Dewasa ini, dunia sedang melewati era revolusi industri generasi keempat. Indikator dari pernyataan tersebut dapat dilihat dari presentase banyaknya penggunaan barang-barang berbasis digital dan automasi. Hal tersebut tak luput dari peran milenialis. Kemudahan dan kebebasan dalam mengekspresikan karya digunakan sebagai salah satu sarana serta motivasi untuk terus berinovasi dan berprestasi. Semakin maju pemikiran pemuda milenial tentang perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), akan membantu pemikiran pemuda untuk saling terbuka.

Hal tersebut mempermudah sosialisasi dan komunikasi tanpa mengenal batas ruang dan waktu. Namun, perlu disadari bahwa dengan tipisnya sekat antara pemuda dan teknologi global, maka akan mempermudah lunturnya rasa bangga berbangsa dan bertanah air Indonesia. Karena pada hakikatnya, teknologi global didominasi oleh negara-negara maju. Untuk itu, peran pemuda bukan hanya sebagai milenialis yang harus mengikuti arus zaman agar Indonesia tidak tertinggal. Namun, pemuda juga harus mampu untuk memfiltrasi dan membawa nama budaya Indonesia di percaturan dunia.

        Salah satu alat atau sarana untuk mewujudkan pemuda yang berkarakter demikian adalah Pramuka. Organisasi para pemuda ini, diharapkan mampu membuat sebuah chemistry antar pemuda bangsa untuk memperkuat rasa persatuan serta meningkatkan rasa bangga terhadap Indonesia. Organisasi yang identik dengan seragam cokelat ini, memiliki berbagai program kerja untuk mewujudkan pemuda yang berkarakter. Baru-baru ini, Kwartir Daerah Jawa Timur mengadakan sebuah event yang bertajuk ‘FWKK (Festival Wirakarya Kampung Kelir) Pramuka Tahun 2019’. Acara ini merupakan yang ketiga kalinya diselenggarakan setelah tahun 2016 lalu pertama diadakan.

FWKK 2019 dilakukan di sebelas zona di Jawa Timur. Antara lain, Pacitan,   Kota Mojokerto, Tulungagung, Blitar, Kota Bitar, Kota Pasuruan, Nganjuk, Kota Probolinggo, Ngawi, Situbondo, dan Pamekasan. Acara ini mulai dilaksanakan pada tanggal 21 Februari 2019 di Zona Pacitan dan resmi ditutup pada tanggal 29 Maret 2019 di Zona Pamekasan.

Tujuan dari diselenggarakannya event ini adalah sebagai jembatan bagi para pemuda untuk saling mengenal satu sama lain, yang tentunya akan menambah jaringan komunikasi pertemanan. Bukan hanya terhadap sebayanya, pemuda juga diharapkan mampu berinteraksi dan fleksibel di lingkungan masyarakat. Hasil dari kegiatan FWKK juga dapat meningkatkan potensi lokal melalui corak warna-warni lingkungan tersebut. Sehingga, dapat menjadi daya tarik tersendiri.

Sesuai dengan judul, acara ini memiliki kegiatan utama mengacat rumah warga. Ada seratus rumah yang ditargetkan untuk dipola dinding rumahnya. Selain rumah, fasilitas lingkungan seperti pos kamling, tembok di sisi-sisi gang, gapura atau pintu masuk gang juga ikut tersapu oleh kuas peserta FWKK.

Selain dari itu, ada kegiatan menarik yang setiap malam diadakan. Yaitu aksi dari peserta FWKK untuk mengacungkan bakatnya. Pada malam pertama, ada pemukulan gong sebagai tanda resmi dibukanya FWKK. Setelah itu, dilanjutkan oleh pertunjukan-pertnjukan daerah khas Jawa Timur yang ditampilkan para peserta. Pada malam kedua, ada pertunjukan dari setiap perwakilan anggota yang ditampilkan di atas panggung besar FWKK. Dan pada malam puncak terakhir, ada bintang tamu spesial yang menemani seluruh peserta FWKK, yaitu Klantink.

Selain dari acara pada setiap malam, melalui event FWKK ini, diadakan Festival Kecerdasan yang akan diseleksi di setiap daerah dan akan  dipertandingkan sampai ke tingkat nasional. Lomba ini menawarkan hadiah yang sangat menarik bagi pemenangnya, yaitu trip perjalanan ke Malaysia dan Singapura!

Tidak sampai di situ, karena FWKK pastilah membawa pengalaman dan kenangan yang unik, maka peserta dapat mengekspresikan dan berbagi pengalaman asik melalui lomba-lomba yang diadakan dalam rangka FWKK oleh Dewan Kwartir Daerah Daerah Jawa Timur antara lain, lomba video kreatif, lomba foto keren, dan loma artikel menarik. Pemenang lomba-lomba di atas juga akan mendapat hadiah yang tak kalah menarik, loh. Yaitu trip ke Yogyakarta! Ay ikut dan meriahkan FWKK 2020!

Nama        : Yuniar Putri Wardani

Kwarcab    : Kota Pasuruan

Instagram : yuniar_pw

Twitter       : yuniarpw_

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here