WUJUD BAKTI SAKA WIRAKARTIKA KODIM 0824 JEMBER KEPADA MASYARAKAT

2 min


   

     Sebagai anggota dari Saka Wirakartika, kita dituntut menjadi seorang pemuda yang berjiwa nasionalis tanpa mengenal pamrih, dan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap tugas yang telah diberikan dengan menjunjung tinggi nilai nilai nasionalisme dan patriotisme.

Maka dari itu, pada hari Sabtu, 21 November 2020, Saka Wirakartika Kodim 0824 Jember melaksanakan Bakti Sosial melalui kegiatan Pembersihan di bantaran sungai Bedadung. Kegiatan pembersihan ini bertujuan untuk memberi contoh kepada masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kualitas sungai bedadung.

Pengarahan dari Pamong Saka sebelum Kegiatan Pembersihan Sungai

 

Pengarahan dari Pamong Saka sebelum Kegiatan Pembersihan Sungai

Kegiatan ini dimulai dari pukul 08.00 – 10.00 WIB, dengan jumlah peserta yaitu 15 orang dari anggota Dewan Saka Wirakartika 0824 Jember dan didampingi oleh Kak Rendra (Pamong Saka), Kak Prapta dan Kak Komar yang berasal dari anggota TNI Angkatan Darat. Para peserta diwajibkan menggunakan masker dan membawa kantung sampah. Seluruh sampah yang dapat dijangkau, disingkirkan di pinggiran sungai untuk dimasukkan di kantung sampah yang telah disediakan. Setelah dimasukkan di kantung sampah, seluruh sampah tersebut dikumpulkan di Tempat Pembuangan Sampah di daerah Semanggi.

Kondisi Bantaran Sungai Bedadung sebenarnya sudah cukup bersih, namun dekatnya jarak pemukiman penduduk dengan letak sungai sangatlah dekat, masih banyak warga sekitar yang membuang limbah plastik dan sampah dapur, khususnya popok bayi dan kasur ke sungai. Akibatnya bukan hanya menghambat aliran sungai, namun juga memperkeruh kondisi air di Sungai Bedadung. Dikarenakan kurangnya fasilitas seperti perahu karet, maka kemungkinan masih terdapat banyak sampah di badan sungai.

Anggota SWK Kodim 0824 Jember bergotong royong membersihkan sampah di Sungai Bedadung

Anggota SWK Kodim 0824 Jember bergotong royong membersihkan sampah di Sungai Bedadung

Anggota SWK Kodim 0824 Jember sedang mengumpulkan Sampah di trash bag

Anggota SWK Kodim 0824 Jember sedang mengumpulkan Sampah di trash bag

 

 

Dalam artikel Sri (2019) menyatakan bahwa, penambahan oksigen terlarut lebih besar dibandingkan pengurangan oksigen terlarut di dalam perairan Sungai Bedadung. Sehingga dapat dinyatakan bahwa kondisi perairan di Sungai Bedadung dikatan cukup baik untuk pembudidayaan ikan air tawar, peternakan, air untuk mengairi pertanaman, dan atau peruntukan lain.

Gerakan pembersihan Sungai Bedadung ini diharapkan dapat memotivasi warga sekitar tentang kesadaran dalam membuang limbah rumah tangga pada tempat yang seharusnya. Sehingga kelestarian dan kualitas air di lingkungan sungai dapat terjaga. Dan semoga kegiatan pembersihan sungai ini dapat dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan.

 

(010_Korem 083_Bhaladhika Jaya/010_Kodim 0824/Jember/010_Kwartir Cabang Jember)

#jatimguyub #peransakajatim2020 #lombaartikelsaka2020

 

 

 


guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals