ArtikelPeran SakaTulisan Pengunjung

Sederhana Tetapi Sangat Berguna

 

Sederhana Tetapi Sangat Berguna

(Tanaman Bagi Masyarakat dari Kami Seorang Pramuka)

        Tanaman adalah beberapa jenis organisme yang dibudi dayakan pada suatu ruang atau media untuk dipanen pada masa ketika sudah mencapai tahap pertumbuhan tertentu. Tanaman sama dengan tumbuhan, pada dasarnya hampir semua tanaman adalah tumbuhan.

        Kali ini saya akan menjelaskan manfaat dari tanaman iler. Selain dari eloknya tanaman ini jika dipandang, tanaman iler memiliki banyak sekali manfaat terutama untuk kesehatan. Manfaat yang paling terkenal di Indonesia yaitu sebagai obat ambeien dan sembelit. Selain itu tanaman iler juga punya khasiat sebagai obat cacing. Banyak kandungan istimewa yang dimiliki tanaman iler seperti minyak atsiri, lemak, Calcium Oxalate, Pectic Substances, dan tanin.

        Oleh karena itu kami Saka Wanabakti KPH Probolinggo memilih tanaman iler untuk disalurkan kepada para masyarakat sekitar, tepatnya di Perum Bogowonto yang dilaksanakan pada tanggal 25 November 2020, jam 15.00-17.00 WIB. Kami membagikan tanaman iler kepada beberapa masyarakat yang menurut kami bisa menjaganya sehingga dapat bermanfaat nantinya.

 Kegiatan bakti masyarakat ini berbeda dengan kegiatan yang pernah kami laksanakan sebelumnya, jika kegiatan sebelumnya kita membagikan masker, membagikan pakaian yang masih layak, dan juga sembako, tetapi kali ini berbeda, dimana kita membagikan sebuah tanaman sederhana dimata orang-orang yang tidak mengenalnya, tetapi sangat berguna bagi orang-orang yang menyukainya.

        Kegiatan bakti sosial ini berjalan dengan lancar, karena banyak yang membantu terutama kepada para pegawai Perhutani yang memberikan izin dan juga membantu dalam pembiayaan serta dari perwakilan anggota Saka Wanabakti yang siap menyalurkan ide dan juga tenaganya untuk masyarakat sekitar,  juga kepada para masyarakat yang antusias menerima dan memanfaatkan tanaman ini dengan baik.

        Ide yang sangat keren ini kita dapatkan dari Pradana, karena menurutnya, dia sudah memikirkan hal baik yang akan dilakukan sebelum melangkah jauh kedepan. Terlepas dari itu dia yang mengkoordinasi kami, dan diwujudkan dengan baik oleh kawan-kawan dengan kekompakan mereka.

        Sekian yang dapat kami sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi orang banyak. Dan juga dengan bakti masyarakat ini, kita semua bisa lebih mencintai alam meskipun hanya menanam tanaman kecil saja.

 

Leave your vote

Related Articles

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x