Wujud Nyata Peran Saka Dalam Masa Pandemi

5 min


Wujud Nyata Peran Saka Dalam Masa Pandemi

 

 

 

Satuan Karya Pramuka (Saka) adalah Adalah wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat, meningkatkan pengetahuan, kemampuan, Keterampilan dan Pengalaman para Pramuka dalam berbagai bidang kejuruan serta memotivasi mereka untuk melaksanakan kegiatan nyata dan produktif sehingga dapat memberi bekal bagi kehidupannya dan pengabdiannya pada Masyarakat, Bangsa dan Negara sesuai aspirasi pemuda Indonesia dan tuntutan perkembangan pembangunan dalam rangka peningkatan pertahanan Nasional. Ada banyak sekali saka untuk mengembangkan bakat pada bidang masing-masing, contohnya dibidang kesehatan ada saka bakti husada, dibidang kelautan ada saka bahari, saka dirgantara pada bidang kedirgantaraan, dan masih banyak lagi.

an kami sampaikan secara singkat mengenai bidang dari beberapa saka dan wujut nyata pada bakti masyarakat.

Beriku contoh wujud nyata peran saka dalam bakti sosial

 

 

Diatas adalah contoh bakti sosial dengan membagi masker kepada para penjual makanan, dan masyarakat. Karena pada masa pandemi COVID seperti ini masker sangat dibutuhkan sekali sebagai usaha  untuk mencegah tersebarnya virus. Oleh karena itu, sebaiknya, kita tetap memakai masker saat sedang beraktifitas di luar rumah. Menurut para pakar dari Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC), sebagian besar yang terinfeksi Covid-19 tidak menunjukan gejala apapaun. Hal inilah yang membuat penyebaran virus ini semakin tak terkendali. Virus corona bisa menyebar hingga jarak dua meter. Penularan bisa terjadi lewat droplet atau percikan yang keluar lewat batuk, bersin, atau berbicara satu sama lain. Penularan tersebut bisa terjadi lewat orang yang tidak menunjukan tanda-tanda infeksi virus corona, seperti demam, sesak napas atau batuk. Hamilton menilai masker kain juga efektif untuk mencegah penyebaran virus corona.                                                                      Masker merupakan alat kesehatan yang digunakan untuk menutup area mulut dan hidung. Fungsi masker secara keseluruhan adalah meminimalkan interaksi antara dunia luar dengan dunia dalam terutama pada hidung dan mulut serta menghindari penyebaran virus.Sebelumnya banyak yang meragukan efektivitas masker dalam mencegah penularan virus. Namun, penelitian menunjukkan bahwa jika masker digunakan dengan tepat, maka efektif untuk mencegah penyebaran infeksi virus. Masker juga memiliki beberapa jenis berikut contohnya:

1.    Masker Kain

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menganjurkan penggunaan masker kain kepada masyarakat luas untuk menekan penyebaran virus Corona, terutama oleh orang yang sudah terinfeksi virus Corona namun tidak mengalami gejala apa pun dan tampak sehat-sehat saja.
Meski bisa dicuci dan dipakai kembali, masker kain sebaiknya tidak dipakai lebih dari 4 jam. Ada beberapa alasan mengapa masker kain sebaiknya tidak dipakai lebih dari 4 jam. Salah satunya adalah karena masker kain memang tidak seefektif masker N95 atau masker bedah dalam menyaring partikel kecil dari virus penyebab penyakit. Kemudian, dari segi bahan yang digunakan, masker kain biasanya terbuat dari bahan yang dapat menyerap air, berbeda dengan masker bedah dan masker N95 yang lapisan luarnya kedap air. Hal ini membuat percikan air liur dari pengidap corona bisa terserap dan bertahan lebih lama pada kain masker. 

 

2.    Masker Bedah

Masker ini mampu mencegah  tetesan cairan tubuh seperti keringat, liur, ingus, dan dahak dari daerah steril saat operasi dilakukan. Masker ini sering digunakan untuk mengurangi paparan polusi, kotoran dan debu saat berkendara. Selain itu, masker ini juga sering digunakan sebagai penghalang agar liur dan dahak tidak memancar saat batuk dan bersin.Namun, masker jenis ini memiliki kekurangan yakni hanya sekali pakai dan tidak dapat melindungi dari kuman atau virus yang ada pada udara. Jika sudah lembab dan basah masker sebaiknya dibuang karena sudah tidak efektif lagi.

 

3.    Masker Pernapasan N95

melindungi penggunanya dari partikel kecil di udara yang mungkin mengandung kuman dan virus penyebab penyakit. Selain itu, masker ini juga dapat digunakan berulang , meski penyaring masker N95 perlu diganti dalam jangka waktu tertentu. Namun, masker ini memiliki harga yang lebih malah dibandingkan masker bedah.

 

4.    Facepi Respiratory

Respirator merupakan suatu alat pelindung diri yang
dipakai di wajah, setidaknya meliputi hidung dan mulut.
Pelindung diri ini berfungsi untuk mengurangi risiko bahaya
partikel di udara, gas dan uap.

 

Cara menggunakan masker dengan baik dan benar adalah sebagai berikut:

  • Sebelum memasang masker, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir (minimal 20 detik) atau bila tidak tersedia, gunakan cairan pembersih tangan (minimal alkohol 60%).
  • Pasang masker untuk menutupi mulut dan hidung dan pastikan tidak ada sela antara wajah dan masker.
  • Hindari menyentuh masker saat digunakan; bila tersentuh, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir minimal 20 detik atau bila tidak ada, cairan pembersih tangan (minimal alkohol 60%)
  • Ganti masker yang basah atau lembab dengan masker baru. Masker medis hanya boleh digunakan satu kali saja. Masker kain dapat digunakan berulang kali.
  • Untuk membuka masker: lepaskan dari belakang. Jangan sentuh bagian depan masker; Untuk masker sekali pakai, buang segera di tempat sampah tertutup atau kantong plastik. Untuk masker kain, segera cuci dengan deterjen. Untuk memasang masker baru, ikuti poin pertama.

Selain menggunakan masker untuk pencegahan covid-19 kita juga harus sering mencuci tangan dengan sabun. Saka Bakti Husada Kwarcab Tuban juga melakukan penyuluhan terhadap masyakat untuk selalu mencuci tangan dengan sabun. Kami melakukan penyuluhan melalui video pendek yang akan menggerakkan masyarakat untuk mencegah penularan rantai virus covid-19 dengan cara mencuci tangan dengan sabun.

Berikut cara mencuci tangan dengan benar:

Langkah pertama

Langkah kedua

 

Langkah ketiga

Langkah cuci tangan

Langkah cuci tangan

Langkah cuci tangan

Langkah cuci Tangan

Langkah terakhir cuci Tangan

 

 

1.    Basahi tangan dengan air mengalir, selanjutnya gunakan sabun secara merata lalu gosokkan kedua telapak tangan.

2.     Gosok kedua punggung tangan secara bergantian untuk menghilangkan kuman pada bagian luar tangan. 

3.    Setelah itu gosok bagian sela-sela jari.

4.    Bersihkan bagian ujung jari secara bergantian dengan mengatupkannya.

5.     Lalu genggam ibu jari lalu gosok dengan gerakan berputar.

6.     Letakkan ujung jari atau ujung kuku pada telapak tangan lainnya dan gosok memutar secara perlahan. 

7.    Bersihkan pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar

8.    Tahap akhir adalah bilas dengan air mengalir lalu keringkan dengan tisu kering. Gunakan tisu untuk menutup kran. 

 

Demikian tadi beberapa cara untuk memutus rantai penularan virus COVID-19 dan juga beberapa wujud nyata yang sudah dilakukan oleh Saka Bakti Husada Kwarcab Tuban. Mohon maaf jika pada artikel ini ada kurang atau lebihya kata. Terimakasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

 

 

Biodata Penulis

Nama Lengkap     : Anggun Silvia

NTA                      : 130420050269

Golongan              : Penegak

Tingkataan            : Bantara

Kelas                    : X-TKJ 1

Asal Saka              : Saka Bakti Husada

Nama Sekolah       : SMKN Rengel

Alamat Rumah       : Dsn. Geneng Boro, Ds. Grabagan, Kec. Grabagan

No. HP                  : 085774747742

 

 

Daftar Pustaka

Data Artikel:
Judul                     : Wujud Nyata Peran Saka Dalam Masa Pandemi
Penulis                 : Anggun Silvia
Tanggal Tayang   : 26 November 2020
Waktu Akses        : 26 November 2020, pukul 21.00
URL                      : https://www.k24klik.com/blog/langkah-langkah-mencuci-tangan/

Cara Penulisan:
Silvia,Anggun. 2020. “Wujud Nyata Peran Saka Dalam Masa Pandemi”, https://www.k24klik.com/blog/langkah-langkah-mencuci-tangan/, diakses pada 26 November 2020 pukul 2020. 

 


Anggun Silvia

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk berikan tanggapan komentar dari postingan ini.x
()
x
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals