Profil Putri Ayuningtyas, Pramuka Penegak Garuda Kediri Penikmat Literasi dan Seni

1 min


Pramuka penegak yang satu ini gemar menulis. Mempelajari budaya, bernyanyi lagu jawa dan menari adalah hobinya selain menulis. Beragam kegiatan seni dan menulis telah diikutinya. Dialah Putri Ayuningtyas, anggota pramuka Gugusdepan 06.072 pangkalan MA Negeri 1 Kediri.

Pada Hari Pramuka ke-58, Agustus 2019 lalu, menjadi hal yang sangat bersejarah bagi Putri Ayuningtyas, pramuka yang memiliki cita-cita sebagai dosen Bimbingan dan Konseling. Pasalnya, dia dilantik menjadi pramuka penegak garuda dan disematkan secara langsung oleh Kak Drs. H. Masykuri, MM. selaku Ketua Kwartir Cabang Kediri di hadapan ratusan peserta apel.

Selain itu, menurut Putri momen yang paling berkesan sebagai anggota pramuka adalah saat mengikuti kegiatan kemah budaya pramuka se-Jawa yang bertempat di Yogyakarta pada tahun 2019.  “Kegiatan tersebut sangat berkesan, sesuai dengan basic saya, di kesenian,” kata Putri.

Menurut Putri, suatu kebanggaan tersendiri dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. “Suatu kebanggaan dapat menampilkan tari di depan ribuan peserta pramuka se-Jawa dan jajaran pemerintah, khususnya pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta,” ucap Putri, yang juga menjadi maskot kontingen daerah Jawa Timur dalam kegiatan kemah budaya pramuka se-Jawa tersebut.

Selain kiprah dan prestasinya yang gemilang di gerakan pramuka, Putri Ayu Ningtyas sering kali menyabet juara di beberapa perlombaan, salah satunya adalah Juara 3 Menulis Esai tingkat Nasional tahun 2020. “Alhamdulillah, semua ini berkat motivasi dari orang tua, rekan seperjuangan, juga guru pendamping. Rencana tahun ini akan membuat jurnal, ” ucap Putri.

Menurut gadis yang lahir di Nganjuk, 17 April 2000 ini, awal dia menulis adalah sebagai pengisi waktu luang. Karena diasah dengan baik dan matang, hobi tersebut dapat mengantarkan Putri menyabet beberapa kejuaraan. “Saya menulis berawal coba-coba mengisi waktu luang, setelah itu daftar lomba. Meski tidak langsung menang, hal itulah yang memotivasi saya untuk selalu memupuk skill,” kata Putri, aktivis seni yang juga menjabat sebagai Sekretaris II Dewan Kerja Cabang Kediri.

Sebagai pengembangan skill yang dimilikinya, Putri memiliki keinginan dan target untuk menulis sebuah buku. Menurutnya, kegiatan menulis itu berawal dari sebuah ide. Ide merupakan suatu anugerah dari Tuhan yang patut kita syukuri dengan cara mengasah potensi yang ada.

Melalui pengalaman yang dimilikinya, dia berharap dapat memotivasi diri dan generasi muda lainnya agar senantiasa berkarya dan berinovasi. ” Semoga kita dapat mengembangkan potensi yang ada melalui wadah gerakan pramuka,” tutur Putri.

 

Penulis: Silvi Nuryana


Silvi Nuryana

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals