SI TAMPAN (Aplikasi Tepat Guna Bagi Pengguna Jalan)

3 min


SI-TAMPAN

(Aplikasi Tepat Guna Bagi Pengguna Jalan)

Sebagai Wujud Peran Satuan Karya Bhayangkara Di Dalam Bidang Pemberdayaan Masyarakat

 

Oleh : Alda Setyawati

Saka Bhayangkara Polres Ponorogo

 

 

Satuan Karya Bhayangkara merupakan salah satu organisasi kepramukaan yang berada di bawah bimbingan Kepolisian Republik Indonesia. Saka Bhayangkara juga sebagai wadah kepramukaan guna menyalurkan minat dan mengembangkan bakat serta pengalaman bagi para pramuka penegak dan pandega di bidang kebhayangkaraan. Organisasi ini memiliki berbagai manfaat yang sangat berguna untuk melatih kepribadian setiap individu.

Selain itu organisasi ini memiliki banyak manfaat yang dapat diberikan secara langsung kepada masyarakat. Hal tersebut didasari oleh kegiatan para anggota yang ikut serta dalam kegiatan kemasyarakatan yang ada di setiap daerah. Kegiatan yang biasa di lakukan oleh anggota khususnya satuan karya bhayangkara adalah ikut serta dalam mengatur lalu lintas kendaraan. Kegiatan ini dilakukan ketika ada mudik ataupun cuti bersama dengan tujuan untuk membantu anggota kepolisisan dalam mengatur serta mengamankan lalu lintas.

Akan tetapi, kegiatan tersebut dinilai masih kurang efektif mengingat masih adanya kecelakaan yang terus meningkat dari hari kehari. Kecelakaan tersebut mengakibatkan adanya korban materi dan korban jiwa hingga dapat kehilangan nyawa saat berada di jalan. Adapun beberapa faktor yang menyebabkan kecelakaan adalah faktor alam, faktor kondisi jalan, hingga faktor pengguna jalan.

Faktor yang mendominasi diantara kecelakaan yang terjadi adalah faktor pengguna jalan itu sendiri. Menurut survey mengenai kecelakaan yang ada di Desa Nongkodono Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo yang penulis lakukan pada dua bulan terakhir dari bulan September hingga November terdapat 6 kecelakaan yang terjadi di 5 wilayah yang berbeda. Kecelakaan tersebut disebabkan dari faktor yang berbeda, 1 kecelakaan disebabkan oleh faktor alam, 2 kecelakaan disebabkan oleh faktor kondisi jalan yang rusak, 3 kecelakaan disebabkan oleh faktor pengguna jalan.

Tingkat kecelakaan terbanyak masih disebabkan oleh kurangnya pengetahuan masyarakat pengguna jalan tersebut. Banyak masyarakat yang belum mengerti mengenai rambu serta marka jalan yang telah disediakan oleh pemerintah. Selain itu, adanya sikap egois masih mendominasi akibat utama kecelakaan. Dari latar belakang tersebut maka penulis memberikan sebuah sumbangsih ide yang dapat digunakan untuk mencegah dan menanggulangi adanya kecelakaan yang ada di masyarakat dengan sebuah aplikasi yang berjudul SI TAMPAN aplikasi tepat guna bagi pengguna jalan.

Aplikasi SI-TAMPAN merupakan aplikasi yang digunakan sebagai pengawas masyarakat dalam berkendara. Aplikasi ini adalah sebuah aplikasi yang dapat di hubungkan dengan kendaraan pengguna jalan. Selain itu di dalam aplikasi ini juga terdapat pengetahuan yang berkaitan dengan peraturan yang harus dipatuhi ketika berada di jalan raya. Aplikasi ini memiliki tiga menu utama yaitu HOME, HISTORY, dan SEARCH. Adapun penjelasan dari ketiga menu utama ini adalah sebagai berikut :

Home, adalah menu yang berisi tentang gambar rambu-rambu beserta pengertiannya yang berguna untuk memberikan sebuah pengetahuan kepada pengguna dalam berkendara. Menu ini berguna untuk memberikan pembelajaran untuk dapat dipahami masyarakat secara umum. Sehingga masyarakat lebih memahami secara benar dan dapat mematuhinya.

History, adalah menu yang digunakan untuk melihat berapa jarak yang telah ditempuh dengan menandai jalan yang telah dilewati. History ini dapat dihubungkan dengan google maps yang akan membantu perjalanan. Selain itu didalam menu ini terdapat sub menu yang dapat digunakan untuk melacak posisi pengguna. Sehingga akan memudahkan proses evakuasi korban ketika terdapat kecelakaan.

Search, adalah menu yang berisi tentang pencarian. Pencarian yang dimaksudkan adalah pencarian berupa tempat evakuasi korban terdekat yang dapat digunakan. Menu ini dapat dihubungkan dengan beberapa tempat seperti rumah sakit, kantor kepolisian, ataupun beberapa tempat penting lainnya. Sehingga memudahkan pengguna dalam mengakses alamat tempat yang akan dituju.

Aplikasi SI TAMPAN ini dapat direalisasikan dengan dukungan dari beberapa pihak seperti kepolisian sebagai pengawas langsung dalam berlangsungnya perealisasian aplikasi, ahli IT yang bertugas untuk merevisi serta merealisasikan aplikasi ini untuk dapat digunakan dalam kehidupan secara nyata, serta pemerintah sebagai wadah untuk mengenalkan aplikasi kepada masyarakat secara langsung.

Apabila aplikasi ini dapat direalisasikan di dalam kehidupan nyata dalam bermasyarakat maka dapat berguna untuk masyarakat agar dapat mengurangi dan mencegah adanya kecelakaan yang ada khususnya kecelakaan yang disebabkan oleh faktor kurangnya pengetahuan dari setiap pengguna jalan itu sendiri. Sehingga kecelakaan yang ada di setiap daerah dapat diminimalisir.

Aplikasi ini merupakan salah satu wujud kepedulian serta keikutsertaan anggota Satuan Karya Bhayangkara dalam mengurangi kecelakaan yang sering terjadi di lingkungan sekitar. Sehingga dari penjabaran ini dapat disimpulkan bahwa peran Organisasi Satuan Karya Bhayangkara sangat penting dan bermanfaat di dalam kehidupan berbangsa dan bertanah air, serta dalam aksi wujud cinta tanah air Indonesia.

DAFTAR PUSTAKA :

Dwi Saputra, Abadi. Studi Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas Jalan di Indonesia Berdasarkan Data diperoleh dari hasil KNKT pada tahun 2007-2016.https://www.researchgate.net/publication/323665573_Studi_Tingkat_Kecelakaan_Lalu_Lintas_Jalan_Di_Indonesia_Berdasarkan_Data_KNKT_Komite_Nasional_Keselamatan_Transportasi_Dari_Tahun_2007-2016  [diakses pada Tanggal 20 November 2020] pukul 15.48.

 

BIODATA PESERTA LOMBA ARTIKEL

NAMA : Alda Setyawati

SAKA : 003 Bhayangkara

Kontingen : 13.02 Ponorogo

Golongan : Penegak Garuda

Email : [email protected]

 


guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals