Profil Moh. Anshori, Pandega Garuda Ciptakan Mesin “Akselerator Perkecambahan”

1 min


Berawal dari keprihatinan terhadap nasib pertanian di daerahnya, khususnya dalam hal penyemaian benih cabai yang membutuhkan waktu dormasi yang lama, Pramuka Pandega Garuda Kwarcab Kediri ini akhirnya menemukan suatu trobosan yaitu Mesin Akselerator Perkecambahan.

Moh. Anshori, namanya. Seorang Pramuka Pandega Garuda juga Ketua Dewan Kerja Cabang Kediri pergantian antar-waktu 2018-2021. “Saya prihatin dengan kondisi pertanian didaerah saya, khususnya dalam penyemaian benih cabai. Dengan bekerjasama dengan berbagai pihak, akhirnya bisa tercipta mesin ini.”, kata Moh. Anshori, pramuka yang pernah menyabet sebagai runer up Lomba Pemuda Inspiratif Jawa Timur Wilayah Selatan 2019.

Mesin ini dibuat dengan menggunakan alat yang sederhana, salah satunya adalah jeriken. Manfaat mesin ini, mampu menekan dormansi pada benih cabai. Dormansi adalah saat radikula pada benih cabai gagal tumbuh meski dierami beberapa hari. Dengan kerjasama berbagai pihak dan sekolah yang notabene di bidang pertanian, Moh. Anshori dapat menjadi kreator alat sederhana dan bermanfaat ini.

Pria penghobi membaca buku ini, pernah menduduki kursi Finalis Olimpiade Guru Matematika Nasional Tahun 2020. Selain itu, juga pernah menjadi pendamping kontingen Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional di Ambon pada tahun 2016.

Dengan segudang prestasinya, mampu mengantarkan Moh. Anshori menjadi Pramuka Pandega Garuda. Suatu pencapaiannya yang istimewa, dapat dilantik langsung oleh kak Drs. H. Masykuri, MM. selaku Ketua Kwarcab Kediri, yang saat itu bertepatan dengan Hari Pramuka 14 Agustus 2019.

Melalui mesin sederhana ini, selain berharap bisa membantu menyelesaikan permasalahan penyemaian cabai, dia berharap dapat memotivasi diri dan orang lain agar senantiasa mengembangkan potensi yang dimiliki. “Pramuka Garuda adalah wujud apresiasi dari Gerakan Pramuka. Berbakti kepada masyarakat, salah satu pengaplikasiannya. Melalui mesin ini, semoga dapat bermanfaat bagi para petani dan memotivasi diri juga rekan-rekan”, ujar Moh. Anshori.

Penulis : Silvi Nuryana


Silvi Nuryana

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Meme
Upload your own images to make custom memes
Gif
GIF format