Akhir pekan di Bulan Oktober lalu, Pramuka Gugusdepan Surabaya 413-414 Pangkalan Universitas Negeri Surabaya mengadakan Kemah Pelantikan Anggota Baru Tahun 2018. Kegiatan ini adalah kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan guna merekrut dan mengukuhkan calon anggota baru untuk menjadi anggota yang sesungguhnya yang akan berproses di Gerakan Pramuka yang berpangkalan di Universitas Negeri Surabaya.  Kegiatan ini diadakan pada hari Kamis (18/10) – Minggu (21/10) di Bumi Perkemahan Mbolang, Pacet, Kab. Mojokerto. Kurang lebih selama 4 hari peserta berproses bersama dalam sebuah rasa persaudaran yang kuat dan pendidikan kepramukan yang kental untuk nantinya dikukuhkan menjadi anggota gugusdepan. Pada hari itu, Kamis sekitar pukul 08.00 WIB kegiatan diawali dengan Upacara Pembukaan di Kampus Universitas Negeri Surabaya, dibuka langsung oleh Pembina Satuan Kak Amin Fauzi yang kemudian dilanjutkan dengan pemberangkatan menuju Bumi Perkemahan. Sesampainya di lokasi peserta disambut hangat oleh Reka Kerja yang telah menunggu kedatangannya.

Ditengah alam terbuka dengan banyak pepohon rindang dan suara gemericik air sungai yang mengalir, 40 calon anggota terdiri dari 14 putra dan 26 putri segera mendirikan tapak perkemahan. Mulai dari tenda, gapura, pagar dan beberapa atribut perkemahan lainnya dikerjakan bersama-sama dengan penuh semangat dan tanggung jawab. Walaupun cuaca sangat terik, namun tidak membuat antusias dan semangat para peserta pada waktu itu menghilang. Setelah selesai mendirikan tapak perkemahan, mereka segera memasak dan melakukan kegiatan pribadi lainnya.

Pada hari selanjutnya, peserta mengawali paginya dengan senam pagi dan olahraga. Suasana riang dan penuh canda tawa menjadi kehangatan tersendiri bagi peserta, walapun pada pagi itu adalah pagi yang dingin dan dipenuhi dengan kabut tebal. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Bakti Masyarakat, di kegiatan ini peserta akan melakukan bakti disebuah TPQ, tepatnya di Dusun Njanjing, Pacet, Kab. Mojokerto. Bakti yang akan dilakukan peserta mulai dari membersihkan tempat, memperbaiki beberapa fasilitas, dan yang tidak kalah seru adalah peserta bersama-sama membuat rak-rak buku untuk disumbangkan ke TPQ tersebut. Kagiatan berlanjut hingga sore hari dan peserta langsung kembali ke Bumi Perkemahan untuk melakukan kegiatan selanjutnya yakni Pendakian.

Kegiatan Pendakian di Kemah Pelantikan yang dilaksanakan oleh Pramuka Unesa merupakan sebuah kegiatan adat dan syarat wajib yang harus ditempuh oleh peserta sebelum dilantik menjadi anggota gugusdepan. Pada malam hari itu juga sekitar pukul 22.00 WIB seluruh peserta dikumpulkan dengan membawa perbekalan pendakian yang telah ditentukan. Gunung Penanggungan menjadi tempat favorit yang selalu digunakan oleh Pramuka Unesa dalam menjalankan adatnya. Sebelum melakukan Pendakian peserta diajak untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu  dilanjutkan dengan do’a bersama. Pada saat melakukan pendakian peserta diberi lembaran khusus untuk diisi dengan renungan dan observasi selama melakukan pendakian.

Di bawah cahaya bulan dan bintang yang sedikit tertutupi oleh awan, peserta berangkat melakukan pendakian dengan didampingi oleh Reka Kerja dan tim kesehatan dari Pramuka Poltekkes Surabaya. Jalan yang digunakan oleh peserta adalah jalan atau rute yang khusus disiapkan oleh reka kerja dengan rute dan medan yang menantang. Walaupun medan yang terjal dan dipenuhi dengan abu bekas kebakaran hutan Penanggungan tidaklah menyurutkan semangat peserta untuk terus mendaki menuju puncak Penanggungan. Pohon-pohon dan dedaunan yang telah layu menjadi saksi perjuangan pendakian peserta pada malam hari itu. Senyum dan rasa bahagia terlihat sangat jelas diraut muka peserta tatkala telah sampai di puncak Penanggungan, sebab hampir seluruh peserta belum pernah melakukan pendakian gunung. Sehingga hal ini menjadi pengalaman pertama bagi mereka. Sore harinya peserta telah turun dari puncak Penanggungan dan telah beristirahat di Bumi Perkamahan. Kemudian pada malam harinya dilanjutkan dengan Upacara pelantikan oleh Pembina Gugusdepan Kak Suytno. (Rob/DKD)

 


Like it? Share with your friends!

siteadmin

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Meme
Upload your own images to make custom memes
Gif
GIF format
Send this to a friend