SAKA merupakan singkatan dari satuan karya pramuka dan SAKA merupakan wadah pendidikan guna menyalurkan minat dan mengembangkan bakat ,serta meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan dan pengalaman para  pramuka dalam berbagai bidang kejurusan. Saka ini juga banyak macamnya yaitu, Saka Wira Kartika, Saka Bhayangkara, Saka Bahari, dan lain-lain. Saka sendiri bertujuan memberi dasar untuk menjuruskan minat dan bakat seorang pramuka untuk mencapai cita-cita dan sesuai dengan apa yang di inginkan.

Salah satunya adalah Saka Dirgantara. Dirgantara sendiri adalah ruang yang ada di sekeliling dan melingkupi bumi yang terdiri atas ruang udara dan antariksa. Biasanya kata dirgantara ini digunakan untuk merujuk pada industri yang meneliti, merancang, membuat, dan meluncurkan, serta memelihara kendaraan terbang yang beroperasi di angkasa.

Kebanyakan di Negara industry, indutri dirgantara merupakan kerja sama antara industri swasta dan negeri. Sebagai contoh beberapa Negara memiliki program luar angkasa di  bawah komando pemerintah seperti NASA di Amerika Serikat, ESA di Eropa, dan SUPARKO di Pakistan.

Selain aktif di bidang industri, Dirgantara juga berperan penting didalam Kepramukaan, seperti yang kita ketahui didalam pramuka terdapat satuan karya, yang salah satu diantaranya yaitu Saka Dirgantara.

Satuan Karya Pramuka Dirgantara merupakan wadah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dibidang kedirgantaraan, guna menumbuhkan kesadaran untuk membaktikan dirinya dalam pembangunan nasional.  Saka Dirgantara dibentuk pada tahun 1954. Seiring perkembangannya pada tahun 1966, terciptalah ke sepakatan bersama antara TNI-AU dan gerakan pramuka dalam membentuk kompi pramuka Dirgantara. Kesepakatan tersebut tertuang dalam instruksi bersama menteri/panglima angkatan udara dan ketua Kwarnas Gerakan Pramuka nomor 13 tahun 1966 dan nomor 6 tahun 1966 tentang pembentukan kompi-kompi pramuka dirgantara. Kompi pramuka dirgantra inilah yang kemudian berubah nama menjadi satuan karya pramuka dirgantara, sehingga dapat disimpulkan bahwa Saka Dirgantara merupakan saka tertua yang ada di Indonesia.

Di Bondowoso sendiri Saka Dirgantara mulai aktif pada tahun 2018, anggota dari saka Dirgantara ini tidak lain ialah anggota pramuka penegak Bantara, Laksana dan Pandega yamg aktif digugus depan. Untuk di Bondowoso masih belum ada aktivitas bakti masyarakat, dikarenakan kurangnya minat masyarakat untuk ikut serta kedalam saka dirgantara.

Krida yang terdapat di Saka Dirgantara antara lain :

Krida Olahraga Kedirgantaraan, adalah satuan terkecil dari Saka Dirgantara sebagai wadah kegiatan olahraga kedirgantaraan, sehingga seorang anggota Saka Dirgantara mampu melakukan keterampilan olahraga di antaranya:

Terjun Payung.

Aeromodelling/Multi Copter/Drone.

Terbang Layang.

Microlight:

Trike (Gantole Bermotor)

Paramotor.

Ultra Light.

Layang Gantung:

Gantole.

Paralayang

Pesawat Bermotor.

Pesawat Swayasa

Krida Pengetahuan Dirgantara, adalah satuan terkecil dari Saka Dirgantara sebagai wadah kegiatan pengetahuan kedirgantaraan, sehingga seorang anggota Saka Dirgantara dapat memiliki pengetahuan kedirgantaraan, diantaranya:

Navigasi Udara.

Fasilitas Penerbangan.

Aerodinamika

Pengetahuan balon udara

Informasi dan teknologi kedirgantaraan.

Keselamatan dan keamanan terbang

 

Krida Jasa Dirgantara, adalah satuan terkecil dari Saka Dirgantara sebagai wadah kegiatan jasa kedirgantaraan, sehingga seorang anggota Saka Dirgantara dapat melaksanakan jasa kedirgantaraan, diantaranya:

Teknik mesin pesawat udara.

Struktur pesawat.

SAR

Evakuasi medik udara.

 

Peminat Saka Dirgantara terdiri atas pramuka siaga dan pramuka penggalang yang menyenangi kegiatan kedirgantaraan. Untuk dapat diterima menjadi anggota Saka Dirgantara, seorang pramuka penegak, pandega harus memenuhi syarat sebagai berikut:

1) Persyaratan Umum.

Persyaratan umum keanggotaan Saka Dirgantara, terdiri atas:

Berusia antara 16 sampai 25 tahun.

Sehat jasmani dan rohani, serta dengan sukarela sanggup menaati segala ketentuan yang           berlaku.

Mendapat izin tertulis dari orangtua/wali, kepala sekolah, dan pembina gugus depannya.

Sudah dilantik sebagai pramuka penegak antara atau pramuka pandega di gugus depannya.

Bersedia berperan aktif dalam setiap kegiatan Saka.

Bersedia dengan sukarela mendarmabaktikan dirinya kepada masyarakat dimanapun setiap saat bila diperlukan.

Bersedia dikukuhkan sebagai anggota Saka oleh Pamong Saka Dirgantara yang bersangkutan.

Bagi pemuda/i yang belum menjadi anggota gerakan pramuka setelah enam bulan harus sanggup dan bersedia menjadi anggota gugus depan pramuka terdekat.

Telah mengikuti salah satu latihan dalam krida minimal empat kali.

Arti kiasan Bad Saka Dirgantara :

 

Bentuk segilima melambangkan tentang Pancasila

Warna dasar jingga dapat diartikan kemauan untuk menunjukkan cipta dan karsa

Pesawat jet dan roket melambangkan tentang penerapan teknologi maju / selalu mengikuti perkembangan zaman

Warna dasar hitam melambangkan tentang wawasan antariksa yang luas tiada batas

Tunas kelapa melambangkan tentang keberadaan setiap anggota gerakan pramuka dalam ikut serta melaksanakan pembangunan nasiaonal khusunya pada bidang kedirgantraan

Tulisan saka dirgantara melambangkan tentang satuan karya yang mengabdi dalam kegiatan kesatuan dan persatuan dibidang kedirgantaraan

Dalam mengikuti Saka Dirgantara kita mendapatkan pengalaman, pengetahuan, ketrampilan, serta wawasan yang baru, dan dari pengalaman tersebut kita bisa mengembangkan bakat dan tujuan untuk menggapai cita-cita contohnya seperti merakit pesawat, bisa mengetahui arah mata angin, bisa berkomunikasi lewat udara, bisa mengetahui bagian-bagian pesawat seperti cockpit, fulsage, jet engine, elevator, rudder, stabilizer, selain itu juga bisa banyak belajar tentang TNI-AU dan masih banyak lagi, oleh karena itu tak jarang orang banyak yang mengikuti saka dirgantara ini, selain bisa menambah ilmu, kita juga bisa melatih fisik dan mental kita.

Salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh Saka Dirgantara yaitu Paralayang, namun di Bondowoso sendiri kegiatan tersebut masih belum terlaksana karena terdapat beberapa faktor yang menghambat terlaksananya kegiatan tersebut seperti kurangnya minat anggota pramuka dalam mengikuti Saka Dirgantara, serta sarana dan prasarana yang kurang memadai.

 

 

http://tabloid.e-dirgantara.com/saka-dirgantara/apa-itu-saka-dirgantara/

https://id.wikipedia.org/wiki/Satuan_Karya_Pramuka

Saka Dirgantara

https://www.pramukaria.id/2015/01/satuan-karya-pramuka-saka-dirgantara.html?m=1

http://materisemuasaka.blogspot.com/p/materi-saka-dirgantara.html?m=1

 


Like it? Share with your friends!

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Meme
Upload your own images to make custom memes
Gif
GIF format
Send this to a friend