“Saka Bhayangkara Cabang Kediri Mengadakan Baksos Terkait Dengan Dampak Covid-19”

2 min


Dalam rangka peran saka daerah jawa timur 2020 terkait dengan peduli dampak Covid-19 , Saka Bhayangkara cabang Kabupaten Kediri mengadakan bakti sosial pembagian jamu kepada masyarakat di wilayah Pare Kabupaten Kediri, pada hari Jumat (20/11/2020).

Bakti sosial yang dilakukan Saka Bhayangkara ini bertujuan untuk memperkenalkan manfaat dan khasiat jamu pada penduduk setempat dan membagikan live laboratory atau yang bisa kita sebut dengan “jamu”. Ditengah pandemi Covid-19 yang meresahkan ini, meningkatkan imunitas dan kesehatan tubuh adalah hal pertama yang harus dilakukan masyarakat untuk mencegah penularan virus.

Oleh sebab itu Saka Bhayangkara memperkenalkan kepada masyarakat tentang pengobatan tradisional alami, yaitu menggunakan jamu sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Terlebih lagi di zaman millennial seperti sekarang ini jamu mulai pudar dikarenakan masyarakat lebih beralih ke obat-obatan kimia. Dan oleh karena itu juga, dalam bakti sosial kali ini kita berharap agar generasi muda lebih mengenal obat-obatan tradisional yang memiliki banyak manfaat dan khasiat terlebih lagi jika dikonsumsi secara teratur dalam jangka waktu yang panjang. Kegiatan ini juga dilandasi rasa kemanusiaan,cinta alam, dan kasih sayang sesama manusia yang sesuai dengan dasa dharma pramuka yang kedua.

Grafik pertambahan pasien positif virus covid-19 semakin meningkat hari demi hari. Kejadian ini tidak hanya membuat masyarakat diliputi rasa khawatir, akan tetapi juga membuat pemerintah kewalahan menangani virus covid-19 ini. Selain upaya physical distancing, ada berbagai usaha lain yang dilakukan pemerintah dan masyarakat, salah satunya adalah dengan mengonsumsi jamu. Jamu sendiri merupakan ramuan yang terdiri dari berbagai bahan dari alam ,diantaranya kunyit, asam, jahe, kencur, temulawak, serai, dan sebagainya.

Seperti yang kita ketahui banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari jamu. Di lansir dari laman web merdeka.com berikut adalah manfaat dari mengonsumsi jamu yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mendukung Sistem Metabolisme Tubuh

Manfaat empon-empon yang pertama bersumber dari jahe. Jahe mengandung banyak manfaat seperti vitamin B khususnya B5 dan B6, manfaat vitamin C, manfaat potasium, gingerol dan manfaat magnesium. Jika kamu mengonsumsi air jahe akan mendukung sistem metabolisme.

Jika kamu mengonsumsi air jahe akan mendukung sistem metabolisme dan regenerasi sel yang kompleks pada organ tubuh. Tak heran jika jahe digunakan untuk obat herbal untuk bagi kesehatan, kecantikan bahkan untuk diet karena kandungan mineralnya yang beragam.

2. Sebagai Antijamur dan Antibakteri

Manfaat empon-empon berikutnya adalah sebagai antijamur dan antibakteri yang diperoleh dari temulawak. Kandungan antijamur dan antibakteri dalam temulawak dipercaya mampu membasmi bakteri dan jamur secara efektif.

Kandungan antibakteri dalam temulawak memiliki manfaat terutama cukup efektif untuk membasmi bakteri jenis Staphylococcus dan Salmonella. Sedangkan senyawa antijamur dalam temulawak dinilai cukup ampuh untuk menghilangkan jamur dari golongan dermatofita.

3. Meredakan Peradangan

Manfaat empon-empon lainnya bersumber dari kunyit dengan kandungan zat aktif kurkumin yang merupakan antioksidan yang mengandung efek anti radang. Dalam satu sendok teh kunyit bubuk mengandung sekitar 200 miligram kurkumin yang bekerja memblokir sitokin dan enzim penyebab inflamasi dalam tubuh.

Kurkumin juga mengurangi peradangan dengan menurunkan kadar histamin dan meningkatkan produksi kortison alami di kelenjar adrenal. Berbagai hasil uji praklinis menunjukkan bahwa kunyit dapat mengobati berbagai penyakit terkait peradangan, mulai dari kanker, penyakit kardiovaskular, radang sendi, dan aterosklerosis.

4. Mencegah Radikal Bebas

Selain meredakan peradangan empon-empon juga bermanfaat untuk mencegah radikal bebas yang bersumber dari kandungan nutrisi dalam kencur. Jika radikal bebas dicegah, tubuh akan sehat dan lebih bugar.

Radikal bebas adalah salah satu penyebab berbagai penyakit yang berkembang di dalam tubuh. Misalnya kanker kulit dan banyak jenis penyakit berbahaya lainnya.

5. Tingkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat empon-empon juga bersumber dari serai yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Menurut Memorial Sloan Kettering Cancer Center, dua senyawa utama dalam serai, citral dan geranial, memiliki manfaat anti-inflamasi.

Senyawa-senyawa ini dikatakan membantu menghentikan pelepasan penanda-penanda penyebab peradangan tertentu dalam tubuh dan tingkatkan imunitas tubuh.

6. Menyembuhkan Flu dan Batuk

Selain meningkatkan imunitas tubuh empon-empon yang mengandung asam jawa juga dapat bermanfaat untuk menyembuhkan flu dan batuk.

Hal ini tak lain karena tingginya kandungan vitamin C dalam asam bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengobati flu, dan menghentikan batuk.

Dengan adanya bakti sosial yang dilakukan oleh Saka Bhayangkara ini, di harapkan masyarakat bisa meningkatkan kualitas kesehatan mereka. Karena disaat-saat seperti ini, kesehatan yang baik sangat penting bagi kita


guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Meme
Upload your own images to make custom memes
Gif
GIF format