Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur senantiasa berinovasi dengan ragam kegiatan yang dilaksanakan. Kegiatan yang dilaksanakan tidak hanya mencakup satu tingkatan, melainkan mencakup semua tingkatan dari mulai tigkat siaga, penggalang, penegak sampai pada pandega dalam kegiatan yang berbeda, selain itu juga melibatkan unsur dewasa dalam setiap kegiatannya.

Kegiatan yang dilaksanakan tidak hanya terbatas pada kegiatan perkemahan dan perlombaan saja, baik antar kwartir cabang, gugus depan maupun individu. Kegiatan yang dilaksanakan juga mencakup bhakti kepada masyarakat khususnya Provinsi Jawa Timur. Tujuan akhir dari setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur adalah memberikan manfaat bagi bangsa ini. Sehingga terwujudnya satya dharma yang menjadi kode kehormatan setiap insan pramuka.

Dewasa ini Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur telah merlaksanakan kegiatan besar yang melibatkan 11000 lebih pramuka penegak dan pandega sejawa timur pada tanggal 19 februari s.d 29 maret 2019, dalam even yang selama tiga tahun terakhir ini dilaksanakan oleh Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur. Even ini disingkat FWKKP yaitu kepanjangan dari Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka. Kegiatan besar ini dikemas dengan bhakti pengecatan kepada 100 rumah warga dan fasilitas umum oleh 1000 peserta masing-masing zona, yang terbagi di 11 zona sejawa timur, yaitu Pacitan, Kota Mojokerto, Tulungagung, Blitar, Kota Pasuruan, Nganjuk, Kota Probolinggo, Ngawi, Situbondo dan Pamekasan. Kegiatan ini merupakan wujud nyata yang dilakukan oleh kwarda jawa timur untuk menyatukan bhakti pramuka penegak dan pandega sejawa timur untuk memberikan manfaat besar kepada masyarakat dengan tujuan akhir menciptakan lingkungan bersih dan sehat dan juga menjadikan pramuka penegak dan pandega jawa timur sebagai patriot lingkungan disetiap zona masing-masing, sehingga timbullah sinergi masyarakat dengan pramuka. Dalam kegiatan ini juga dilakukan dua pemugaran rumah warga yang kurang mampu dari masing-masing zona untuk memperbaiki hunian yang kurang layak ditempati.

Para peserta yang terdiri dari pramuka penegak sangat antusias melaksanakan kegiatan ini, selain kegiatan besar ini merupakan kegiatan tahunan, banyak manfaat yang bisa dipetik, mulai dari bagaimana bersosialiasi langsung dengan masyarakat, melakukan kegiatan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat dan mengamalkan dasadharma yang ke lima yaitu “rela menolong dan tabah”. Kegiatan ini tanpak sederhana jika melihat dari tajuk yang diambil yaitu bhakti pengecatan, namun siapa sangka kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat besar dan sangat meriah karena kegiatan ini langsung dipegang oleh tim dari pihak DBL Indonesia, dan kegiatan didalamnya penuh dengan keceriaan dan kegembiraan.

Selain kegiatan bhakti pengecatan  dan pemugaran rumah didalamnya juga terdapat kegiatan sosialisasi BPPOM, PHBS dan BKKBN dan festival kecerdasan. Dari festival kecerdasan  pada akhirnya juara 1 dan 2 dari masing-masing zona akan masuk pada grand final dan bekompetisi dengan zona yang lain sejawa timur. Penghargaan yang diberikan oleh kwartir daerah jawa timur tidaklah tanggung-tanggung,  dua peserta yang mendapat medali mas putra dan putri akan terbang keluar negeri dan dua peserta yang mendapat medali perak akan terbang ke Yogyakarta. Ini merupakan wujud penghargaan bagi peserta Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka Jawa Timur yang telah mampu menunjukkan prestasinya.

Kegiatan ini  juga disambut antusias oleh masyarakat dan mendapat respon yang sangat positif dari berbagai pihak dan kalangan masyarakat di Jawa Timur. Dalam kegiatan besar ini Kwartir Daerah Jawa Timur telah menguapayakan sesuatu yang sangat besar dan luar biasa dengan menggandeng Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur dan juga sponsorship yang lain yang turut mensukseskan kegiatan besar ini. Selepas dari semua bhakti yang dilakukan pramuka penegak dan pramuka pandega Jawa Timur harapan terbesar adalah adanya manfaat yang dipetik dari even besar ini dan manfaatnya bisa dirasakan oleh  seluruh masyarakat Jawa Timur dan tentunya mampu mengokohkan kembali peran pramuka sebagai patriot lingkungan sebagaimana tujuan dari kegiatan ini.

 

Nama saya Mubayyamah lahir di kabupaten pamekasan pada tanggal 10 juli 1999, saat ini aktif di racana potre koneng pangkalan IAIN Madura. Selain itu saya mengabdikan diri di Dewan Kerja Cabang Pamekasan. Media sosial yang bisa diakses diantaranya Fb atas nama “Ay Scout”, IG atas nama “mubayyamah_scout”, Email [email protected].


Like it? Share with your friends!

Admin DKD

Ini biografi di profile tesss saasdftasdfasdf

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Meme
Upload your own images to make custom memes
Gif
GIF format
Send this to a friend