Rekatkan Persaudaraan Antar Sesama Anggota Pramuka

2 min


 

Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur tidak pernah berhenti melakukan inovasi dalam melaksanakan kegiatan kepramukaan yang bertujuan memanfaatkan potensi unggul pramuka jawa timur khususnya penegak pandega yang dikomandani oleh Dewan Kerja Daerah (DKD) Jawa Timur. Kegiatan besar ini telah diaksanakan selama tiga tahun terakhir yang diberi nama Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka Jawa Timur. Dikemas dengan bhakti pengecatan pada 100 rumah warga perzona yang terdiri dari 11 zona sejawa timur yang dilakukan oleh 1000 peserta dari masing-masing zona. Selain kegiatan bhakti pengecatan kegiatan ini juga diisi dengan festival kecerdasan dan sosialisasi PHBS, BPPOM, dan BKKBN. Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur menggandeng DPRD Komisi E Provinsi Jawa Timur untuk tutut mensukseskan kegiatan ini dan juga melakukan kerjasama dengan tim giat yang dipegang langsung oleh DBL Indonesia yang merupakan event organizing yang sangat mumpuni dibidangnya.

Selain dari kegiatan besar yang sangat menarik ini, ada hal lain juga yang menjadi tolak ukur kesuksesan acara ini yaitu merekatkan persaudaraan antar anggota pramuka, baik sesama kontingen maupun antar kontingen dari kwartir cabaang yang lain. Hal ini dibuktikan dengn banyaknya grup whatapps yang dihuni oleh para peserta Festval Wirakarya Kampung Kelir Pramuka Jawa Timur, baik grup kontingen maupun grup perzona.

Dalam kegiatan selama empat hari itu, tentu banyak pengalaman dan juga teman baru yang didapat, dari mulai bertukaran kontak telepon, tanda tangan dikaos kegiatan belanjut dengan komunikasi daring yang dilakukan melalui grup yang sudah disebutkan diatas. Proses perkenalan mereka memang terbilang singkat dari sekian peserta dengan perbedaan masing-masing, mreka mulai mencari persamaan diantara mereka salah satunya sama-sama dari anggota satuan karya tertentu. Hal ini yang menjadi penguat hubungan persaudaraan mereka selepas dari mereka adalaha sama, sama-sama anggota Pramuka Jawa Timur.

Manfaat yang dirasakan dengan banyaknya pertemanan sungguh sangatlah banyak, mulai dari pertukaran informasi, pengetahuan, budaya, dan inofasi karya masing-masing sebagai tambahan ilmu pengetahuan diantara mereka. Persaudaraan mereka tidak hanya terbatas pada grup whatapps melainkan adanya reuni atau mengadakan kegiatan bersama untuk menunjang keberhasilan kegiatan kepramukaan baik di masing-masing gugus depan maupun kwartir cabang. Ini merupakan dampak atau manfaat positif dari kegiatan Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka Jawa Timur.

Hal ini perlu dijaga dan dipelihara dengan baik oleh penegak dan pandega Jawa Timur. Selain persaudaran peserta yang kian erat, ada persaudauraan antar dewan kerja sejawa timur baik Dewan Kerja Cabang (DKC) maupun Dewan Kerja Daerah (DKD) yang tampak semakin romantis dengan adanya kegiatan ini. Adanya kerja sama yang baik antara DKC dan DKD sehingga acara yang dilaksanakan semakin lengkap dan menjadi sangat luar biasa. Adanya persaudaraan ini meningkatkan rasa kepemilikan terhadap pramuka Jawa Timur sehingga muncullah sinergi untuk memajukan pramuka khususnya di Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur.

Harapan terbesar dari adanya kesolitan para pramuka penegak dan pandega Jawa Timur ini mampu terus dijaga dan ditingkatkan, sehingga mampu berinovasi dan berkolaborasi dari berbagai kegiatan untuk memajukan pramuka baik tingkat gugus depan, kwartir ranting, kwartir cabang, kwartir daerah, bahkan kwartir nasional. Kesadaran akan kemajmukan akan menjadikan kita terus menjaga persatuan dan menghargai setiap perbedaan yang ada sebagai wujud dari bhineka tunggal ika.

Nama saya Mubayyamah lahir di kabupaten pamekasan pada tanggal 10 juli 1999, saat ini aktif di racana potre koneng pangkalan IAIN Madura. Selain itu saya mengabdikan diri di Dewan Kerja Cabang Pamekasan. Karya yang pernah dihasilkan salah satunya Antologi Puisi Mantra Aksara yang diterbitkan oleh Writing Amazing Publisher. Media sosial yang bisa diakses diantaranya Fb atas nama “Ay Scout”, IG atas nama “mubayyamah_scout”, Email [email protected].


Admin DKD

DKD Jawa Timur merupakan wadah pembinaan kaderisasi ditingkat kwartir yang diberikan kepercayaan khusus untuk mengelola secara penuh Pramuka Penegak dan Pandega se-Jawa Timur.

Yuk buat konten di website DKD Jatim, kamu bisa tulis artikel, berita, promosi kegiatan, poling, quiz dan konten lainnya. Dapatkan point dan tukarkan dengan hadiah kejutan dari DKD Jatim

Jangan lupa ikuti terus kabar dari DKD Jatim lewat Media Sosial kami.

guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Aida ff

Mantap👍
Lanjutkan

1
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals