Revolusi Pelangi

3 min


Revolusi Pelangi

Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka merupakan kewajiban bagi setiap anggota Gerakan Pramuka dalam bermasyarakat. Kode Kehormatan Pramuka Penegak yang berada didalam penggalan Tri Satya Penegak berbunyi, “Ikut serta membangun masyarakat” harus dilaksanakan secara konkret bagi setiap Pramuka Penegak. Bukti nyata bagi Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur dalam pembangunan masyarakat, yaitu dengan mengadakan kegiatan berjenis Perkemahan Wirakarya. Perkemahan Wirakarya merupakan salah satu kegiatan Pramuka Penegak yang dilaksanakan oleh Kwartir. Perkemahan Wirakarya dilaksanakan dalam bentuk bakti Pramuka Penegak kepada lingkungan masyarakat sekitar. Sebagai contoh, peserta perkemahan melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar perkemahan, membangun konstruksi bangunan, dan sebagainya.

Perkemahan Wirakarya yang diselenggarakan oleh Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur bernama Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka. Kegiatan ini telah diselenggarakan oleh Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur sejak tahun 2017. Dengan melakukan kerja sama antar-Kwartir Cabang, Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka dilaksanakan dalam beberapa zona dari ujung barat Kota Ngawi hingga ujung timur Kota Banyuwangi. Perkemahan ini tidak dilaksanakan sekali dalam setahun, tetapi dilaksanakan 9 hingga 10 kali dalam setahun dan berlangsung secara bergantian pada setiap zona. Pada setiap zona, kegiatan ini disambut antusias oleh peserta perkemahan ini. Antusiasme peserta dalam pelaksanaan kegiatan ini membuat eksistensi Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur dalam dinamika barometer kepramukaan se-Indonesia semakin meluas. Tak heran jika kegiatan ini diselenggarakan setiap tahun dan pada tahun 2019 ini, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur juga menyelenggarakan kegiatan Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka.

Bentuk Perkemahan Wirakarya yang dilaksanakan oleh Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur ini saya sebut, “Revolusi Pelangi”. Arti revolusi menurut Astrid S. Susanto ialah, “Revolusi merupakan proses pembangunan yang memberikan kesempatan untuk perubahan demi kemajuan”. Disamping kata “revolusi” juga saya sebut kata “pelangi”. Arti pelangi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ialah, “Warna yang beraneka macam”. Pernyataan arti dari kedua kata tersebut mencerminkan kesempatan yang diperoleh peserta kegiatan ini untuk melaksanakan pemugaran terhadap rumah masyarakat. Pemugaran yang dilakukan tidak hanya sekedar perubahan biasa, tetapi para peserta menyalurkan kreativitasnya melalui pengecatan rumah dengan cat warna-warni yang disediakan panitia. Pengecatan yang dikerjakan oleh peserta dapat memunculkan kesan “pelangi” pada rumah masyarakat. Proses pemugaran ini berlangsung secara singkat, yaitu 3 hingga 4 hari. Hanya dalam estimasi waktu 3 hingga 4 hari yang dilaksanakan secara bergantian zona, dapat mengubah tampilan ratusan rumah masyarakat di Jawa Timur. Jika kegiatan ini tetap diselenggarakan hingga beberapa tahun kedepan, ribuan rumah di Provinsi Jawa Timur akan terpugar oleh Pramuka Penegak se-Jawa Timur.

Kegiatan Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka dapat mengubah asumsi masyarakat awam terhadap Gerakan Pramuka. Menurut pandangan saya, asumsi masyarakat awam terhadap kegiatan Pramuka selalu mengidentikkan dengan tepuk-tepuk, berkemah biasa, tali-temali, api unggun dan seperti tidak ada kegiatan lain. Asumsi ini telah merata mulai dari anak kecil hingga orang tua yang tidak pernah mengikuti kegiatan Pramuka secara utuh. Kegiatan Pramuka Penegak dalam Pola Mekanisme Pembinaan Penegak menunjukkan bahwa Pramuka Penegak bergerak aktif dalam masyarakat, salah satunya ditunjukkan dalam bentuk kegiatan Perkemahan Wirakarya. Bentuk Perkemahan Wirakarya yang diselenggarakkan oleh Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur menggerakan peserta untuk terjun dalam masyarakat. Dalam kegiatan tersebut peserta bersama-sama membaktikan diri mereka membersihkan rumah, mengecat, dan memugar lingkungan sekitar wilayah tersebut. Rentetan kegiatan Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka yang telah terlaksana dalam 2 tahun ini dapat mengubah asumsi masyarakat awam bahwa Gerakan Pramuka berkarya nyata dalam membangun masyarakat.

Dampak kegiatan Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka bagi masyarakat Jawa Timur sangatlah baik. Dampaknya ialah keindahan lingkungan bagi zona kegiatan yang terlaksana. Dalam satu zona, dengan menggerakkan ratusan Pramuka Penegak untuk kerja bakti berdampak baik bagi lingkungan sekitar. Lingkungan tersebut menjadi menarik dan indah dengan cat warna-warninya. Dari banyak zona yang telah dipugar oleh kegiatan tersebut dapat memunculkan peluang pembangunan ekonomi bagi masyarakat sekitar. Masyarakat setempat dapat memanfaatkan hasil pugaran lingkungan tersebut sebagai usaha destinasi wisata. Dengan usaha pengenalan kepada masyarakat luas dapat menambah eksistensi “Kampung Kelir Pramuka” yang telah dipugar oleh Pramuka Penegak. Dalam satu zona sebagai anggota Gerakan Pramuka wilayah tersebut maupun bukan, dapat mengenalkan melalui teknologi digital. Dengan kecanggihan teknologi, daring ponsel sekarang telah menunjukkan bahwa batas waktu dapat ditembus secara cepat. Berhubung para Pramuka Penegak jaman sekarang telah mengenal teknologi digital, mari kita manfaatkan bersama-sama dengan baik dan benar. Pemanfaatan secara positif akan teknologi digital menghasilkan keuntungan bagi kita sendiri dan sesama. Sehingga, atas pugaran saudara-saudaraku lakukan dapat dikenang oleh seluruh lapisan masyarakat bahwa Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur menunjukkan “Revolusi Warna” bagi seluruh lapisan masyarakat di Provinsi Jawa Timur.

 

Nio Awandha Nehru

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Blitar

Akun Facebook : Nio Awandha

Akun Twitter : @AwandhaNio

Akun YouTube : Nio Awandha

Akun Instagram : mr_io25

 


Admin DKD

DKD Jawa Timur merupakan wadah pembinaan kaderisasi ditingkat kwartir yang diberikan kepercayaan khusus untuk mengelola secara penuh Pramuka Penegak dan Pandega se-Jawa Timur.

Yuk buat konten di website DKD Jatim, kamu bisa tulis artikel, berita, promosi kegiatan, poling, quiz dan konten lainnya. Dapatkan point dan tukarkan dengan hadiah kejutan dari DKD Jatim

Jangan lupa ikuti terus kabar dari DKD Jatim lewat Media Sosial kami.

guest
8 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Rahel

Mantapp kak👍🤩

Miluk Dwi Utama

Luar biasa… sebuah kajian yang mendalam, luas dan langsung diterapkan kepada masyarakat, hal semacam ini yang seharusnya terus diperhatikan dan semakin ditingkatkan oleh gerakan pramuka bukan hanya di Kwarda JaTim tetapi di seluruh Indonesia seluruhnya, sehingga mulai dilirik, diperhatikan dan dapat menggandeng stake holder, perusahaan, pengusaha dll trs dapat bermanfaat… Read more »

Nio Awandha Nehru

salam Pramuka!

betul sekali kakak.. apa yang kita harapkan untuk pelaksanaan polmekbin penegak satu tujuan. Agar GP khususnya Gol. Penegak semakin menjiwai stakeholdernya dengan penuh inovasi tanpa keluar dari aturan dasar yang ada..

Natalia

Apa motivasi kakak memilih tema Fwkk sebagai karya tulis kak?

Daniel W

kawasan wisata penataran makin kece aja nich 😍

Winarno

Penataran yess…

Winarno

Pramuka kerennnn

Nio Awandha Nehru

salam Pramuka!

betul sekali kakak.. apa yang kita harapkan untuk pelaksanaan polmekbin penegak satu tujuan. Agar GP khususnya Gol. Penegak semakin menjiwai stakeholdernya dengan penuh inovasi tanpa keluar dari aturan dasar yang ada..

8
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Meme
Upload your own images to make custom memes
Gif
GIF format