Setetes Pengabdian Tuk Bantu Wujudkan Kemajuan

3 min


Dalam suatu kutipan, Boden Powel –Bapak Pandu Dunia- mengatakan bahwa “Remember, it is not what you have, but what you give that brings happiness.” Kutipan tersebut berarti, ingatlah, ini bukan tentang apa yang kau punya, tapi apa yang kau berikan dan mampu membawa kebahagiaan. Kutipan tersebut menyiratkan akan tujuan kepanduan yang senantiasa membawa manfaat bagi orang lain dan memberikan kebahagiaan kepada mereka.

Pandu atau kepanduan menjadi ciri khas bagi generasi muda yang senantiasa memegang teguh dan mengamalkan janji serta darmanya, yaitu untuk membantu orang lain. Sebagai negara dengan anggota kepanduan yang banyak, Indonesia, memiliki kemampuan untuk mengordinir anggota kepanduannya. Selain menjadi organisasi yang berbadan hukum dan dilegalkan oleh pemerintah, kepanduan di Indonesia juga memiliki struktur organisasinya tersendiri. Jawa Timur merupakan salah satu dari 34 provinsi yang menjadi tingkatan kedua dalam organisasi kepanduan Indonesia, yaitu sebagai Kwartir Daerah. Pembagian itu bertujuan agar program kepanduan yang direncanakan memiliki prospek serta realita yang berkualitas karena tiap daerah diberikan hak sendiri.

Kwartir Daerah Jawa Timur termasuk Kwarda unggulan dengan program-program yang terencana. Semua program yang telah dirancang dan digagas tentunya memberi manfaat tidak hanya bagi pelaksana dan peserta, tetapi juga kepada masyarakat. Salah satu program tahunan yang diusung oleh Kwartir Daerah Jawa Timur dan ditujukan khusus kepada anggota pramuka penegak di Jawa Timur dinamai dengan Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka. Program Kampung Kelir ini bukan hanya ajang untuk berpose dalam mencari image baik di kalangan masyarakat, tetapi juga ikut serta mengabdi kepada masyarakat secara langsung.

Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka Jawa Timur atau bisa disingkat dengan FWKKP, memiliki agenda khusus pada tiap tahunnya yaitu bakti pengecatan kepada 100 rumah dan atap rumah warga pada setiap zona dari total sebelas zona di Jawa Timur. Selain bakti pengecatan, agenda rutin FWKKP adalah sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), sosialisasi BNN atau lembaga yang relevan kaitannya dengan remaja dan juga Festival Kecerdasan. Tetapi tidak menutup kemungkinan pada tahun berikutnya akan ada kreasi baru dengan menambah agenda yang ada.

Tahun 2019 merupakan tahun ketiga Festival Wirakarya Kampung Kelir Prmuka diselenggarakan. Di tahun 2019 ini pula terdapat agenda baru, yaitu pengabdian dalam bentuk merenovasi rumah tak layak huni yang dimiliki warga pada tiap zona. Walaupun, tidak semua rumah tak layak huni dibantu, mengingat keterbatasan dana dan tenaga, tetapi hal tersebut tetap berdampak positif bagi masyarakat. Selain renovasi rumah tak layak huni, ada tiga lomba lain dalam rangka menunjang kemeriahan FWKKP 2019, yaitu Lomba Foto Keren, Lomba Video Kreatif, dan Lomba Artikel Menarik. Ketiga lomba tersebut gratis dengan ketentuan lainnya. Dan pada tiap lomba tersebut yang menjadi juara akan mendapatkan hadiah dari panitia penyelenggara FWKKP Jatim 2019.

Maka sesuai dengan kegiatan yang ada di dalamnya, FWKKP bertujuan mengabdi kepada masyarakat serta membantu mewujudkan kemajuan pada daerah yang dikelir atau dicat. Setelah dikelir, daerah tersebut akan memiliki daya tarik sebagai ikon wisata di Jawa Timur. Ketika sudah menjadi ikon wisata, daerah kampung kelir akan dikunjungi wisatawan sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat dan juga pendapatan daerah setempat. Sedangkan untuk lomba tambahan yang ada dimaksudkan untuk menggali potensi dan turut mengapresiasi bakat yang dimiliki pramuka penegak di Jawa Timur.

Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka Jawa Timur 2019, menjadi salah satu agenda Kwarda Jatim yang ditunggu kehadirannya oleh anggota kepanduan atau pramuka khususnya tingkat penegak. Panggung utama yang megah, lighting yang indah serta kehadiran bintang tamu terkenal, mampu membuat acara festival menjadi semakin meriah dan meningkatkan jiwa solidaritas antar peserta. Malam keakraban dan malam brawijaya menjadi agenda favorit peserta, bahkan juga dilihat oleh masyarakat umum. Di malam keakraban tiap kontingen dari masing-masing zona akan menampilkan pertunjukkan khusus dari daerah mereka. Sedangkan, malam brawijaya yang sekaligus menjadi malam penutupan dihadiri bintang tamu terkenal, Klantink.

Agenda lain dalam FWKKP yang selalu ditunggu adalah Festival Kecerdasan, karena pemenang dari festival itu akan diberangkatkan ke luar negeri maupun tempat wisata terkenal di Indonesia.  Dari seluruh daerah di Jawa Timur yang telah terbagi menjadi sebelas zona akan didapatkan total peserta yang berpartisipasi sebanyak 11.000 orang. Dari jumlah sebanyak itu hanya akan diambil dua putra dan dua putri dari masing-masing zona yang akan melanjutkan ke babak final untuk memerebutkan hadiah ke luar negeri. Dan di tahun 2019 ini, pemenang dari Festival Kecerdasan akan berangkat ke negara Taiwan.

Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka 2019, mendapatkan tempat tersendiri bagi para pesertanya dari tiap zona. Bahkan warga di daerah tempat melakukan bakti menerima kegiatan tersebut dengan senang hati. FWKKP memberikan pengalaman untuk turut serta mengabdi membangun masyarakat. Walaupun masih sedikit pelajaran dan pengabdian yang dilakukan tapi semoga akan ada banyak kemajuan dan perkembangan yang akan terjadi pada diri pribadi dan masyarakat. Jatim Guyub! Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka 2019, BAS! (Bersih, Aman, Sehat).

 

 

Nama Lengkap            : Azhar Nur Afifah

Asal Kwarcab              : Kabupaten Nganjuk

Akun Media Sosial        : IG           : @azharnurafifah

Facebook : Azhar Nur Afifah


Admin DKD

DKD Jawa Timur merupakan wadah pembinaan kaderisasi ditingkat kwartir yang diberikan kepercayaan khusus untuk mengelola secara penuh Pramuka Penegak dan Pandega se-Jawa Timur.

Yuk buat konten di website DKD Jatim, kamu bisa tulis artikel, berita, promosi kegiatan, poling, quiz dan konten lainnya. Dapatkan point dan tukarkan dengan hadiah kejutan dari DKD Jatim

Jangan lupa ikuti terus kabar dari DKD Jatim lewat Media Sosial kami.

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Meme
Upload your own images to make custom memes
Gif
GIF format