SAKA KENCANA

2 min


SAKA KENCANA

Satuan Karya Pramuka disingkat Saka merupakan wadah pembelajaran guna menyalurkan atensi, meningkatkan bakat serta tingkatkan pengetahuan, keahlian, keahlian, serta pengalaman para Pramuka dalam bermacam bidang kejuruan, dan memotivasi mereka buat melakukan aktivitas nyata serta produktif sehingga bisa berikan bekal untuk kehidupannya, dan bekal pengabdiannya kepada warga, bangsa serta negeri, cocok dengan aspirasi pemuda Indonesia serta tuntutan pertumbuhan pembangunan dalam rangka kenaikan ketahanan nasional. Satuan Karya Pramuka Keluarga Berencana yang disingkat Saka Kencana, ialah salah satu Satuan Karya Pramuka yang ialah wadah aktivitas serta pembelajaran buat tingkatkan pengetahuan keahlian instan serta bakti warga, dalam bidang Keluarga Berencana, Keluarga Sejahtera serta Pengembangan Kependudukan.

Tujuan dibentuknya Saka Kencana merupakan buat membina anggota Gerakan Pramuka supaya bisa jadi tenaga kader pembangunan dalam bidang Keluarga Berencana, Keluarga Sejahtera serta Pengembangan Kependudukan guna menguatkan pelembagaan NKKBS bagaikan metode yang layak serta bertanggung jawab dari segala keluarga serta masyakarat Indonesia.

Target dibentuknya saka kencana ialah buat Mempunyai pengetahuan, penafsiran, keahlian serta pengalaman dalam memasyarakatkan NKKBS terhadap anggota Pramuka serta keluarga Indonesia, Sanggup serta ingin memberitahukan kepada warga tentang data serta pengetahuan tentang Keluarga Berencana, Keluarga Sejahtera serta Pengembangan Kependudukan dan kaitannya dengan pembangunan zona lain, Sanggup membagikan latihan serta peranserta dalam menunjang aktivitas Keluarga Berencana, Keluarga Sejahtera serta Pengembangan Kependudukan kepada para Pramuka di Gugusdepannya.

Pramuka Penegak, Pramuka Pandega, ialah anggota Gerakan Pramuka berumur 16- 25 tahun dari sebagian gugusdepan di satu daerah ranting/ kecamatan yang memiliki atensi bakat serta kegemaran di bidang Keluarga Berencana serta Keluarga Sejahtera yang dikumpulkan oleh Kwartir Ranting bersama Dewan Kerja Pramuka Penegak serta Pandega yang bersangkutan, buat membentuk Saka Kencana. Di masing- masing ranting dibangun Saka Kencana putra serta Saka Kencana gadis secara terpisah. Tiap satu Saka Kencana sedikitnya beranggotakan 10 orang serta sebanyak- banyaknya 40 orang. Tiap Saka yang diartikan diberi nama pahlawan bangsa, tokoh wayang ataupun nama lain yang bisa berikan motivasi kepada anggotanya.

Saka Kencana mempunyai 4 krida yaitu Krida Bina Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KB dan KR), Krida Bina Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KS dan PK), Krida Bina Advokasi dan Komunikasi Informasi Edukasi (Advokasi dan KIE), Krida Bina Peran Serta Masyarakat (PSM).

Dalam usaha meningkatkan pembinaan dan pengembangan kegiatan, dibentuk Pimpinan Saka Kencana, yang anggotanya terdiri atas unsur Kwartir dan unsur BKKBN serta unsur lain yang berkaitan dengan bidang Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera.

Anggota saka yaitu terdiri dari, pramuka penegak yang berumur 16 – 20 tahun, pramuka pandega yang berumur 21 – 25 tahun, pamong saka, instruktur saka, pimpinan saka. majelis pembimbing saka.

Hasil yang diharapkan setelah mengikuti kegiatan Saka Kencana adalah agar para Pramuka. Memiliki pengetahuan, pengertian, keterampilan dan pengalaman dalam memasyarakatkan NKKBS terhadap anggota Pramuka dan Keluarga Indonesia. Mampu dan mau menyebarluaskan kepada masyarakat tentang informasi dan pengetahuan tentang Keluarga Berencana, Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Kependudukan serta kaitannya dengan Pembangunan sektor lain.

Mampu memberikan latihan dan peranserta dalam mendukung kegiatan Keluarga Berencana, Keluarga Sejahtera dan Pengembangan kependudukan kepada para Pramuka di Gugusdepannya. Memiliki sikap yang rasional serta bertanggungjawab dalam mewujudkan kesadaran dan kepedulian keluarga sebagai pemrakarsa dan pelaksana pembangunan bangsa. Menumbuhkembangkan minat terhadap Saka Kencana di setiap Gugusdepan dan pembentukan Saka Kencana di setiap Kwartir Ranting di seluruh wilayah Republik Indonesia yang semakin maju dan mandiri.


guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals