembina selalu menanamkan bahwa gerakan pramuka merupakan wadah dalam pembentukan karakter jiwa – jiwa muda yang berlandaskan pancasila. Penerapan nilai – nilai pancasila dan penerapan akhlak budi pekerti menjadi sorotan disana, kemudian praktek mengenai pembentukan karakter tadi diaplikasikan pada kegiatan bakti masyarakat dalam era pandemi kali ini. Terdapat banyak sekali ide – ide serta gagasan cemerlang nan mulia yang tergagas dari para anggota gerakan pramuka disana. Ide dan gagasan tersebut kemudian di realisasikan untuk membantu masyarakat supaya bisa bertahan menghadapi pandemi covid-19 ini.

Kegiatan diatas merupakan sedikit contoh mengenai kegiatan bakti masyarakat oleh anggota gerakan pramuka khususnya di Gresik. Masih banyak lagi sebetulnya tentang bukti nyata anggota gerakan pramuka yang terjun langsung untuk membantu menangani berbagai permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat. Karena sesuai Dasadharma Pramuka nomor 2 yang berbunyi “Cinta Alam dan Kasih Sayang sesama Manusia” memberikan arti bahwa kita tidak hanya harus bertanggung jawab kepada alam saja, namun antar sesama manusia kita juga harus bertanggung jawab akan kesejahteraan masyarakat. Karena kita juga salah satu anggota dari Masyarakat Indonesia tersebut.

Sekian tulisan singkat saya mengenai wujud nyata bakti masyarakat oleh Anggota gerakan pramuka, semoga artikel ini bisa menjadi motivasi serta pendorong untuk kita agar senantiasa berbuat baik dan bertanggung jawab kepada alam dan sesama manusia. 

Salam Pramuka !!

 

Daftar Pustaka

https://infopublik.solokkota.go.id/satgas-pramuka-peduli-berbagi-ditengah-pandemi-covid-19/

https://tirto.id/tema-hari-pramuka-14-agustus-2020-tangani-covid-19-dan-bela-negara-fXA1

https://www.kompasiana.com/husainalfatih/5accac9df1334472a07d45f3/memasyarakatkan-gerakan-pramuka-giat-kerja-bakti-pramuka-di-kecamatan-biringbulu-gowa#:~:text=Bakti%20masyarakat%20mengandung%20arti%20mengerjakan%20sesuatu%20secara%20sukarela%20untuk%20kepentingan%20masyarakat.


Masrurotul Lailiyah
stay away from me bitch:)
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Meme
Upload your own images to make custom memes
Gif
GIF format